Fitur Bawaan Kamera Smartphone Penunjang Foto Traveling Anda

Diposting pada

Fitur Bawaan Kamera Smartphone Penunjang Foto Traveling Anda – Salah satu kelebihan dari kamera smartphone yakni adanya kemudahan dalam pengoperasian dan fitur-fitur yang dapat dimaksimalkan. Oleh karena itu, anda perlu mengetahui fitur-fitur bawaan kamera smartphone yang dapat anda maksimalkan dalam penggunaannya. Di bawah ini akan kita bahas apa saja fitur kamera bawaan tersebut.

Fitur Bawaan Kamera Smartphone

Fitur Bawaan Kamera Smartphone

 

Sebagian dari anda sering mengoperasikan kamera hp hanya untuk sekedar dokumentasi saat melakukan kegiatan traveling. Dengan adanya fitur auto pada kamera ponsel sangat memenuhi kebutuhan saat dimana kondisi mengharuskan anda untuk memotret cepat.

Sebaiknya anda mengetahui serta menggunakan fitur bawaan kamera ponsel dalam memaksimalkan kemampuan anda dalam menguasai ponsel yang anda miliki. Anda dapat dengan leluasa untuk mengabadikan beragam situasi dengan hasil yang menawan apabila anda dapat memahami fitur-fitur yang terdapat pada ponsel anda.

Apabila beberapa fitur di bawah ini tidak terdapat pada aplikasi kamera bawaan anda, maka anda dapat mencoba untuk menggunakan aplikasi ketiga yang pada umumnya memiliki fitur lengkap guna mengoptimalkan ketersediaan hardware pada ponsel anda.

Dibawah ini fitur-fitur kamera smartphone sebagai penunjang kegiatan traveling anda antara lain:

Aspect Ratio

Aspect Ratio

 

Aspect Ratio merupakan perbandingan antara panjang serta lebar foto. Apabila foto tersebut berbentuk persegi yang artinya panjang dan lebar mempunyai ukuran yang sama, maka foto tersebut mempunyai Aspect Ratio 1:1. Fitur ini menjadi ciri khas pada Instagram sebelum mendukung format landscape serta portrait.

Pada umumnya kamera ponsel memiliki Aspect Ratio 4:3, 3:2, dan 16:9. Dengan penggunaan Aspect Ratio akan memberikan keleluasaan pada anda guna mencoba menghias frame foto dengan adanya keterbatasan berupa perbandingan panjang serta lebar foto.

Timer

Fitur ini digunakan ketika anda memotret diri sendiri baik dengan menggunakan tongsis atau dengan meletakkan kamera pada media datar. Rentang waktu yang dimiliki oleh Timer pada kamera ponsel antara lain 2 detik, 5 detik, 10 detik.

Apabila anda berada dalam kondisi cahaya rendah saat menghadapi objek pemotretan yang cenderung diam, maka sebaiknya anda menggunakan Timer 2 detik untuk memotretnya. Penggunaan Timer dapat mengurangi goncangan kecil yang dapat terjadi pada ponsel anda.

Pada saat anda tidak menggunakan Timer sebagai contoh menggunakan tombol shoot pada kamera ponsel, maka biasanya akan terjadi goncangan kecil ketika anda menyentuh atau menekan tombol kamera tersebut.

Goncangan kecil yang terjadi pada ponsel saat mengambil gambar dengan kondisi cahaya rendah akan membuat gambar menjadi kabur. Hal ini dikarenakan kecepatan rana kamera ponsel lebih lambat dari kemampuan anda ketika menjaga kamera ponsel dalam kondisi diam.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Kamera Hp yang Buram Menjadi Jernih Tanpa Bekas 

Grid

Grid

 

Fitur ini memudahkan anda dalam menempatkan obyek di dalam frame foto anda. Saat mengaktifkan Grid, maka akan muncul 2 garis horizontal yang sejajar serta 2 garis vertical yang sejajar, yang kemudian akan membagi layar menjadi 9 bagian.

Dengan menggunakan Grid akan memungkinkan anda untuk lebih mudah dalam menggunakan aturan sepertiga dalam frame, meluruskan foto supaya tidak miring, dan masih banyak lagi hal lain yang dapat anda lakukan.

Gunakan Resolusi dan Kualitas Tertinggi

Gunakan pengaturan perekaman foto pada kamera ponsel dengan resolusi dan kualitas tertinggi. Hal ini akan memberikan hasil foto yang menjadi lebih besar dari biasanya. Foto yang menggunakan resolusi serta kualitas perekaman yang baik akan memudahkan dalam proses editing selanjutnya, baik peningkatan kualitas warna, cropping, hingga dalam menaikkan kecerahan pada wilayah yang gelap.

Pilih Titik Fokus

Pilih Titik Fokus

Dengan menggunakan ponsel layar sentuh akan memudahkan dalam memotret, salah satunya dalam memilih titik fokus. Sebelum menekan tombol shutter, sebaiknya anda menekan area yang akan anda fokuskan. Cara ini juga dapat mengunci eksposure kamera serta beberapa ponsel menggunakannya untuk metering terhadap cahaya yang ada dalam frame.

Mode Manual pada Kamera

Mode Manual pada Kamera

Fitur bawaan kamera smartphone berikutnya adalah mode manual. Dalam pengaturan segitiga eksposure tidak semua ponsel memiliki mode manual, seperti kecepatan rana bukan lensa dan ISO. Kemampuan ponsel kamera yang menggunakan mode manual dapat membuat anda lebih kreatif dalam mengambil objek yang berada di depan mata.

Aktifkan Review Setelah Mengambil Gambar

Aktifkan Review Setelah Mengambil Gambar

 

Fitur ini dapat memunculkan hasil gambar yang anda ambil dengan waktu tampilan 2 hingga 3 detik. Sehingga dapat membantu anda dalam memutuskan apakah akan mengambil gambar yang sama atau tidak.

HDR

HDR

Fitur ini dapat membuat foto anda lebih tampak seimbang antara wilayah yang terang dan gelap. Dengan menggunakan fitur HDR, anda akan memperoleh gambar yang terang dari setiap ujung frame.

Demikianlah beberapa fitur bawaan kamera smartphone yang dapat anda gunakan dalam menunjang pengambilan foto dari semua kegiatan anda. Terutama bagi anda yang mempunyai hobi traveling, fitur-fitur ini sangat membantu dalam memaksimalkan fungsi kamera smartphone anda untuk memperoleh hasil foto yang memuaskan. Masih banyak lagi fitur-fitur bawaan lainnya yang dapat digunakan sebagai  penunjang fungsi kamera smartphone anda.

Artikel Menarik Lainnya :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *