Perbandingan Kamera Mirrorless Fujifilm XA3 Vs Fujifilm XA10

Diposting pada

Perbandingan Kamera Mirrorless Fujifilm XA3 Vs Fujifilm XA10 – Kamera mirrorless sering kali menjadi pilihan kamera bagi para pemula yang belum terlalu lancar mengoperasikan kamera DSLR. Ada cukup banyak pilihan kamera mirrorless berkualitas yang dapat Anda pilih, beberapa di antaranya adalah Fujifilm XA3 dan Fujifilm XA10.

Meski sama – sama merupakan kamera mirrorless keluaran Fujifilm, namun keduanya memiliki beberapa perbedaan. Di artikel ini saya akan memberikan perbedaan dari masing-masing kamera mirrorless tersebut, diantaranya sebagai berikut dibawah ini.

Perbandingan Kamera Mirrorless Fujifilm XA3 Vs Fujifilm XA10

Perbandingan Kamera Mirrorless Fujifilm XA3 Vs Fujifilm XA10

Kedua perbandingan kamera mirrorless ini akan kami bedakan dalam beberapa aspek diantaranya mulai dari perbedaan fisik, fitur dan harga.

Perbedaan fisik

Bila ditilik dari segi fisik, tentu kedua seri mirrorless Fujifilm ini memliki beberapa perbedaan mendasar. Meski pun secara keseluruhan keduanya memiliki bentuk dan ukuran yang relatif sama, namun terdapat perbedaan desain pada bagian body kamera, di mana Fujifilm XA3 memiliki desain retro dengan ukuran yang lebih tipis. Cover kulit pada bagian grip juga memiliki beberapa varian warna, antara lain coklat, hitam, hingga merah muda.

Sementara pada XA10 warna dominan yang terlihat adalah warna hitam. Tak hanya itu, bila Anda mengamati dengan seksama, ada juga perbedaan desain pada bagian flash hot shoe dan focus mode selector yang terlihat di antara 2 seri mirrorless ini. Fujifilm XA10 tidak memiliki flash hot shoe seperti yang ada pada XA3.

Perbedaan fitur

Karena merupakan seri berbeda, fitur – fitur yang diusung keduanya juga memiliki beberapa perbedaan. Pada Fujifilm XA3, yang notabene merupakan kamera dengan kualitas di bawah X-Pro 2 dan X-T2, memiliki sensor kamera APS-C 24.3 MP dan layar LCD sebesar 3 inci yang mampu dilipat hingga 180 derajat.

Layar yang dapat dilipat maksimal ini memungkinkan Anda untuk dapat melakukan selfie dengan lebih maksimal. Sementara pada kamera Fujifilm XA10, sensor yang digunakan adalah APS-C 16.3 MP, yang jauh lebih kecil dibandingkan seri XA3. sedangkan pada bagian LCD XA10, tidak menggunakan layar sentuh seperti pada XA3.

Sementara fitur lainnya adalah rentang ISO Fujifilm XA3 dan Fujifilm XA10 ini. Baik pada XA3 dan XA10 memiliki rentang ISO antara 200 hingga 6400 yang dapat Anda tingkatkan lagi hingga mencapai ISO 25.600. Cukup keren, bukan?

Rentang ISO yang luas ini memungkinkan Anda untuk semakin mudah menyesuaikan dan menghasilkan potret gambar dengan kualitas terbaik, meski pun Anda tak didukung dengan cahaya maksimal saat memotret. Tentu untuk menghasilkan bidikan yang baik dan jernih, Anda perlu rajin mencoba kamera mirrorless Anda agar mengetahui komposisi ISO terbaik.

Baik kamera Fujifilm XA3 dan Fujifilm XA10, juga dilengkapi dengan beberapa tipe film simulation yang beragam, yang dapat Anda pilih dan sesuaikan dengan gaya dan selera fotografi Anda. Fujifilm XA10 setidaknya memiliki pilihan film simulation di antaranya : Velvia, Provia, Astia, Classic, Monochrome, Chrome, dan Sephia.

Sementara pada tipe XA3, memiliki pilihan film simulation dengan jumlah yang jauh lebih banyak. Beberapa di antaranya adalah : Pro Neg. High, Pro Neg. Std, Monochrome + Ye Filter, Monochrome + R filter, hingga Monochrome + G filter dan filter lain yang juga ada pada XA10.

Fitur lain seperti video recording, wireless function, sistem pengisian daya baterai hingga tipe baterai yang digunakan adalah sama. Kualitas video recording XA3 menggunakan resolusi full HD 1080 / 60p, dan pada XA10 menggunakan resolusi full HD 1080 / 30p. untuk pengisian baterainya, sama – sama menggunakan micro USB charging, dengan tipe baterai NP – W 1265.

Perbedaan Harga

Bagi Anda yang telah mengetahui berbagai perbedaan di antara keduanya, mungkin mulai penasaran dan menerka – nerka perbedaan harga antara keduanya. Karena memiliki fitur yang jauh lebih lengkap, sudah sepatutnya bila kamera mirrorless Fujifilm XA3 memiliki harga yang sedikit lebih mahal dibanding Fujifilm XA10. Harga kisaran untuk Fujifilm XA3 adalah sekitar 8,5 juta, sementara Fujifilm XA10 memiliki harga kisaran dibawahnya, yaitu sekitar 7,5 juta saja.

Bagi Anda yang tertarik untuk membeli kamera mirrorless namun masih bimbang menentukan pilihan antara Fujifilm XA3 dan Fujifilm XA10, mungkin beberapa ulasan perbedaan keduanya di atas dapat membantu Anda dalam menentukan pilihan kamera terbaik sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *