Siapa yang Paling Mantap , Grock Mobile Legends atau Earthshaker Dota 2?

Diposting pada

Siapa yang Paling Mantap , Grock Mobile Legends atau Earthshaker  Dota 2? – Saat ini perdebatan mengenai Siapa yang Paling Mantap , Grock Mobile Legends atau Earthshaker  Dota 2? Mencapai puncaknya, maka saatnya mencari garis tengah jawaban atas pertanyaan tersebut. Keduanya selalu dibandingkan karena lahir dari dua game yang memiliki basis sama yaitu MOBA.

Ya meskipun platform yang digunakan sangat berbeda jauh yaitu antara Dota 2 yang ada di PC dengan Mobile Legends yang menggunakan platform Smartphone. Mungkin karena bentuknya yang identik serta senjata totem yang dibawa mereka juga sama yang memicu perdebatan tersebut. Nah, sebagai jalan tengah, berikut adalah penjelasan dari Siapa yang Paling Mantap , Grock Mobile Legends atau Earthshaker  Dota 2?

Siapa yang Paling Mantap , Grock Mobile Legends atau Earthshaker  Dota 2?

Siapa yang Paling Mantap ,Grock atau Earthshaker

Perdebatan mengenai kedua hero ini biasanya dimulai dari tuduhan bahwa Grock menjiplak wujud dan kemampuan Earthshaker. Terlepas dari tuduhan tersebut, artikel ini hanya akan membahas kemampuan yang dimiliki oleh Grock dari Mobile Legends: Bang Bang dan Earthshaker dari Dota 2. Langsung saja kita lihat beberapa fakta mengenai kedua hero ini ,  semantap apa sih kemampuan mereka.

Grock Mobile Legends

Grock

Pembahasan pertama adalah mengupas seputar kekuatan dan Skill yang dimiliki Grock. Sebagai sebuah hero tank, kehadiran Grock sangat dibutuhkan untuk memberikan Support kepada setiap serangan maupun pertahanan dalam tim. Biasanya, Grock sangat efisien untuk dijadikan bahan serangan saat game mencapai titik penghabisan. Total Skill yang dimiliki Grock adalah empat Skill yang terdiri dari tiga Skill aktif dan satu Skill pasif seperti umumnya hero dalam Mobile Legends.

Skill Grock

Ancestral-GiftPassive - Ancestral Gift

Saat Grock berdiri di dekat tembok atau turret, pergerakan Grock akan meningkat 10 persen. Sementara itu pertahanan fisik, ketahanan magic, dan regenerasi HP meningkat 26 hingga 180 poin. Efek dari Ancestral Gift ini akan berkembang seiring dengan level Grock.
Power-of-NatureSkill 1 -Power of Nature

Skill ini berupa pukulan dari totem yang dibawa oleh Grock terhadap hero yang ada di depannya. Damage yang dihasilkan lumayan besar, yaitu sekitar 600 poin. Saran yang bisa kalian coba saat menerima Skill ini adalah berada sedekat mungkin dengan tembok karena akan memberikan efek CC Imune untuk mengurangi efek Damagenya.
Guardian-BarrierSkill 2 - Guardian Barrier

Skill ini membuat Grock mengeluarkan Shockwave yang akan membentuk tembok penghalang saat mendarat di tanah. Lawan yang terkena tembok ini akan menerima Damage sebesar 450 poin.
Wild-ChargeUltimate - Wild Charge

Skill Ultimate dari Grock , di mana Grock akan maju menerjang lawan dengan memberikan Damage sebesar 500 poin. Menggunakan Grock sebagai inisiator serangan sanggah efektif, namun kendala biasanya muncul karena serangan Grock tidak tepat sasaran yang membuat hero lawan melarikan diri. Dengan begitu, serangan menjadi kurang efektif.

