Permainan Edukasi untuk Lansia yang Mudah dan Mengurangi Kepikunan

Diposting pada

Permainan Edukasi untuk Lansia yang Mudah dan Mengurangi Kepikunan- Jika mendengar kata game pasti identik dengan anak-anak atau orang yang masih muda saja. Hal ini dikarenakan mayoritas gamer adalah kalangan anak muda. Namun, ternyata game juga bisa dimainkan segala umur, termasuk lansia. Permainan edukasi untuk lansia kini bisa dimainkan di Android. Meski demikian, yang jelas karakteristik setiap game adalah berbeda. Semua tergantung dari usia agar lebih tepat saat memainkannya.

Banyak jenis game edukasi yang mudah sehingga bisa dimainkan oleh para lansia. Game edukasi ini dapat menjadi solusi jika para lansia ingin sedikit hiburan. Game yang tersedia di Play Store ini tergolong mudah, namun sangat seru saat dimainkan. Banyak rekomendasi game yang ada di Android. Untuk itu, Anda harus bisa menyesuaikan kriteria game dengan usia para pemainnya. Permainan edukasi untuk lansia bisa dicoba karena cukup mudah dimainkan.

Permainan Edukasi untuk Lansia yang Mudah dan Mengurangi Kepikunan

Permainan Edukasi untuk Lansia yang Mudah dan Mengurangi Kepikunan

Bermain game tidak hanya milik anak-anak saja, para lansia juga bisa memainkannya. Bermain game di Android tidak hanya memperoleh kesenangan saja, akan tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan. Sebagai contoh yaitu game Brain Age yang cocok dimainkan para lansia karena dapat mengasah otak dengan tidak sengaja.

Tidak hanya kesenangan yang diperoleh, namun bermain game juga bagus untuk kesehatan otak. Hal ini juga dikatakan mampu memperkecil kemungkinan pikun pada lansia. Oleh karena itu, tidak ada salahnya para lansia ikut bermain game di Android. Asalkan game yang dimainkan cukup mudah dan sesuai dengan usianya.

Permainan di Android memiliki kriteria masing-masing. Ada permainan yang sulit dan ada juga yang mudah dan seru. Bagi lansia harus memilih permainan yang seru dan menghibur untuk membuat hati dan pikiran menjadi senang. Hindari permainan yang sulit agar para lansia tidak merasa stres dan kebingungan. Ada beberapa rekomendasi game terbaik di Android yang cocok dimainkan untuk lansia. Diantaranya:

1. Marble Legend

Marble Legend

Game yang pertama direkomendasikan untuk lansia yaitu Marble Legend. Game ini bisa dibilang game yang mudah dimainkan, akan tetapi setiap levelnya ada tantangan yang cukup sulit. Para pemain diharuskan menembakkan bola-bola dan dicocokkan dengan warna bola yang sedang berjalan.

Jangan sampai bola masuk ke dalam lubang karena bolanya terus berjalan. Cara bermain game ini cukup mudah hanya dengan menembakkan bola dengan warna yang sesuai. Dengan demikian, para lansia akan betah bermain game yang satu ini.

Baca Juga: Beberapa Aplikasi Pembobol Wifi iPhone dan Tutorialnya

2. Chess

Chess

Permainan di Android berikutnya yaitu Chess atau catur. Orang tua zaman dahulu sangat gemar bermain catur. Anda bisa memberikan game catur digital di Android untuk lansia agar melatih kinerja otaknya. Meski berbeda karena dimainkan di Android, namun peraturan dan gamenya sama.

Hanya saja, platformnya yang berbeda. Disini pemain bisa memilih lawan dari game tersebut atau bermain bersama. Game edukasi ini tersedia 5 tema yang berbeda sehingga pemain tidak akan merasa bosan.

3. Teka Teki Silang

Teka Teki Silang

Permainan edukasi untuk lansia berikutnya yaitu game Teka Teki Silang. Jika dahulu bermain teka teki silang hanya bisa dimainkan di koran, majalah, maupun surat kabar, namun saat ini tidak. Berkembangnya dunia teknologi yang lebih maju, maka semua orang bisa memainkannya di Android.

Game ini cocok dimainkan untuk lansia karena permainannya tidak rumit. Cara bermainnya hanya dengan mengisi kotak-kotak kosong sesuai jawaban yang benar. Jika tidak bisa menjawabnya, maka disediakan tombol petunjuk. Tombol inilah yang bisa membantu memberikan jawaban yang tepat, mudah bukan?

4. Block Puzzle Jewel

Block Puzzle Jewel

Block Puzzle Jewel adalah game untuk lansia yang memiliki konsep bermain seperti Tetris. Hanya saja, game dikemas dengan animasi grafis lebih menarik dan kekinian. Sama dengan game berjudul Tetris, game ini hanya meminta untuk menyusun balok.

Balok yang disusun harus rapi tanpa celah sedikitpun. Tidak hanya itu saja, anda bisa membolak-balikkan balok secara vertikal maupun horizontal. Tingkat kesulitan game ini berbeda-beda sehingga dapat membuat pemainnya betah dan penasaran.

5. Gaple

Gaple

Selain beberapa permainan di atas, Gaple termasuk jenis permainan yang disukai para lansia. Gaple merupakan permainan klasik yang serupa dengan kartu domino. Jika dulu bermain gaple harus membawa kartunya, namun saat ini tidak. Game Gaple secara digital saat ini juga sudah tersedia di Android.

Cara bermain game ini sama seperti gaple pada umumnya. Game ini bisa dimainkan oleh 2,3, hingga 4 orang. Para lansia pasti sangat mudah memainkan game yang satu ini karena pasti sudah sering memainkannya secara langsung.

Para lansia pasti tidak merasa bosan saat bermain game yang tersedia di Android. Hal ini dikarenakan hampir semua orang dari berbagai kalangan bisa menggunakan smartphone. Permainan edukasi untuk lansia tidak hanya memberikan kesenangan, namun dapat melatih otak. Demikian informasi diatas, semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian, Terimakasih 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *