Review Xiaomi Redmi Note 7, Siap Tantang Galaxy M20?

Review Xiaomi Redmi Note 7, Siap Tantang Galaxy M20? – Kuartal pertama tahun 2019, Indonesia banyak diserbu smartphone-smartphone baru. Salah satu smartphone baru itu adalah Xiaomi Redmi Note 7. Sebentar, sejak smartphone ini dirilis, Xiaomi telah memisahkan diri dari Redmi. Inilah ponsel pertama Redmi, yaitu Redmi Note 7. Artikel ini akan membahas review Xiaomi Redmi Note 7.

Review Xiaomi Redmi Note 7, Siap Tantang Galaxy M20?

Review Xiaomi Redmi Note 7

Saya akan mereview HP ini dari beberapa aspek, mulai dari desain, layar, performa, kualitas kamera dan kesimpulan dari seluruh aspek tersebut. Nah berikut uraiannya dibawah ini.

1. Desain Note 7

Dilihat sekilas, desain yang ditawarkan Note 7 cukup mewah. Sebab, material bodinya adalah gradient glass back cover, dan tersedia dalam beberapa pilihan warna yang bagus-bagus. Hanya saja, sayangnya, material tersebut rentan ternoda sidik jari, sehingga harus cukup sering dibersihkan. Apakah hal ini dianggap kekurangan atau tidak tergantung pandangan masing-masing pengguna.

Bisa dikatakan penampilan keseluruhan bodi Redmi Note 7 sangat jauh berbeda dengan pendahulunya, yaitu Redmi Note 5 maupun Redmi Note 6. Bukan perubahan yang mengesankan sih, karena letak perubahan besarnya hanya pada bagian layarnya yang telah mengusung layar penuh.

Redmi Note 7 membenamkan dua kamera belakang (48MP dan 5MP) di sudut kiri atas dengan bentuk vertikal. Pada bagian bawahnya terdapat lampu flash. Sedangkan, kamera depan 13MP diletakkan di tengah-tengah notch. Soal kamera ini jangan berpikir terlalu jauh ya, nanti di bawah kita akan uraikan alasannya.

2. Layar Note 7

Layar xiaomi redmi note 7

Layar yang dimiliki Redmi Note 7 sudah mengusung jenis layar kekinian. Dimana pengguna akan melihat layar full yang terdapat notch di tengah-tengah bagian atas – notch ini berguna untuk menyematkan kamera depan. Luas layar yang dimiliki Redmi Note 7 adalah 6,3 inchi beresolusi 1080P. Layar sebenarnya sudah dilapisi Corning Gorilla Glass 5, tapi tidak ada salahnya jika diberi lapisan lagi untuk perlindungan tambahan.

3. Performa Note 7

Smartphone Redmi Note 7 memakai chipset Qualcomm Snapdragon 660 AIE yang memiliki kinerja antara  1.95GHz – 2.2 Ghz. Chipset ini didukung RAM dan ROM sebesar 3GB / 32GB atau 4GB / 64GB. Spesifikasi tersebut sanggup memberikan smartphone kemampuan untuk menjalankan game dan aplikasi harian dengan lancar. Game Asphalt8 dan Mobile Legends masih bisa dilibas dengan aman tanpa mengurangi kualitas tampilan.

Hal yang sedikit mengganggu adalah posisi jack speaker yang terletak di bagian bawah. Sehingga, mengganggu kenyamanan pengguna yang memakai earphone kabel saat bermain game. Bagaimana dengan kualitas video? Pengguna akan tetap menikmati kenyamanan yang disajikan layar luas.

Dari sisi baterai, daya 4000 mAh akan membuat kehidupan smartphone ini awet. Setidaknya sanggup bertahan dalam waktu 251 jam dalam posisi stand-by, sedangkan dalam posisi menelpon, menonton video, dan main game ketahannya berkurang antara 7-23 jam.

4. Kamera Note 7

kamera xiaomi redmi note 7

Kamera ganda dibenamkan di belakang smartphone ini, dimana kedua kamera memiliki sensor 48MP dan 5MP. Sensor besar kamera belakang menjadi salah satu andalan Redmi Note 7, karena beberapa ponsel merek lain dengan harga 2 jutaan tidak memiliki sensor sebesar itu.

Apa yang bisa dihasilkan dengan sensor 48MP dan 5MP itu? Mungkin Anda berpikir sensor besar itu akan menghasilkan kualitas resolusi foto yang bagus. Pemikiran itu tidak salah, tapi kualitas resolusi foto terbaik dari Redmi Note 7 akan dihasilkan ketika Anda menggunakan resolusi 12MP. Hal ini karena teknologi Tetracell dari Samsung yang terdapat pada sensor kamera ini akan membagi sensor 48MP menjadi empat bagian, kemudian menyatukannya lagi dan menghasilkan kualitas piksel 1,6 μm.

Hasil akhirnya, kualitas gambar menjadi lebih jelas dan memiliki noise lebih sedikit. Walaupun pengguna memotret di area yang minim cahaya. Pengguna dapat mengoptimalkan pengalaman fotografi di Redmi Note 7 dengan memakai fitur Night Mode – biasanya fitur ini hanya ada di smartphone Xiaomi kelas high-end. Dengan fitur ini, pengguna dapat menangkap foto HDR ketika malam hari pada cahaya minim.

Efek bokeh yang dimiliki kamera Redmi Note 7 juga lumayan bagus. Lebih-lebih ketika kamera belakang 5MP bekerja dengan bukaan f/2.2. Bagaimana dengan kamera depannya? Redmi Note 7 mengusung sensor 13MP yang memiliki fitur AI teranyar – AI scene detection, AI beauty, serta AI portrait.

Tampaknya untuk urusan kamera ini Redmi Note 7 sangat ingin memanjakan para pecinta fotografi HP, dimana pengguna akan mendapatkan fitur kamera kualitas tinggi di smartphone kelas menengah. Ya, masih cocok untuk para fotografer dan videografer pemula.

5. Kesimpulan

Meskipun tampak meyakinkan dengan fitur-fitur yang lebih baik dibandingkan generasi sebelum-sebelumnya, Redmi Note 7 tampaknya tidak mengalami perubahan. Kecuali pada sisi layar, fitur fast charging, baterai besar, kamera 48MP (pertama untuk smartphone Redmi), dan harga murah yang tak boleh dilupakan.

Redmi Note 7 memiliki harga lebih mahal dibanding para pesaingnya. Sebut misalnya, Samsung Galaxy M20, Nokia 5.1 Plus, dan Huawei Y7 Pro. Sekian review mengenai xiaomi redmi note 7, semoga informasi di atas bermanfaat. Terimakasih 🙂

Artikel Menarik Lainnya :

Leave A Reply

Your email address will not be published.