Menggunakan Grock sebagai inisiator serangan sanggah efektif, namun kendala biasanya muncul karena serangan Grock tidak tepat sasaran yang membuat hero lawan melarikan diri. Dengan begitu, serangan menjadi kurang efektif.

Kelebihan Groc

  • Durability cukup tinggi
  • Inisiator yang baik

Kekurangan Groc

  • Serangan cukup lambat
  • Sangat bergantung pada tim
  • Guardian’s Barrier kerap menjadi pedang bermata dua

Earthshaker (Dota 2)

Earthshaker

Perdebatan mengenai kedua hero ini biasanya dimulai dari tuduhan bahwa Grock menjiplak wujud dan kemampuan Earthshaker. Terlepas dari tuduhan tersebut, di dalam artikel ini kami hanya akan membahas kemampuan yang dimiliki oleh Earthshaker dalam Dota 2.

Sebenarnya, Role yang dimiliki oleh Earthshaker tak jauh berbeda dari Grock. Keduanya berfungsi sebagai inisiator untuk memulai serangan kepada tim lawan serta memberikan Roaming Support. Meskipun demikian, Earthshaker tidak memiliki kemampuan tank layaknya Grock.

Skill Earthshaker

fissureFissure

Earthshaker menghantam tanah dengan totemnya, memunculkan barisan batu yang menghasilkan stun dan damage. Barisan batu tersebut akan tinggal di sana selama beberapa detik dan tidak bisa dilewati sehingga kamu harus menunggu atau mengitarinya jika ingin lewat. Skill ini hampir mirip dengan Guardian Barrier milik Grock. Bedanya, Fissure lebih fokus pada Magical Damage. Namun keduanya juga memiliki kekurangan yang sama yaitu pada ketepatan target. Jika penggunaan Fissure tidak tepat, maka bisa dijamin lawan bakal lolos dan tidak terkejar lagi.
enchant_totemEnhance Totem

Hampir sama dengan Power of Nature milik Grock. Earthshaker akan memukulkan totem yang di bawanya dengan membawa 4X Damage sebagai Bonus Attack untuk serangan Basic selanjutnya. Damage buff yang diberikan oleh Enchant Totem sebenarnya cukup berguna karena akan membantumu melakukan last hit atau tower push. Namun tujuan utama skill ini adalah sebagai sumber stun karena memiliki sinergi dengan Aftershock 
aftershockPassive - Aftershock

Aftershock adalah skill yang membuat Earthshaker berubah menjadi mesin stun. Selain Fissure, dua skill Earthshaker yang lain yaitu Enchant Totem dan Echo Slam. Apalagi dengan cooldown Enchant Totem yang sangat singkat, kamu bisa menghasilkan stun terus menerus dalam satu team fight. . Skill ini memiliki tambahan Skill Stun selama 1,5 detik serta tambahan 150 Magical Damage.
echo_slamUltimate - Echo Slam

Earthshaker menghantam tanah yang menciptakan gelombang energi, menghasilkan damage ke lawan di sekitarnya. Tiap gelombang yang mengenai lawan akan menggema, menghasilkan damage lagi ke lawan di sekitarnya. Skill ini sebenarnya hanya memberikan Damage sebesar 100 Magical Poin saja. Namun poin tersebut akan terus meningkat seiring banyaknya hero musuh yang terkena Skill tersebut.

Kelebihan Earthshaker

  • Punya banyak stun, memungkinkannya melakukan roaming
  • Mampu melakukan inisiasi

Kekurangan Earthshaker

  • Mana pool yang kecil
  • Punya animasi skill yang lambat
  • Bisa diusir dari lane dengan mudah

Itulah penjelasan singkat mengenai Siapa yang Paling Mantap , Grock Mobile Legends atau Earthshaker  Dota 2? Yang bisa kamu ketahui. Dari penjelasan di atas, mungkin kamu sudah mengetahui tentang kekurangan dan kelebihan masing-masing hero tersebut.

Artikel Menarik Lainnya :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *