5 Kerugian Memakai SD Card di Handphone Android yang Perlu Diketahui

Diposting pada

5 Kerugian Memakai SD Card di Handphone Android yang Perlu Diketahui – Semua pengguna smartphone pasti mengidamkan memori penyimpanan yang besar. Alasannya sederhana, semakin besar memori tentu akan semakin banyak data yang dapat disimpan di dalam smartphone. Bila pengguna smartphone menginginkan story yang lebih besar, maka SD card bisa jadi salah satu solusinya. Walaupun saat ini smartphone android sudah banyak mempunyai memori internal besar, tetapi nyatanya SD card juga masih berlaku. Namun tahukah anda, ternyata ada beberapa kerugian memakai SD card di handphone android.

Inilah Beberapa Kerugian Memakai SD Card di Handphone Android

Inilah Beberapa Kerugian Memakai SD Card di Handphone Android

Ada beberapa hal yang harus anda ketahui tentang kerugian memakai SD Card di Handphone Android. Semaphore android terbaru yang tidak dilengkapi slot micro SD. Produsen smartphone tersebut beralasan demi kenyamanan konsumen. Sebenarnya menggunakan SD Card pada smartphone android bisa mengakibatkan kehilangan data, lemot dan aplikasi yang crash.

Namun benarkah memakai SD card bisa merugikan anda? Apakah hal ini hanya strategi dagang agar konsumen mau membayar mahal agar bisa membeli smartphone dengan store yang lebih besar? Bila anda bingung, lebih baik kita simak saja ulasan selengkapnya berikut ini.

1. Bisa Kehilangan Data Penting

Bisa Kehilangan Data Penting

Saat smartphone anda memakai SD Card, anda pasti akan menyimpan seluruh data multimedia dalam SD Card agar memori internal anda bisa menampung lebih banyak aplikasi. Ribuan lagu, ribuan foto dan ratusan dokumen yang disimpan di SD card ternyata belum tentu aman.

Hal ini diakibatkan karena siklus hidup SD Card mudah rusak dan pendek. Semakin sering mengakses data di dalam SD Card, kemampuan SD Card untuk membaca dan menulis memori menjadi berkurang. Umur SD Card memang bervariasi tergantung mereknya. Tetapi bila data yang ada di dalam SD Card adalah data penting sebaiknya di back up saja.

2. Smartphone Menjadi Lemot

Smartphone Menjadi Lemot

Saat anda menggunakan SD Card yang memiliki kualitas rendah, bukan cuma data anda yang tersimpan di SD Card saja yang bisa terpengaruh. Tetapi kebiasaan memindahkan data dari smartphone ke dalam SD Card atau sebaliknya bisa mempengaruhi kecepatan smartphone anda untuk memproses data yang ada.

SD Card yang memiliki kualitas tinggi tidak secepat internal memory saat memproses data. Lebih baik anda membeli smartphone dengan memori internal. Tentu anda akan merasa jengkel saat sedang menggunakan smartphone untuk bermain game tapi malah lemot dan akhirnya anda kalah.

Baca Juga: Cara Memperbaiki SD Card yang Tidak Terdeteksi di HP dengan Mudah

3. Sulit Ganti Handphone

Sulit Ganti Handphone

Sebelum era smartphone hadir ditengah-tengah anda, SD Card sangat memudahkan saat ingin mengganti handphone lama dengan handphone yang baru. Dengan memasukkan SD Card yang berisi data Hp lama ke dalam Hp baru. Semua data sudah bisa tersimpan secara otomatis. Tidak seperti pemikiran banyak orang, SD Card pada smartphone android mempunyai sifat yang berbeda dengan USB atau SD Card yang lain.

Data yang tersimpan di dalam SD Card smartphone android tidak bisa dipindahkan ke dalam device atau smartphone lain dengan mudah dan leluasa. Saat anda mengatur SD Card tersebut sebagai penyimpanan lokal, SD Card akan terkunci dan hanya bisa diakses device aslinya, tentu hal ini sangat merepotkan. Oleh sebab itu, lebih baik anda simpan data di cloud supaya lebih mudah diakses dan juga keamanannya terjamin.

4. Performa Game Berkurang

Performa Game Berkurang

Game yang anda download seringkali membutuhkan space yang begitu besar. Salah satu solusi yang bisa dilakukan dengan memindahkan data game ke dalam SD Card. Game yang dimaksud berupa game berat dengan grafis HD serta Gameplay yang dirasa rumit. Aplikasi dan program tersebut dapat mengambil space sampai dengan belasan giga. SD Card mempunyai keterbatasan di dalam proses dan transfer data. Hal ini bisa berpengaruh pada performa game yang sedang dimainkan.

RAM yang besar dan chipset flagship belum dapat dijadikan sebagai jaminan dalam memainkan game yang lancar selama anda menyimpan game tersebut di dalam SD Card. Gejala yang terjadi umumnya game akan mengalami crash. Kualitas grafis yang menurun dan mungkin juga glitch yang bisa membuat anda menjadi tidak fokus.

5. Kesulitan Mencari File

Kesulitan Mencari File

Berbagai macam jenis smartphone android mempunyai kemampuan dalam memformat SD Card untuk menjadikannya sebagai storage internal tambahan. Walaupun begitu, bukan berarti internal dan juga external storage dianggap sebagai sebuah kesatuan smartphone. Kadang saat anda download file dengan format yang berbeda dari internet, smartphone bisa mengelompokkan file tersebut berdasarkan dari jenisnya.

Tidak jarang smartphone anda bisa menempatkan hal tersebut di tempat terpisah yakni eksternal dan internal memory. Bila sudah begitu, anda sendiri nantinya akan merasa bingung saat mencari file yang ada tersebut. Belum lagi bila file menumpuk tanpa disadari dan smartphone anda akan mengalami crash. Daripada mengalami banyak kerugian memakai SD Card di handphone android, maka akan lebih baik bila anda membeli smartphone dengan memori internal yang besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *