Tips Aman Mendengarkan Musik dengan Headset Agar Tidak Merusak Telinga

Diposting pada

Tips Aman Mendengarkan Musik dengan Headset Agar Tidak Merusak Telinga – Aktivitas mendengarkan musik memang terasa menyenangkan dan juga bisa menjadi pengantar tidur bagi Anda. Namun, yang membuatnya berbahaya adalah ketika Anda menyetel musik dengan volume terlalu keras sambil menggunakan headset. Supaya kegiatan mendengarkan musik tetap menyehatkan maka Anda bisa melakukan tips-tips berikut ini.

Tips Tetap Sehat Mendengarkan Musik dengan HeadsetTips Tetap Sehat Mendengarkan Musik dengan Headset

Permukaan pada headphone lebih lebar daripada permukaan headset. Jadi, masih tersedia ruang tempat udara masuk ke dalam telinga. Namun, saat Anda memakai headset maka tidak ada peredam seperti demikian. Pasalnya, headset memiliki ujung yang langsung mengarah ke lubang di telinga tempat pengumpul suara. Hal tersebut menyebabkan suara yang masuk ke gendang telinga volumenya jadi lebih tinggi.

1. Tidak Menyetel Volume Melebihi 50% – 60% dari Total Volumetidak menyetel volume lebih dari 50% - 60%

Setiap orang memiliki tingkat pendengaran yang berbeda termasuk yang normal sekalipun. Beberapa orang akan menganggap suara normal sudah terdengar bising. Sementara lainnya merasa bahwa volume tersebut terlalu tinggi sekalipun masih belum terdengar keras. Namun, demi kesehatan disarankan untuk menyetel volume musik tidak melebihi 50% – 60% dari total volume.

2. Tidak Berlama-Lama Mendengarkan Musik dengan HeadsetTidak Berlama-Lama Mendengarkan Musik dengan Headset

 

Menurut sebuah penelitian di Oregon Health, mendengarkan musik melalui earphone selama maksimal 15 menit sudah bisa menjadi penyebab pendengaran seseorang terganggu. Hal tersebut karena suara dengan volume tinggi mampu merusak stereosilia, yakni rambut halus yang terdapat di dalam telinga yang berfungsi menghantarkan getaran suara menuju otak.

Sebaiknya mendengarkan musik dengan headset tidak Anda jadikan kebiasaan, apalagi jika Anda tertidur dengan menggunakan headset semalaman. Ketika Anda sudah mulai terantuk-antuk segera matikan musik, lepas headset dan pergilah tidur.

3. Mendengarkan Musik dengan Kualitas TinggiMendengarkan musik dnegan kualitas tinggi

Tidak hanya foto dan video saja yang harus berkualitas tinggi untuk dapat dinikmati. Untuk kesehatan sangat disarankan Anda mendengarkan musik dengan kualitas tinggi agar suaranya terdengar detail dan jernih.

Jadi, ketika Anda mendengarkan musik dengan headset saat tidur-tiduran maupun ketika melakukan aktivitas lainnya, Anda tidak akan tergoda untuk mengatur volume musik hingga maksimal karena suaranya sudah terdengar sangat jelas.

4. Menggunakan Headset yang Berkualitas Baikmenggunakan headset berkualitas baik

Ada banyak pilihan headset dari berbagai merek namun tidak semuanya memiliki kualitas yang baik. Adapun headset yang disarankan untuk Anda ialah yang sudah dibekali dengan komponen berkualitas sehingga dapat melakukan transmisi suara dengan baik.

Biasanya headset yang baik juga sudah dilengkapi dengan peredam suara, sehingga gelombang suara yang dihasilkan menjadi teratur dan tidak menyebabkan kerusakan pendengaran.

5. Mencoba Mengutak-Atik Pengaturan EqualizerMencoba Mengutak-Atik Pengaturan Equalizer

Tips selanjutnya untuk mendengarkan musik dengan headset adalah mengatur equalizer. Bagi Anda yang memiliki hobi mendengarkan musik maka sudah selayaknya lebih mengerti tentang equalizer. Fungsi equalizer yang terdapat pada pemutar musik adalah untuk mengatur frekuensi masing-masing channel suara sesuai dengan selera Anda.

Misalnya, jika Anda ingin mendengarkan suara bass dengan lebih kencang, maka tinggal menaikkan frekuensi bass. Jadi, Anda tidak perlu lagi menyetel volume musik dengan sangat kencang sehingga bisa menghindarkan Anda dari kerusakan permanen pada pendengaran.

6. Tidak Menggunakan Headset di Tempat Bisingtidak menggunakan headset di tempat bising

Ketika Anda sedang berada di tempat yang ramai bahkan bising suaranya maka sebaiknya Anda hindari dulu menggunakan headset. Penyebabnya karena Anda akan tergoda untuk menyetel volumenya hingga kencangnya maksimal. Sementara, hal tersebut dapat merusak pendengaran. Jadi, sebaiknya tunggu hingga Anda sudah berada di tempat yang lebih sepi baru pakailah headset.

Maka dari itu, tidak masalah jika Anda mendengarkan musik dengan headset saat akan tidur. Namun, alangkah baiknya untuk melepas headset sebelum benar-benar pergi tidur demi kesehatan telinga Anda. Demikianlah tips mendengarkan musik dengan headset agar kesehatan telinga Anda tetap terjaga. Terima Kasih…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *