Mengatasi Google Drive Error pada Android secara Efisien

Diposting pada

Google Drive merupakan aplikasi yang sangat penting bagi Android anda. Aplikasi ini diluncurkan mulai April 2012 yang memberi kemudahan bagi pengguna dalam penyimpanan file melalui internet, sehingga selama anda mengetahui email dan password yang dimiliki dokumen tersebut tidak akan hilang. Lalu bagaimana bila Google Drive mengalami permasalahan? Di sini akan dijelaskan bagaimana mengatasi Google Drive error pada Android.

Mengatasi Google Drive Error pada AndroidMengatasi Google Drive Error pada Android secara Efisien

Kemudahan yang ditawarkan oleh Google Drive, salah satunya ialah informasi yang diberikan cukup lengkap dan padat sehingga banyak dicari oleh para pengguna Android melalui Google Penelusuran. Akan tetapi sering terjadi masalah pada aplikasi tersebut. Ketika sedang browsing tiba-tiba aplikasi tertutup secara otomatis, kadang tiba-tiba mengalami force close bahkan sampai tidak dapat dibuka sama sekali.

Penyebab Munculnya Masalah pada Google Drive

Penyebab munculnya masalah pada Google Drive, antara lain RAM Android penuh. Pada RAM yang penuh tidak bisa menampung data aplikasi yang anda buat, banyaknya aplikasi yang dibuka membuat RAM bekerja keras guna memenuhi kebutuhan memori pada semua aplikasi yang terbuka serta banyaknya aplikasi yang berjalan di background.

Selain itu, cache yang menumpuk merupakan salah satu penyebab aplikasi Google Drive menjadi error. Apabila cache tidak pernah dihapus, hal ini akan membuat memori internal Android menjadi penuh sehingga akan menyebabkan Android menjadi lemot dan berat yang berujung terjadinya force close secara tiba-tiba.

Koneksi internet yang putus atau lemot juga dapat menyebabkan aplikasi terhenti secara tiba-tiba serta aplikasi yang kurang kompatibel atau kurang cocok dari segi sistem dan hardware pada Android.

Cara Mengatasi Aplikasi Google Drive yang Terhenti

Untuk mengatasi berbagai masalah yang timbul di Google Drive pada Android anda antara lain:

1. Restart AndroidRestart Ponsel

Cara sederhana yang bisa dilakukan yaitu dengan me-restart atau me-reboot smartphone Android anda. Cara ini memang bersifat tidak pasti, apabila tidak berhasil anda bisa melakukan cara yang lainnya.

2. Menghapus Cache AplikasiMenghapus Cache Aplikasi

Dengan menggunakan aplikasi Clean Master, CCleaner, atau aplikasi sejenisnya dapat menghapus tumpukan cache Android dengan cepat dan mudah. Kemudian restart dan buka aplikasi yang bermasalah.

3. Update AplikasiUpdate Aplikasi

Dengan mengupdate aplikasi dapat menghilangkan bugs atau kerusakan yang terjadi pada aplikasi yang bermasalah. Untuk mengupdate aplikasi, pastikan koneksi internetnya lancar dan anda dapat langsung mengupdatenya dari Google Play Store.

4. Menginstal Ulang AplikasiPaksa dan Hapus Data Aplikasi

Apabila masalah yang terjadi pada aplikasi anda cukup serius, maka anda harus menghapus aplikasi tersebut dan menggantinya dengan yang baru. Namun setelah menghapus aplikasi pastikan file sampah yang ada harus dibersihkan dan me-restart kembali Android anda.

5. Paksa dan Hapus Data AplikasiMenginstal Ulang Aplikasi

Menghapus data aplikasi bertujuan menghilangkan data yang bersifat sementara, seperti file sampah (cache), basis data, history, data login, bookmark dan lain sebagainya.

6. Factory Reset SmartphoneMelakukan Reset Pabrik

Sebelum anda melakukan factory reset, sebaiknya anda melakukan backup pada seluruh data yang tersimpan, terutama video, aplikasi, dokumen, serta foto. Karena apabila tidak, maka data akan hilang dan smartphone akan kembali ke posisi awal.

Baca Juga: Cara Download File Aplikasi di Google Drive dengan Mudah

Manfaat Tersembunyi dari Google Drive

Google Drive memberi kemudahan bagi anda untuk menyimpan file melalui internet, sehingga data dokumen anda tidak akan hilang selama anda mengingat email dan password yang anda miliki. Selain itu, masih ada beberapa manfaat dari Google Drive, antara lain:

Untuk mencacat sesuatu yang penting tanpa harus mengandalkan aplikasi yang terinstal pada komputer anda. Catatan tersebut dapat tersimpan dalam Google Keep yang terintregasi dengan Google Drive. Jika anda memerlukan pengingat untuk catatan tersebut, anda hanya perlu mengatur hari dan tanggal pengingatnya. Lalu akan muncul notifikasi secara langsung melalui smartphone anda.

MindMup merupakan solusi bagi anda yang membutuhkan perencanaan bisnis atau peta pikiran untuk ide-ide pekerjaan anda. MindMup akan tersimpan langsung pada Google Drive.

Adanya Concept Board yang dapat memudahkan anda dalam berdiskusi bersama rekan kerja dengan menandai objek tertentu serta chatting yang anda lakukan bersama teman-teman anda.

Dengan Google Drive, anda dapat menyimpan link yang tidak perlu dicopy, kemudian anda pergunakan di lain hari. Anda tinggal terhubung dengan ekstensi browser Chrome dengan “save to Google Drive”. Dengan cara klik ikon segitiga yang berada pada browser guna menyimpan link yang telah dibuka saat itu. Link tersebut dapat anda simpan dengan cara klik kanan pada link dan pilih ” save link to Google Drive”.

Dengan banyaknya informasi mengenai penyebab terjadinya masalah dan cara mengatasi Google error pada Android. Anda tidak perlu khawatir dan bingung lagi apabila Android anda mengalami salah satu masalah yang berhubungan dengan Google Drive. Anda dapat mengatasinya dengan mudah sesuai panduan di atas.

Artikel Menarik Lainnya :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *