Ciri-Ciri Baterai iPhone Rusak Tanda Harus Segera Diganti

Diposting pada
Rate this post

Ciri-Ciri Baterai iPhone Rusak Tanda Harus Segera Diganti – Seluruh perangkat digital yang masuk ke dalam kategori mobile mempunyai teknologi baterai yang jadi kunci utamanya. Baterai berguna untuk menghidupi seluruh bagian elektronik. Tetapi bertambahnya umur perangkat dan semakin sering digunakan, tentu baterai yang dimiliki juga bisa mengalami penurunan kualitas dan daya simpan. Hal ini berlaku juga untuk iPhone. Ketika anda merasa performa baterai pada iPhone Anda sudah menurun, Anda bisa mengetahui seperti apa ciri-ciri baterai iPhone rusak. Ini menjadi tanda bahwa Anda harus segera menggantinya.

Ciri-Ciri Baterai iPhone Rusak Tanda Harus Segera Diganti

Ciri-Ciri Baterai iPhone Rusak Tanda Harus Segera Diganti

Ada kalanya Anda merasa baterai iPhone tidak normal. Baterai tidak seperti dulu lagi ketika digunakan. Dengan kondisi seperti ini, Anda mungkin bertanya-tanya. Apakah baterai iPhone sudah rusak dan bocor? Lantas seperti apa ciri-ciri baterai iPhone rusak dan kapan Anda harus menggantinya. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda menyimak ulasan berikut ini yang menjelaskan tentang baterai iPhone yang rusak.

1. Indikasi Baterai iPhone Cepat Habis

Indikasi Baterai iPhone Cepat Habis

Sebenarnya sangat mudah untuk mengamati ciri baterai cepat habis. Anda tinggal perhatikan saja tingkat level baterai yang terdapat di layar iPhone. Apakah stabil atau penurunan daya baterainya tiba-tiba dan cepat. Jika baterai iPhone cepat habis, kemungkinan mengalami kebocoran. Ini adalah salah satu ciri baterai iPhone mengalami kerusakan. Daya baterainya cepat terkuras dan tidak sesuai penggunaan.

Solusi untuk mengatasi masalah ini adalah mengurangi widget yang ada pada mode lock screen. Sehingga anda bisa mengurangi penggunaan baterai yang dirasa tidak perlu. Umumnya posisi lock screen, widget tetap dalam mode siaga jika digunakan. Inilah yang mengakibatkan baterai anda terkuras.

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi iPhone Loading Terus Agar Gesit Kembali

2. Baterai iPhone Menggelembung

Baterai iPhone Menggelembung

Ketika kasus ini terjadi, cirinya bisa diamati dengan mudah. Anda tinggal melihat sisi samping iPhone. Jika bagian sisi iPhone ada yang menonjol, itu artinya baterai iPhone menggelembung. Sebenarnya kerusakan baterai iPhone ini disebabkan kecerobohan penggunanya ketika mengisi ulang baterai terus menerus. Padahal status baterai telah terisi penuh.

Umumnya kecerobohan pengisian baterai ini dilakukan ketika malam hari. iPhone dicharger kemudian ditinggal tidur, lalu keesokannya baru dicopot. Pengisian dengan cara seperti ini menjadi salah satu penyebab utama baterai iPhone rusak. Memang kelihatannya sangat praktis, tetapi dampak negatif untuk iPhone dan diri anda sendiri akan terasa. Bila baterai iPhone sudah dalam posisi menggelembung, itu berarti baterai sudah rusak. Jika digunakan terus bisa berbahaya, sebab baterai yang menggelembung bisa meledak.

3. iPhone Sering Mendadak Mati

iPhone Sering Mendadak Mati

Tentu menjadi hal yang sangat menjengkelkan jika anda sedang asyik bermedia sosial atau bermain game tiba-tiba iPhone mendadak mati tanpa diinstruksikan. Ini adalah ciri ciri baterai iPhone rusak yang mudah dikenali. Dengan ciri seperti ini, baterai mengalami kebocoran yang terlalu parah. Seringnya iPhone mati sendiri tentu akan berbahaya jika tidak segera ditangani dengan mengganti baterai iPhone yang baru. Maka kerusakan dapat menjalar dan merusak komponen listrik lain yang ada di dalam iPhone.

4. Baterai Tidak Dapat Dicharger

Baterai Tidak Dapat Dicharger

Salah satu ciri baterai iPhone rusak adalah tidak dapat dicharge. Saat anda mencharge baterai, pastinya harus ada indikator petir di tampilan baterai di layar iPhone. Penyebab terbesar baterai tidak dapat dicharge adalah kebocoran baterai iPhone yang parah. Tetapi kadang ada penyebab lain berupa charger yang rusak. Jadi charger tidak bisa menyalurkan aliran listrik untuk mengisi baterai. Periksa baterai dan charger bila salah satu diantara mereka rusak anda bisa menggantinya.

5. Lebih Mudah Panas

Ketika anda sedang menggenggam iPhone dan merasakan bahwa suhunya cepat panas. Itu bisa jadi salah satu tanda-tanda bahwa baterai iPhone anda mengalami kerusakan. Terlebih lagi bilang iPhone bekerja dalam membuka banyak aplikasi. Penggunaan baterai tentu akan lebih banyak dan menguras isi baterai tersebut.

Salah satu solusi yang bisa anda lakukan adalah memakai aplikasi iPhone tidak bersamaan agar mencegah baterai boros. Sebab jika hal ini sering dilakukan, maka baterai anda mudah drop dan akhirnya akan terjadi kerusakan pada baterai iPhone anda.

Disamping itu, jika sedang berada dalam tempat yang sulit menangkap sinyal lebih baik matikan berbagai aplikasi yang menyedot baterai untuk memperoleh sinyal. Biasanya ini berupa aplikasi media sosial. Berlaku juga untuk aplikasi yang meminta location service ketika digunakan.

6. Persentase Baterai yang Mengalami Perubahan Tidak Normal

Persentase Baterai yang Mengalami Perubahan Tidak Normal

Baterai ponsel yang habis juga dipengaruhi berbagai macam faktor. Jadi tidak serta merta anda dapat memutuskan apakah baterai pada iPhone anda bocor atau tidak dari kecepatan baterai iPhone yang habis. Salah satu indikator lain yang menjadi penyebab baterai iPhone bocor dan harus segera diganti yaitu indikator persentase baterainya.

Ciri-ciri baterai iPhone rusak bisa terlihat dari level persentase baterai naik dan turun tidak wajar. Seperti dalam 1 menit habis 1% atau habis 10% dalam waktu 5 menit saja. Untuk masalah yang satu ini, anda bisa mencoba melakukan kalibrasi baterai iPhone untuk meningkatkan akurasi pembacaan baterai. Bila memang baterai iPhone sudah bocor, anda harus mengganti baterai dengan yang baru. Demikian informasi diatas, semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian, Terimakasih 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *