Cara Merubah File RAR Menjadi ISO di Hp Android Dijamin Berhasil

Cara Merubah File RAR Menjadi ISO di Hp Android Dijamin Berhasil – Ada beberapa jenis ekstensi file yang terkadang memerlukan proses tertentu agar bisa dibuka. Salah satunya adalah ekstensi file RAR. RAR merupakan jenis file yang memang tidak bisa langsung dibuka. Meskipun menggunakan smartphone Android sekalipun namun file RAR tidak bisa langsung dibuka begitu saja. Biasanya file RAR akan dijumpai pada sebuah game atau yang lainnya. File RAR tersebut biasanya diubah ke file ISO. Lalu bagaimana cara merubah file RAR menjadi ISO di hp Android?

File RAR biasanya memerlukan beberapa aplikasi yang digunakan untuk membukanya. Berbeda halnya dengan beberapa file yang langsung bisa dibuka seperti JPEG, PNG, MP3, MP4, dan lain sebagainya. File RAR akan terbuka jika telah diekstrak menggunakan sebuah aplikasi khusus.

Cara Merubah File RAR Menjadi ISO di Hp Android

Cara Merubah File RAR Menjadi ISO di Hp Android

File ISO merupakan jenis file yang sebenarnya digunakan dalam sebuah DVD. Jutaan file yang ada dirangkum menjadi satu jenis file ISO. Biasanya file ISO yang ada di Android digunakan untuk mengemas game PSP.

Sebelumnya file game tersebut berekstensi RAR kemudian dirubah menjadi file ISO agar bisa dimainkan di Android. Berikut ini cara mengubah file RAR menjadi ISO di hp Android.

Cara Merubah File RAR Menjadi ISO di Hp Android Menggunakan Aplikasi ZArchiver

Aplikasi ZArchiver merupakan aplikasi yang digunakan untuk merubah atau mengekstrak file yang mulanya berekstensi RAR menjadi ISO. Aplikasi ZArchiver merupakan aplikasi gratis yang tersedia di Google Play Store. Apabila anda ingin merubah file RAR menjadi ISO, maka anda bisa mengikuti langkah di bawah ini.

Langkah pertama yang bisa digunakan adalah mengunduh aplikasi ZArchiver di Google Play Store. Ada banyak sekali jenis aplikasi pengekstrak RAR, namun anda bisa memilih ZArchiver karena memang mudah untuk digunakan. Pastikan setelah anda mengunduh aplikasi ZArchiver, anda langsung memasangnya.

Aplikasi ZArchiver 1

Langkah yang selanjutnya adalah membuka aplikasi ZArchiver yang telah diunduh sebelumnya. Kemudian akan muncul sebuah tampilan layaknya explorer. Anda bisa memilih file apa yang akan diekstrak. Pastikan bahwa file yang akan diekstrak telah berekstensi RAR.

Apabila file yang akan diekstrak telah dipilih, maka langkah selanjutnya adalah tekan file dan tahan beberapa lama hingga muncul menu baru yang memberikan beberapa opsi ekstrak.

Anda bisa memilih Extract Here. Kemudian aplikasi ZArchiver akan memproses secara otomatis. Anda perlu menunggu beberapa detik hingga proses pengekstrakan selesai.

Aplikasi ZArchiver 2

Langkah berikutnya adalah anda bisa membuka file atau folder baru di direktori yang sama dengan file RAR. Di dalam folder tersebut sudah terdapat file ISO hasil dari pengekstrakan file RAR. File ISO tersebut sudah bisa dimainkan menggunakan emulator PSP yang telah diunduh sebelumnya.

Cara diatas merupakan cara yang digunakan untuk merubah file RAR menjadi file ISO dengan mudah melalui Android. Anda tidak perlu menggunakan laptop atau komputer untuk merubah atau mengekstrak file RAR menjadi ISO karena sekarang sudah tersedia aplikasi ZArchiver.

Baca Juga: Build Hero Terizla Mobile Legends: Hajar Lawanmu dengan Senjata Palumu!

Cara Merubah File RAR Menjadi ISO di Hp Android Menggunakan Aplikasi RAR

Selain menggunakan aplikasi ZArchiver, anda juga bisa menggunakan aplikasi RAR. Aplikasi RAR juga merupakan aplikasi yang digunakan untuk merubah atau mengekstrak file dari ekstensi RAR menjadi ISO. Aplikasi ini bisa dipasang di smartphone Android sehingga anda bisa melakukan pengekstrakan melalui Android.

Aplikasi ini bisa anda unduh di Google Play Store secara gratis. Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengubah file RAR menjadi ISO di Android. Langkah pertama adalah mengunduh dan memasang aplikasi RAR di Google Play Store.

Aplikasi RAR 1

Apabila anda sudah mengunduh aplikasi RAR, maka langkah yang selanjutnya adalah membuka aplikasi tersebut. Setelah itu, pilih file yang berekstensi RAR. File tersebut nantinya akan dirubah menjadi file ISO.

Kemudian anda bisa memberi file centang pada file RAR kemudian tekan lambang panah ke atas pada menu RAR. Setelah itu akan muncul opsi baru yang harus anda pilih. Menu tersebut mengarahkan anda untuk menentukan tempat penyimpanan hasil ekstrak file.

Aplikasi RAR 2

Apabila anda tidak ingin mengubah tempat penyimpanannya, maka hasil ekstraknya akan sama di direktori penyimpanan RAR. Hampir sama dengan cara yang sebelumnya, file RAR yang telah diekstrak akan menjadi folder baru yang di dalamnya sudah berisi file ISO. Apabila file tersebut masih dipilah-pilah atau diberi part, maka anda bisa mengubahnya seperti cara yang sebelumnya.

Cara diatas juga bisa digunakan untuk merubah file RAR menjadi file ISO tanpa menggunakan komputer atau laptop. Cukup menggunakan smartphone Android, anda sudah bisa merubah file RAR menjadi file ISO tanpa merasa kesulitan dan tanpa memerlukan akses root.

Cara merubah file RAR menjadi ISO di hp Android bisa anda lakukan dengan menggunakan aplikasi lain. Namun beberapa aplikasi diatas mampu membantu anda untuk mengekstrak file RAR dan pengekstrakan dijamin berhasil.

Artikel Menarik Lainnya :

Tentang Penulis

AnonyTun Team

AnonyTun Team

Tinggalkan Komentar