Review Samsung Galaxy M10, Ponsel Murah 1 Juta Tapi Tidak Murahan

Diposting pada

Review Samsung Galaxy M10, Ponsel Murah 1 Juta Tapi Tidak Murahan – Awal tahun 2019, Samsung merilis dua smartphone baru dari keluarga Galaxy M Series (M20 dan M10). Keduanya yang diketahui hasil modifikasi seri Galaxy J, Galaxy On, serta Galaxy C menyasar pasar Indonesia untuk segmen berbeda.

Pastinya jika ingin membeli smartphone itu Anda harus mengetahui apakah smartphone tersebut cocok atau tidak dengan penggunaan sehari-hari Anda. Dalam artikel ini, kami akan review Samsung Galaxy M10 yang diberi harga 1,699 juta rupiah kepada Anda sebagai referensi terbaik.

Review Samsung Galaxy M10

Samsung-Galaxy-M10-review

Kami akan mereview dari beberapa aspek, berikut diantaranya dibawah ini.

Bagian Belakangbagian belakang samsung m10

Meskipun dipasarkan untuk kelas entry-level, tampilan keseluruhan M10 cukup elegan dan mewah. Bagian bodi belakangnya diberi bahan policarbonat berdesain klasik dengan warna glossy tanpa gradasi. Sementara di bagian sudut kiri atas, terdapat kamera ganda berbentuk vertikal dan lampu flash di bagian bawahnya. Di bagian bawah, sejajar dengan dengan kamera dan lampu flash, ada dua garis gril speaker.

Bodi belakang ini benar-benar rata dan mulus tanpa tonjolan sedikitpun. Bahkan port micro USB charger dan earphone di bagian bawah smartphone juga rata. Jadi nyaman digenggam untuk smartphone sehari-hari. Hanya saja, sangat disayangkan, speaker M10 yang diletakkan di belakang memungkinkan suara terdengar pelan saat smartphone diletakkan. Seandainya speaker ini diletakkan di samping atau bawah, mungkin pelannya suara speaker bisa diminimalkan.

Bagian Depan

Bagian depan Galaxy M10 tak kalah menarik, karena telah menggunakan layar kekinian berdesain dewdrop notch (poni tetesan embun). Layar inifinity-V seluas 6,2 inchi juga sudah dilindungi oleophobic coating. Kamera selfie 5 MP dibenamkan di bagian notchnya. Selain itu, juga terdapat speaker depan tak kasat mata. Tidak perlu mencari LED notifikasi, pasalnya memang tidak ada.

Layar M10layar samsung galaxy m10

Pada bagian layar, Samsung menggunakan layar 6,2 inchi beresolusi HD Plus 720P dengan tipe PLS TFT untuk Galaxy M10. Jenis layar ini memiliki sertifikasi Widevine L1 dan view angle, sehingga akan tampak jernih bila dilihat dari sudut manapun.

Memang tak ada hal baru yang diusung layar ini. Tapi, masih cukup nyaman ketika pengguna ingin nonton video streaming dan bermain game, sebab layarnya cukup luas. Untuk sistem UI tampaknya Samsung tidak membeda-bedakan antara smartphone entry-level maupun high-end. Pengguna bisa menggeser layar ke atas untuk masuk ke menu utama.

Performa M10Samsung-Galaxy-M10-performa

Chipset Exynos 7870 buatan Samsung sendiri yang dibenamkan dalam M10. Prosesor ini memiliki inti delapan atau octa-core dan RAM 2GB. Galaxy M10 memiliki kapasitas ROM 16GB, yang bisa ditambah dengan memori eksternal sebanyak 512GB. OS Android yang berjalan di smartphone ini adalah Oreo 8.1. Ketika digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, ponsel ini cukup nyaman.

Pengguna bisa menggunakan aplikasi-aplikasi harian seperti Youtube, Facebook, Instagram, WhatsApp, dll., tapi jika membuka terlalu banyak aplikasi dapat menyebabkan lag. Dengan pemakaian wajar untuk kebutuhan harian, smartphone M10 masih bisa bertahan antara seharian. Sayangnya, smartphone rilisan Samsung ini belum mengusung fitur fast charging, sehingga untuk bisa mengisi baterai 3400 mAh butuh waktu sekitar 3-4 jam.

Kamera M10hasil kamera samsung m10

Kamera belakang ganda yang dimiliki M10 bisa dibilang standar untuk jenis smartphone enty-level. Tidak istimewa, tapi juga tidak mengecewakan.Untuk menghasilkan gambar bagus, pengguna sebaiknya memotret di siang hari atau ketika terdapat banyak cahaya. Ketika area potret minim cahaya hasilnya kurang bagus, sebab M10 tidak memiliki fitur mode malam. Masuk di kelas entry level, hasil kamera M10 tidak terlalu mengecewakan terlebih memiliki kamera ganda yang dimilikinya.

Namun hasilnya pun juga tidak istimewa. Kamera ganda M10 masing-masing resolusinya berukuran 13MP dan kamera keduanya menggunakan lensa ultra-wide 5MP bagian ini akan membantu pengguna untuk mengambil foto pemandangan atau foto bersama karena bidang tangkap yang lebih luas.Ingin menjajal foto bokeh dengan smartphone ini? Bisa, dan hasilnya cukup baik. Cobalah menerapkannya dengan mencoba mode Live Focus.Dari sisi kamera depan tidak begitu jauh berbeda. Untuk mendapatkan hasil terbaik, pengguna harus mencari area yang lebih terang, karena smartphone ini tidak dibekali dengn lampu flash depan.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Galaxy M10 memang menyasar smartphone kelas entry level dengan harga murah tapi tidak murahan. Desain smartphone ini telah mengikuti perkembangan smartphone kekinian, khususnya di bagian layar dan notch. Meskipun begitu, ada beberapa fitur yang dikurangi.

Ya, jika pengguna hanya ingin menggunakan untuk kebutuhan sehari-hari dan menjalankan aplikasi tidak terlalu berat, smartphone ini masih layak dimiliki. Hanya saja, ketika ada smartphone yang sekelas tapi harganya lebih murah, apakah Samsung Galaxy M10 masih worth it untuk dimiliki? Hal itu tergantung pada Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *