Ciri-Ciri Android Terkena Virus atau Malware Lengkap dengan Solusinya

Diposting pada

Ciri-Ciri Android Terkena Virus atau Malware Lengkap dengan Solusinya – Ada banyak hal yang dilakukan lewat smartphone Android, diantaranya menyimpan serta mengakses data penting perusahaan, melakukan transaksi perbankan serta aktivitas lain yang ada hubungannya dengan internet. Akan tetapi, ada hal buruk yang harus anda ketahui. Sekitar 55% penjahat cyber akan mentarget pengguna smartphone Android. Hal yang sering terjadi, virus membuat ulah pada perangkat elektronik yang kita miliki seperti pada smartphone Android. Oleh sebab itu, kita harus tahu seperti apa ciri ciri Android terkena virus dan bagaimana cara mengatasinya.

Ciri-Ciri Android Terkena Virus atau Malware Lengkap dengan Solusinya

Ciri-Ciri Android Terkena Virus atau Malware Lengkap dengan Solusinya

Ciri ciri Android terkena virus adalah sebuah hal yang wajib diketahui. Karena jika tidak dideteksi secara dini, virus bisa menyebar dari satu perangkat yang terinfeksi ke lainnya. Sedangkan hardware bisa menerbitkan iklan di layar perangkat dan mencoba untuk memikat pengguna agar mengkliknya.

Spyware sendiri bisa melacak aktivitas pengguna serta mengumpulkan data sensitif smartphone Android tanpa sepengetahuan dan persetujuan Anda. Berikut ini ada beberapa tanda-tanda yang menjadi ciri perangkat Android kemungkinan terserang virus.

1. Iklan Pop-Up yang Muncul

Iklan Pop-Up yang Muncul

Salah satu tanda-tanda smartphone Android Anda terkena virus adalah dengan munculnya pop up atau iklan di sana-sini. Terlebih lagi bila ada pesan atau iklan yang muncul secara pop up. Jika Anda menemukannya saat sedang membuka game gratis atau aplikasi tertentu hal itu wajar. Namun masalah baru terjadi jika Anda menemukan pesan pop-up atau iklan hadir saat tidak melakukan apapun.

Misalnya pada bagian lockscreen, homescreen atau ketika membuka aplikasi yang sering tidak memunculkan iklan. Solusinya sebaiknya jangan sampai Anda mengklik iklan yang muncul tersebut. Itu merupakan salah satu jalan yang bisa digunakan untuk meretas dan mengambil informasi penting yang ada di smartphone Android milik Anda.

2. Smartphone Android Menjadi Lemot

Smartphone Android Menjadi Lemot

Salah satu ciri saat smartphone Android Anda terkena virus adalah performanya yang menurun. Smartphone akan menjadi lemot dan yang lebih parah semua pun akan sering hang. Kemungkinan Anda sudah mengunduh cache yang isinya adalah virus atau malware berbahaya.

Smartphone Android Menjadi Lemot 2

Solusi yang dapat dilakukan yaitu dengan mencoba melakukan clear cache. Cache sendiri  merupakan beberapa situs web dan juga file aplikasi yang tersimpan pada ponsel. Tujuannya adalah mempercepat waktu yang diperlukan saat anda ingin membuka aplikasi lagi.

Bila Anda ingin menghapus cache, cara yang bisa dilakukan adalah dengan membuka setting, storage cara untuk menghapus cache. Kemudian pilih Internal Share Storage. Langkah selanjutnya Cached data cara clear cache di android dan klik OK untuk melakukan konfirmasi.

Baca Juga: Cara Menghapus Malware di Android yang Tidak Bisa Dihapus

3. Kuota yang Anda Miliki Akan Cepat Habis

Kuota yang Anda Miliki Akan Cepat Habis

Masalah berupa kuota yang cepat habis juga bisa menjadi pertanda bahwa smartphone Android Anda terjangkit virus. Solusi untuk bisa mengatasi hal ini adalah, Anda bisa cek terlebih dahulu sebenarnya aplikasi apa saja yang menghabiskan kuota Anda tersebut. Untuk melakukannya sangat mudah. Anda bisa buka Pengaturan, lalu pilih Data Usage.

Kuota yang Anda Miliki Akan Cepat Habis 2

Dari sana Anda bisa melihat seperti apa daftar aplikasi yang paling banyak menyedot kuota Anda. Bila aplikasi tersebut memang sering Anda gunakan, itu wajar. Hal yang perlu dicurigai adalah saat ada aplikasi yang jarang Anda gunakan muncul di daftar teratas. Bila Anda menemukan hal seperti ini maka sebaiknya Anda hapus aplikasi tersebut.

4. Baterai Smartphone Cepat Habis

Baterai Smartphone Cepat Habis

Apakah Anda mengalami kondisi baterai yang cepat habis dibandingkan dari semula? Padahal Anda menggunakan smartphone dengan wajar dan menginstall aplikasi yang tidak berat. Jawabannya, bisa jadi sedang ada program lain yang berjalan di belakang layar. Kemungkinan yang ada di background smartphone Anda adalah virus. Jika hal ini terjadi Anda bisa cari tahu apakah memang di smartphone Anda ada aplikasi yang tidak diinginkan?

Agar Anda bisa mengeceknya, Anda bisa membuka setting atau pengaturan, lalu klik aplikasi atau application. Anda bisa cek daftar dari semua aplikasi yang ada pada smartphone tersebut. Apakah ada aplikasi yang muncul dan mencurigakan di dalam smartphone Android anda?

Bila anda jeli dalam mengecek, maka akan ditemukan aplikasi yang tak sengaja masuk ke smartphone atau aplikasi asing yang selama ini berusaha merekam seluruh gerak-gerik dan juga aktivitas kegiatan Anda saat memainkan smartphone.

5. Smartphone Mati saat Menerima Telepon

Bila hal ini pernah Anda alami, bisa jadi dalam smartphone Anda tersimpan virus, malware dan sejenisnya. Mereka telah menyusup ke dalam perangkat Android yang Anda miliki. Cara yang dilakukan penjahat cyber ini mempengaruhi panggilan yang masuk.

Saat Anda sedang menerima telepon orang lain pembicaraan bisa terputus. Disamping disebabkan oleh jaringan yang terganggu, atau pulsa Anda atau si penelpon habis. Bisa jadi ini adalah salah satu dari sekian banyak ciri ciri Android terkena virus.

Demikian informasi diatas, semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian , Terimakasih 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *