8 Perbedaan Whatsapp Messenger dengan Whatsapp Bisnis

Diposting pada

Perbedaan Whatsapp messenger dengan Whatsapp bisnis – Pada Januari 2018 lalu, Whatsapp secara resmi meluncurkan Whatsapp bisnis. Whatsapp bisnis ini berbeda dengan whatsapp versi biasa karena memang ditujukan khusus untuk pebisnis.

Ketika diinstal, aplikasinya juga terpisah dengan Whatsapp standar. Lantas, apa perbedaannya dengan Whatsapp standar? Nah diartikel ini saya akan menjelaskan perbedaannya untuk kalian, diantaranya sebagai berikut dibawah ini.

Perbedaan Whatsapp Messenger dengan Whatsapp Bisnis

Perbedaan Whatsapp Messenger dengan Whatsapp Bisnis

1. Memiliki logo yang berbedaMemiliki logo yang berbeda

Kita mengenal logo Whatsapp Messenger berupa gambar telepon di dalam sebuah bubble percakapan dengan latar belakang hijau. Beda halnya dengan Whatsapp bisnis karena logonya berupa huruf kapital “B” dan bukan gambar telepon. Huruf “B” tersebut berada di dalam bubble yang sama seperti logo Whatsapp Messenger dengan background hijau yang sama pula.

2. Bisa menambahkan telepon rumah atau kantor

Bisa menambahkan telepon rumah atau kantor

Biasanya kita menggunakan nomor ponsel untuk Whatsapp Messenger. Pada Whatsapp Business kita dapat menggunakan dan menambahkan nomor telepon rumah maupun kantor. Meski demikian, Anda masih bisa menggunakan nomor ponsel Anda. Akan tetapi, Anda disarankan oleh Whatsapp untuk tidak mengganti nomor seluler dan menggunakan tetap satu nomor permanen.

3. Dapat diatur secara otomatis untuk merespon konsumen

Dapat diatur secara otomatis untuk merespon konsumen

Dengan fitur ini Anda bisa membuat pesan balasan yang secara otomatis terkirim sebagai jawaban ketika konsumen menanyakan hal serupa. Selain itu, pesan tersebut juga dapat diatur agar terkirim otomatis sebagai salam pembuka untuk menyapa konsumen. Dalam Whatsapp Messenger biasa, Anda tidak akan menemukan fitur ini.

4. Fitur pesan away untuk mengirimkan pesan secara otomatis

Fitur pesan away untuk mengirimkan pesan secara otomatis

Anda tidak hanya dapat mengirimkan pesan jawaban dan pesan salam secara otomatis. Namun, Anda juga bisa mengatur pesan away pada menu Away Message, yang akan dikirimkan secara otomatis ketika Anda sedang tidak online Whatsapp Business. Contohnya, ada konsumen yang menanyakan harga produk di luar jam operasional bisnis, maka pesan away inilah yang akan terkirim secara otomatis untuk menjawabnya.

5. Melihat Data Statistik Pesan yang Masuk dan Keluar

Melihat Data Statistik Pesan yang Masuk dan Keluar

Perbedaan Whatsapp messenger dengan Whatsapp bisnis selanjutnya yakni Anda dapat mengecek statistik pesan baik itu yang diterima maupun yang terkirim. Dari situ Anda bisa mengambil tindakan lebih lanjut berdasarkan kondisi pesan yang keluar maupun yang masuk. Fitur yang satu ini tentu saja tidak tersedia di Whatsapp Messenger untuk penggunaan personal.

6. Dapat Menentukan Kategori Bisnis

Dapat Menentukan Kategori Bisnis

Pada Whatsapp bisnis Anda bisa mencantumkan informasi tentang profil perusahaan, mulai dari jam operasional, situs web resmi hingga alamat lengkap. Di samping itu, Anda juga dapat memilih salah satu dari beberapa opsi kategori bisnis. Di sinilah letak perbedaan Whatsapp messenger dengan Whatsapp bisnis. Apabila kategori bisnis Anda tidak ada pada pilihan tersebut maka pilih kategori ‘Others.’

7. Tanda Centang Berwarna Hijau

Tanda Centang Berwarna Hijau

Pada Whatsapp Messenger, Anda juga tidak akan mendapatkan fitur verifikasi. Lain halnya dengan Whatsapp Business, akun Anda akan secara otomatis mendapatkan verifikasi. Warna centang yang menjadi ciri khas Whatsapp Business adalah hijau. Jadi, ketika akun Anda sudah diverifikasi maka di sebelah nama kontak muncul lencana berwarna hijau. Warna centang tersebut berbeda dengan centang biru pada Whatsapp Messenger atau akun resmi Twitter.

8. Pesan Masuk Dikategorikan dengan Labels

Pesan Masuk Dikategorikan dengan Labels

Perbedaan Whatsapp messenger dengan Whatsapp bisnis adalah dari segi fitur Labels. Anda dapat mengkategorikan pesan yang masuk untuk mengelolanya menjadi lebih rapi. Jika pesan Anda terorganisir dengan baik maka dapat memudahkan komunikasi Anda sebagai pebisnis dengan konsumen.

Itulah beberapa hal yang menjadi perbedaan Whatsapp messenger dengan Whatsapp bisnis yang dapat saya informasikan kepada kalian. Jadi untuk memulai sebuah usaha terutama jika itu online, maka menggunakan WhatsApp Bisnis itu sangat direkomendasikan ketimbang menggunakan WhatsApp biasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *