Cara Remote Komputer Jarak Jauh dengan TeamViewer

Diposting pada

Cara Remote Komputer Jarak Jauh dengan TeamViewer – TeamViewer adalah salah satu software yang memiliki fungsi untuk mengendalikan komputer dari jarak jauh secara aman dan cepat. Aplikasi ini juga mempunyai kemampuan dalam menstransfer file dari dan ke berbagai perangkat. Anda dapat mendownload secara gratis serta memerlukan software PC agar dapat berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, anda perlu mengetahui cara remote komputer jarak jauh dengan Teamviewer.

Cara Remote Komputer Jarak Jauh dengan TeamViewerCara Remote Komputer Jarak Jauh dengan TeamViewer

Penggunaan aplikasi ini cukup mudah, dengan menginstal TeamViewer pada komputer yang akan dikendalikan serta harus terkoneksi dengan jaringan internet. Cara menginstal hampir sama dengan cara install software lainnya. Dengan diinstall pada kedua PC yang akan dikendalikan. Pilih Install, kemudian anda perlu mengisi beberapa isian guna dapat menginstal Teamviewer, lalu klik Accepet-finish.

Tunggu hingga aplikasi ini berhasil di install. Selanjutnya dengan membuka software TeamViewer yang telah berhasil diinstall yang kemudian kedua PC akan muncul ID dan Password. Dalam mengoneksikan kedua komputer yang akan dikendalikan memerlukan dua hal ini (ID dan Password).

Selanjutnya isikan ID  pada PC, lalu klik Connect to partner. Kemudian aplikasi TeamViewer akan melacak komputer yang mempunyai ID tersebut sedang aktif atau tidak. Pada pengisian password kemudian diikuti dengan menekan tombol log on. Untuk ID dan password tersebut dapat anda tanyakan kepada pemilik komputer tersebut.

Setelah pengisian ID dan Password berhasil, maka akan muncul tampilan dekstop partner yang akan dikendalikan/diremote. Kedua komputer yang akan diremote memiliki tampilan dekstop yang sama persis. Kemudian anda dapat meremote PC partner sesuai dengan yang anda kehendaki.

Kelebihan dan Kelemahan TeamViewer

Di dalam software TeamViewer memiliki beberapa kelemahan serta kelebihan yang perlu anda ketahui antara lain:

Baca Juga: Cara Mudah Mengecek Kapasitas Harddisk Komputer atau Laptop

Kelebihan Software TeamViewer

Software satu ini mempunyai kelebihan yang dapat anda nikmati, antara lain cukup mudah dalam penggunaannya, dapat meremote perangkat komputer lain meskipun keduanya berada dalam jarak yang jauh.

Kelebihan lain dari penggunaan Teamviewer adalah anda dapat menolong partner yang sedang mengalami kesulitan dalam mengatasi suatu permasalahan pada dekstopnya hanya dengan menggunakan software TeamViewer. Pada TeamViewer mempunyai banyak fitur yang terkandung di dalamnya.

Kelemahan Software TeamViewer

Kelemahan dari software ini, antara lain dalam proses pengendalian dengan PC partner diperlukan adanya koneksi jaringan internet yang sangat mempengaruhi dalam pengendalian remote PC tersebut.

Fitur-Fitur pada TeamViewer

Berikut ini adalah fitur-fitur yang mendukung kinerja dari software TeamViewer antara lain:

1. Files & ExtrasFiles & Extras

Di dalam fitur Files & Extras terdapat beberapa fitur-fitur pendukung yakni Share Via File box yang dibagi dalam dua fitur, yaitu computer yang mempunyai fungsi untuk membagikan file secara offline pada PC partner yang kemudian akan didownload oleh PC partner tersebut.

Dropbox, Google Drive, One drive yang mempunyai fungsi untuk membagikan file namun harus dalam keadaan online untuk dapat memasukkan username dan password.

Open File Transfer. Sama dengan fitur yang terdapat pada share via file box yakni sama-sama membagikan file dalam keadaan offline. Akan tetapi, pada fitur ini tidak diperlukan untuk download terlebih dahulu.

Fitur Start Session Recording. Salah satu fitur yang terdapat dalam sofware Teamviewer yang berfungsi untuk merekam video dengan format TV yakni merekam pergerakan yang terjadi dalam area software Teamviewer.

Take screenshot yang berfungsi untuk mengambil gambar dalam area Teamviewer. Active remote printing berfungsi untuk mengontrol print dari PC Partner.

2. CommunicateCommunicate

Dalam fitur Communicate masih dibagi menjadi 7 fitur dengan mempunyai fungsi masing-masing, diantaranya Annote (untuk menulis atau menggambar pada wilayah Teamviewer), Vidio (untuk melakukan video call pada PC partner, dan Chat (melakukan chating).

Ada juga Call Via Internet (mempunyai fungsi dalam melakukan panggilan dengan menggunakan internet), Call by Telephone (fitur panggilan tanpa menggunakan jaringan internet), Start Internet Call (panggilan melalui internet), dan Switch Sides with Partner (berfungsi untuk mengubah sistem kontrol pada Teamviewer).

3. ActionsActions

Pada fitur ini terdapat 3 fitur antara lain Reboot berfungsi untuk menstart PC yang akan diproses kontrol. Lock sebagai pengunci PC yang kan dikontrol. Send CTRL+ALT+DEL di dalam fitur ini dapat menampilkan task manager.

4. ViewView

Terdapat beberapa fitur dalam view ini yang diantaranya Screen resolution yang berfungsi guna mengatur ukuran tampilan Teamviewer sesuai dengan keinginan. Best Fit, Original, Scaled untuk mengatur tampilan Teamviewer dengan menggunakan ukuran otomatis. Switch to Full Screen untuk mengatur tampilan Teamviewer secara keseluruhan. Auto Select, Optimize Speed, Optimize Wuality mempunyai fungsi dalam menentukan kecepatan serta kualitas ukuran.

Dengan mengetahui cara remote komputer jarak jauh dengan Teamviewer, anda menjadi tidak asing lagi dengan software Teamviewer. Selain itu, juga anda lebih mengetahui bagaimana sistem, kelebihan serta kekurangan yang terkandung di dalam Teamviewer. Dengan demikian, anda akan dengan mudah untuk melakukan remote komputer jarak jauh dengan menggunakan software Teamviewer tanpa mengalami berbagai kendala.

Artikel Menarik Lainnya :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *