Review Xiaomi Redmi Go, Rebranding Redmi 4A dan 5A

Review Xiaomi Redmi Go, Rebranding Redmi 4A dan 5A – Awal tahun, tepatnya tanggal 29 Januari 2019, Xiaomi merilis ponsel Android Go pertama untuk brand Redmi yang menyasar kalangan entry-level.

Kembali, Redmi menghadirkan ponsel dengan harga yang terjangkau. Seperti apa penampakannya? Inilah review Xiaomi Redmi Go.

Review Xiaomi Redmi Go

review xiaomi redmi go

Review ini dibagi dalam beberapa aspek, mulai dari desain, layar, performa, kamera dan disertai kesimpulan dari seluruh review. Berikut dibawah ini.

1. Desain Redmi Go

Dari segi tampilan, desain Redmi Go disebut-sebut sebagai ponsel Android Go pertama rilisan Xiaomi , tidak begitu berbeda dari seri Redmi lainnya, khususnya Redmi 4A maupun 5A. Tidak mengherankan, sebab Redmi Go bisa dikatakan sebagai pengalih-wujudan dari kedua seri tersebut.

Tentu saja ada beberapa penyesuaian desain, misalnya jack untuk speaker berada di posisi berbeda. Pun material pembuat bodi berbeda, karena Redmi Go dikemas dengan material keramik dengan warna biru dan hitam.

Soal dimensi dan berat, Redmi Go sama dengan Redmi 4A dan 5A, yaitu berukuran 140.4 x 70.1 x 8.4 mm dan bobot 137 gram. Hal ini membuat smartphone ini terasa nyaman ketika digenggam satu tangan.

2. Layar Redmi Go

layar xiaomi redmi go

Smartphone yang mengusung moto “Go Smart, Do More” ini dibekali layar LCD dengan resolusi HP 1280P. Layar ini mampu mengeluarkan kualitas ketajaman dan kejernihan gambar mencapai 294 ppi per inchi.

Selain itu, tingkat kecerahan layar sampai 380 nits brightness. Kemampuan layar ini ditambah dengan bantuan multitouch responsif dengan lapisan antigores Scratch Resitance Glass dan kaca 2.5 Curved Glass.

3. Performa Redmi Go

Dapur pacu disokong chipset Qualcomm MSM8917 Snapdragon 425 dengan empat inti. Kecepatan maksimal yang bisa didapatkan adalah 1,4 Ghz. OS Oreo 8.1 yang dimiliki Redmi Go sudah mendukung. Sayangnya, RAM yang dipakai untuk mendukung empat inti hanya 1GB. Cukup berbeda jauh dibandingkan dengan Redmi 4A atau 5A, mengingatkan smartphone ini merupakan pengalih-wujudan kedua smartphone tersebut.

Sementara itu, kapasitas memori internal yang dimiliki hanya 8GB atau 16GB. Kapasitas ini bisa ditambah dengan kartu memori maksimal 128GB. Walaupun, smartphone ini hanya memiliki kapasitas “jauh” dari standar ponsel kekinian, namun masih bisa untuk menjalankan beberapa aplikasi harian yang ringan-ringan. Seperti Google GO, Google Maps GO, YouTube GO, dan lain sebagainya.

Pasokan grafis dari GPU Adreno 308 membuat smartphone dengan OS Oreo 8.1 ini mampu menjalankan game ringan. Fitur-fitur tambahan juga telah disematkan pada smartphone ini, sebut saja FM Radio, Dual Mic With Noise Cancellation, dan sensor pemindai wajah atau Face Recognition untuk membuka kunci layar.

Soal baterai, Redmi Go diberi tenaga dari baterai Li-Po berkapasitas 3000 mAh. Sayangnya, baterai tidak bisa dilepas dan belum dibekali kemampuan fast charging.

4. Kamera Redmi Go

kamera xiaomi redmi go

Dari sektor kamera, smartphone ini sudah dibekali kamera beresolusi 8MP f/2.0, yang memiliki fitur-fitur pendukung – macam lampu flash, auto fokus, dan HDR. Kamera ini juga bisa merekam momen-momen indah untuk video HP (720P@30fps).

Pecinta swafoto juga dapat mengabadikan momen-momen untuk dirinya sendiri. Pasalnya, Xiaomi Redmi Go ini memiliki kamera depan beresolusi 5MP f/2.2. Tidak itu saja, pengguna tidak perlu khawatir mengambil foto di tempat minim cahaya karena sudah ada fitur flash.

Kamera depan ini juga bisa dipakai untuk video chat, video call, maupun merekam swa-video. Tentu saja, pengguna sebaiknya bijak dalam menggunakan kamera depan dan belakang di tempat-tempat yang terdukung cahaya terang, sebab kemampuan kamera yang dimiliki Redmi Go ini kurang mumpuni di tempat minim cahaya.

5. Kesimpulan

Tak bisa dipungkiri, Redmi Go merupakan perwujudan dari brand Redmi yang terkenal akan ponsel-ponsel spesifikasi bagus dengan harga murah. Hal ini menjadi salah satu andalan yang membuat smartphone ini mampu bersaing di segmen entry-level, meskipun ya fitur-fitur yang dimiliki menjadi sangat terbatas.

Ponsel ini telah muncul ke pasaran Indonesia sejak bulan Maret 2019 dan dibanderol dengan harga kisaran 900-950 ribu rupiah. Dengan harga ini, pengguna akan mendapatkan RAM 1GB/ROM 8GB atau 16GB, kamera belakang 8MP / depan 5MP, dan kemampuan menjalankan aplikasi-aplikasi harian yang ringan.

Smartphone ini cocok bagi Anda yang ingin menggunakan smartphone tanpa memikirkan fitur yang dimilikinya, dan lebih menggunakannya untuk berkomunikasi sembari menyenangkan diri dengan beberapa game. Jika Anda ingin mencari smartphone yang memiliki spesifikasi tinggi yang memiliki kemampuan lebih, maka ponsel ini tidak cocok bagi Anda.

Demikianlah review Xiaomi Redmi Go. Semoga bermanfaat bagi Anda yang sedang ingin membeli ponsel kelas entry-level. Terimakasih 🙂

Artikel Menarik Lainnya :

Tentang Penulis

Anisa Tri Astuti

Anisa Tri Astuti

Saya adalah Writer di AnonyTun.com - Don't give up when you still have something to give. Nothing is really over until the moment you stop trying.

Tinggalkan Komentar