Penyebab dan Cara Mengatasi Jaringan Seluler Tidak Tersedia di Android

Diposting pada

Penyebab dan Cara Mengatasi Jaringan Seluler Tidak Tersedia di Android – Siapa yang tidak jengkel saat anda memperoleh pesan jaringan seluler tidak tersedia di Android. Kemunculan pesan ini pastinya membuat hp Android anda tidak dapat digunakan. Baik untuk menelepon, SMS bahkan untuk akses internet walaupun data seluler anda dalam posisi aktif. Umumnya ciri-ciri dari masalah jaringan seluler adalah icon sinyal di status bar hp anda tidak muncul. Ketika anda mengecek pulsa, muncul pemberitahuan jaringan seluler tidak tersedia.

Ini Dia Penyebab Jaringan Seluler Tidak Tersedia di Android

Penyebab Jaringan Seluler Tidak Tersedia di Android

Jaringan seluler tidak tersedia di Android adalah sebuah masalah yang sudah pernah dialami oleh berbagai provider internet. Axis, XL, Indosat dan Telkomsel. Sebenarnya apa yang menjadi penyebab dari masalah tersebut? Lalu, bagaimana cara untuk mengatasinya? Berikut ini akan kami sampaikan semuanya dengan lengkap dalam ulasan berikut ini.

Pengertian jaringan seluler merupakan layanan bagi pengguna telepon seluler yang berasal dari perusahaan telepon. Jaringan ini dikirimkan lewat media berupa kartu SIM dan ditandai icon 4G/3G atau 2G yang ada di status bar hp Android anda. Dengan adanya gangguan yang terjadi pada perusahaan telepon, tentu akan mengakibatkan hp tidak ada jaringan seluler. Tetapi ada juga beberapa faktor lain yang menjadi penyebabnya, diantaranya:

Sinyal yang lemah karena efek tempat tinggal yang lokasinya jauh dari jangkauan provider. Terjadi gangguan jaringan karena faktor cuaca yang sedang tidak mendukung. Komponen hp rusak juga bisa menjadi gangguan pada sinyal hp dan jaringan tidak tersedia. Selain itu, juga karena provider sedang mengalami gangguan. Hal ini sering ditandai sinyal hilang seperti kartu SIM yang tidak tersedia.

Cara Mengatasinya

Bila jaringan seluler tidak tersedia di Android, anda bisa mencoba melakukan beberapa cara berikut ini supaya bisa kembali tersambung ke jaringan seluler.

1. Pastikan Sinyal Provider Sampai di Lokasi Anda

Pastikan Sinyal Provider Sampai di Lokasi Anda

Sebaiknya anda pastikan bahwa kekuatan sinyal dari provider yang dipakai tersedia di tempat tinggal anda. Hal ini disebabkan karena sinyal provider berbeda. Bila jaringan lemah akan ditandai kekuatan sinyal berada di antara 0 sampai 2 bar. Itu artinya jaringan sinyal 2G atau 3G. Bila panah atas dan bawah icon 4G tidak menyala, itu artinya jaringan lemah untuk sinyal 4G.

Solusinya anda bisa mengubah jaringan 3G ke 2G sesuai jaringan yang ada di lokasi anda, anda tinggal buka dial pad kemudian ketik *#*#4636#*#*. Dengan demikian, secara otomatis menu informasi telepon akan muncul. Lalu anda bisa mengganti jaringan menjadi 2G, 3G atau 4G sesuai di lokasi anda sekarang ini.

Bila kode cek jaringan seluler tidak berhasil, untuk mengubah mode jaringan juga dapat dilakukan lewat pengaturan hp. Caranya dengan masuk ke pengaturan hp Android. Kemudian mencari dan memilih jaringan seluler, lalu pilih jenis jaringan sebagai mode jaringan yang ingin digunakan. Bila anda ingin menggunakan jaringan 4G, maka pastikan hp anda juga sudah mendukung 4G.

Baca Juga: Cara Membagi Koneksi Internet Dari Pc ke Hp Android

2. Pengaturan Jaringan Operator pada Setingan Otomatis

Pengaturan Jaringan Operator pada Setingan otomatis

Sinyal hp secara bawaan ponsel telah terdaftar otomatis di dalam pengaturan jaringan pada hp Android. Tetapi karena masalah tertentu, terkadang anda mengubah mode jaringan dengan cara manual. Jika anda salah memilih operator seluler di dalam mode manual, maka akibatnya hp anda tidak dapat tersambung ke jaringan seluler. Oleh sebab itu, agar bisa mengubah jaringan operator, anda dapat melakukan cara berikut ini.

Masukkan masuk ke dalam pengaturan hp Android. Cari pilihan kartu SIM dan juga jaringan seluler. Pilih kartu SIM yang bermasalah, apakah SIM 1 atau SIM 2. Masuk pada opsi operator jaringan dan ketuk pendaftaran otomatis. Dengan demikian, jaringan hp secara otomatis bisa menyesuaikan dengan kartu SIM yang sudah terdeteksi di dalam perangkat Android anda tersebut.

3. Pastikan Kartu SIM Anda Tidak Rusak

Pastikan Kartu SIM Anda Tidak Rusak

Ketika anda sering mencopot dan memasang kartu SIM anda karena bergonta-ganti kartu perdana kuota murah. Hal ini sering mengakibatkan kerusakan muncul. Entah pada bagian kartu SIM atau pada konektor SIM yang ada di hp Android anda. Umumnya efek kerusakan ini bisa berakibat pada jaringan seluler menjadi tidak tersedia dan kartu SIM tersebut tidak terdeteksi pada hp Android.

Anda bisa mengatasi masalah tersebut dengan cara berikut ini. Pasang kartu SIM di hp lain. Bila kartu SIM terdeteksi di hp lain, maka kemungkinan hp Android anda yang bermasalah. Tapi bila kartu SIM tidak terdeteksi di hp lain, kemungkinan kartu SIM yang rusak. Lalu pasang kartu SIM lain di hp anda sebelumnya. Bila terdeteksi di hp sebelumnya, mungkin kartu SIM sebelumnya bermasalah. Tapi jika kartu SIM juga tidak terdeteksi, kemungkinan kerusakan terjadi pada hp anda.

Bila kerusakan terjadi di hp anda, bisa jadi itu karena konektor SIM sudah mulai longgar. Agar bisa memunculkan jaringan seluler tidak tersedia di Android, maka anda dapat memperbaikinya atau membawanya ke tempat service hp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *