Lensa Wide Angle vs Telephoto, Smartphone Lebih Butuh Mana?

Diposting pada

Lensa Wide Angle vs Telephoto, Smartphone Lebih Butuh Mana? – Saat ini fotografi telah menjadi hobi dari banyak orang. Dari orang tua sampai dengan anak muda zaman now, mereka sudah akrab dengan yang namanya fotografi. Teknologi yang berkembang semakin canggih menjadi faktor dan alasan mengapa fotografi kian menjamur. Sebab kamera smartphone saat ini sudah bisa bersaing dengan kamera DSLR. Apalagi hadirnya berbagai jenis lensa kamera profesional yang telah diadopsi smartphone canggih masa kini. Seperti yang kita tahu adanya lensa wide angle vs telephoto. Sebenarnya mana yang lebih dibutuhkan?

Lensa Wide Angle vs Telephoto, Smartphone Lebih Butuh Mana?

Lensa Wide Angle vs Telephoto Smartphone Lebih Butuh Mana

Lensa wide angle vs telephoto, keduanya adalah salah satu jenis lensa kamera yang paling umum dan sering dipakai oleh berbagai smartphone. Lensa wide angle bisa memungkinkan Anda untuk mengambil gambar yang memiliki ruang pandang lebih luas. Sementara lensa telephoto bisa memungkinkan Anda mengambil foto yang diambil dari jarak ekstrem.

Terkait dengan hal ini sering terjadi perdebatan tentang manakah lensa yang lebih dibutuhkan saat diaplikasikan pada kamera smartphone. Apakah lensa wide angle atau lensa telephoto. Kita akan simak perbandingan kedua lensa kamera tersebut selengkapnya.

1. Lensa Wide Angle

Lensa Wide Angle

Pada lensa kamera biasa akan memberikan ruang yang sama seperti mata Anda yaitu dengan pandangan sekitar 50 mm. Sementara sebuah lensa yang memiliki focal length kurang dari 35 mm akan dianggap sebagai lensa wide angle. Wide Angle kamera terbagi menjadi tiga tipe yang berdasarkan pada focal length yang telah dimiliki . Untuk wide angle biasa mempunyai focal length 35 sampai dengan 24 mm. Sementara itu, ultra wide angle di bawah 24 mm juga  Fisheye.

Lensa Wide Angle2

Dilihat dari sisi angle of view atau ukuran sudut pandang, lensa ultra-wide mempunyai sudut pandang lebih lebar sekitar 64 sampai 180 derajat. Saat Anda memotret dengan lensa wide angle ini, gambar yang dihasilkan lebih lebar dan objek yang ada di tengah tampak lebih jauh.

Sedangkan pada lensa Fisheye, mempunyai ruang pandang yang begitu lebar. Foto yang dihasilkan terdistorsi. Jadi sisi kiri kanan foto akan tampak bengkok. Sekarang sudah banyak Hp yang menerapkan lensa wide angle pada salah satu kameranya. Tentu ini akan sangat menyenangkan bagi Anda untuk selfie bersama teman-teman.

Baca Juga: Review Harga dan Spesifikasi Kamera Sony Alpha A7R Mark III 2019

2. Lensa Telephoto

Lensa Telephoto

Selain lensa wide angle, ada juga lensa telephoto yang banyak digunakan pada kamera smartphone. Lensa telephoto punya focal length yang lebih panjang bila dibandingkan dengan kamera biasa. Kamera profesional umumnya memakai lensa telephoto yang menggunakan focal length lebih dari 50 mm. Ada tiga macam lensa telephoto jika berdasarkan dari focal length yang dimiliki. Ketiga lensa tersebut mempunyai fungsi berbeda sesuai kebutuhan.

Short telephoto mempunyai focal length 85 sampai 135 mm. Ada juga Medium telephoto dengan focal length 85 sampai 135 mm dan Super telephoto lebih dari 300 mm. Namun sayang jika semakin panjang focal length yang dimiliki, maka gambar yang diambil akan lebih gelap. Agar dapat mengakali hal tersebut, umumnya lensa dilengkapi aperture yang lebih besar. Lensa telephoto saat ini sudah banyak diaplikasikan pada smartphone dengan 3 kamera atau lebih, harganya bisa berkisar 1 jutaan.

Lensa Telephoto2

Kamera yang didukung dengan lensa super telephoto umumnya dipakai untuk fotografi di alam liar. Seperti flora fauna yang ada di habitat aslinya. Juga sering digunakan untuk memotret pertandingan olahraga. Tujuannya adalah agar Anda dapat mengambil foto dari objek yang kecil dan juga jauh dengan detail dan memiliki kualitas tinggi. Tentunya tidak mungkin bila anda memfoto pertandingan sepak bola secara langsung di belakang pemain bukan?

Bila Anda suka menonton konser, maka lensa telephoto juga bisa sangat berguna agar Anda bisa mengambil foto dan video yang mempunyai kualitas tinggi meskipun dari jarak jauh. Bila Anda bukanlah fotografer resmi dari konser tersebut, Anda tidak akan diperbolehkan memfoto dari jarak dekat. Nah disinilah manfaat lensa telephoto akan berguna bagi Anda.

Sementara itu, untuk medium telephoto dapat dimanfaatkan bagi Anda yang ingin mengambil foto berupa pemandangan keren yang sedang ditemui. Lensa ini bisa mengambil gambar dengan resolusi tinggi dengan cara menjahit beberapa gambar sekaligus.

3. Mana yang Lebih Dibutuhkan?

Mana yang Lebih Dibutuhkan

Lensa wide angle bisa membeli elemen unik dalam foto yang diambil dan tepat sekali bila anda ingin menonjolkan objek foto pada lingkungan sekitarnya. Walaupun foto yang diambil tampak unik, tidak semua fotografer memakai lensa ini. Karena distorsi yang dihasilkan. Sehingga lensa ini cocok dipakai untuk sehari-hari. Sedangkan untuk lensa telephoto sangat berguna bila Anda ingin mengambil foto yang yang diambil dari jarak jauh tanpa harus bergerak maju. Biasanya lensa ini dipakai oleh orang-orang yang menekuni hobi fotografi.

Sekarang Anda sudah tahu seperti apa perbedaan lensa wide angle dan telephoto pastinya Anda juga dapat menentukan lensa mana yang lebih dibutuhkan. Lensa wide angle vs telephoto keduanya merupakan lensa kamera yang bagus untuk smartphone. Tinggal kapan, dimana dan objek gambar seperti apa yang ingin Anda ambil. Demikian informasi diatas, semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian, Terimakasih 🙂

Artikel Menarik Lainnya :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *