Cara Mengatasi Touchscreen HP Xiaomi yang Kurang Sensitif

Cara Mengatasi Touchscreen HP Xiaomi yang Kurang Sensitif – Seperti yang barangkali sudah Anda pahami dengan baik, layar merupakan salah satu komponen yang paling penting. Apalagi mengingat bahwa smartphone saat ini punya layar penuh yang juga berfungsi untuk mengoperasikan perangkat yang Anda miliki. Akan tetapi, sayangnya komponen yang satu ini juga terkadang mengalami masalah, misalnya berkurangnya sensitivitas sehingga Anda jadi kesulitan saat akan mengoperasikan perangkat smartphone Anda.

Ada beberapa hal yang menyebabkan berkurangnya sensitivitas touchscreen pada perangkat smartphone, termasuk smartphone keluaran Xiaomi. Salah satunya adalah pemasangan lapisan screen protector atau screen guard lantaran sensor proximity yang biasanya ada pada sisi atas layar smartphone Xiaomi jadi tertutup oleh screen guard tersebut.

Touchscreen HP Xiaomi Anda Kurang Sensitif? Ini Dia Cara Mengatasinya Tanpa Diservis!Cara Mengatasi Touchscreen XIaomi Yang Kurang Sensitif

Beruntungnya, masalah touchscreen smartphone Xiaomi yang jadi kurang sensitif bisa diatasi sendiri tanpa harus diservis. Jika Anda sedang menghadapi masalah yang sama, maka Anda bisa ikuti tips-tips berikut ini!

1. Coba Reboot Dulu Smartphone Anda

Reboot Xiaomi

Solusi pertama yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi touchscreen perangkat Xiaomi Anda yang tiba-tiba jadi kurang responsif atau sensitif adalah dengan me-reboot atau me-restart smartphone. Dengan demikian, cache yang menumpuk di dalam penyimpanan akan terhapus dan prosesor perangkat disegarkan kembali. Cara ini pun dapat Anda lakukan sekaligus untuk mengatasi beberapa masalah yang kecil.

 

2. Ada Aplikasi Yang Tidak Digunakan? Tutup Saja!

Bersihkan RAM

Solusi ini terutama ampuh bagi Anda yang punya smartphone Xiaomi dengan ukuran RAM yang terbatas. Anda bisa tutup aplikasi yang masih dijalankan di latar agar RAM jadi segar kembali. Sebab, bisa jadi penyebab touchscreen yang kurang responsif adalah RAM yang penuh.

 

3. Mengatur Skala Animasi Layar

Mengatur Skala Animasi

Sebenarnya, kecepatan skala animasi tidak akan mempengaruhi sensitivitas touchscreen smartphone Xiaomi Anda. Justru ukuran skala animasi lah yang bisa berpengaruh terhadap seberapa sensitif touchscreen perangkat Anda; makin tinggi skalanya, tingkat respon jadi makin lama sehingga touchscreen jadi kurang responsif.

Untuk mengatur ulang tingkat skala animasi layar smartphone, Anda bisa nonaktifkan fitur tersebut. Caranya cukup dengan masuk ke menu Settings (Pengaturan) > Additional Settings (Setelan Tambahan) > Developer Options (Opsi Pengembang). Lantas cari menu Windows Animation Scale (Skala Animasi Jendela), Transition Animation Scale (Skala Animasi Transisi), dan Animator Duration Scale (Skala Durasi Animator), dan ganti pengaturan angka untuk ketiga menu tersebut menjadi 0.5x

 

4. Lakukan Kalibrasi Perangkat Layar

Dengan melakukan kalibrasi layar, maka Anda pun bisa meningkatkan sensitivitas dari touchscreen smartphone Anda. Untuk melakukan kalibrasi, caranya adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke aplikasi Phone (Telepon).
  • Pada dial pad, ketik *#*#6484#*#*.Hardware Test
  • Menu hardware test akan muncul, lalu pilih menu Proximity Sensor.
  • Gunakan jari untuk menutup area Proximity Sensor yang ada di sisi atas layar. Secara otomatis sistem akan memulai mendeteksi pergerakan jari Anda
  • Jauhkan jari Anda dari Proximity Sensor secara perlahan sampai menunjukkan angka 5.0 dan secara otomatis sistem akan membaca dan melaporkan bahwa test berhasil atau test passProximity Sensor
  • Tekan tombol Pass dan kembali ke halaman depan.

 

5. Masih Belum Berhasil? Lakukan Factory Reset

Factory Reset

Solusi ini dianjurkan apabila keempat alternatif yang sudah disebutkan sebelumnya masih belum mampu mengatasi masalah yang Anda hadapi. Dengan melakukan factory reset, maka perangkat Anda akan diatur ulang kembali ke pengaturan bawaan atau pengaturan pabrik.

Artinya, data dan pengaturan yang sudah Anda miliki sebelumnya akan dihapus sehingga perangkat Anda seolah-olah seperti baru. Dan dengan melakukan factory reset, kesalahan pada touchscreen pun ikut dihapus. Jika Anda terpaksa harus melakukan alternatif yang satu ini, jangan lupa untuk mem-back up data penting ke komputer atau cloud.

Itulah beberapa tips yang dapat Anda lakukan jika touchscreen perangkat Xiaomi Anda bermasalah dan berkurang sensitivitasnya. Semoga informasi di atas bermanfaat!

Artikel Menarik Lainnya :

Tentang Penulis

Antonio Gunawan

Antonio Gunawan

Saya adalah Writer & Editor di AnonyTun.com - Manusia yang segera menuju impiannya lewat berdoa dan usaha

Tinggalkan Komentar