Cara Meningkatkan Sensitivitas Layar Sentuh Pada Android Anda

Diposting pada

Cara Meningkatkan Sensitivitas Layar Sentuh Pada Android Anda – Peran layar sentuh atau biasa disebut touchscreen sangatlah penting dalam pengoperasian smartphone. Dengan begitu banyak hal yang dilakukan dengan menekan layar sentuh pada smartphone, maka masalah sensitif layar sentuh menjadi salah satu masalah yang banyak dikeluhkan oleh para pengguna smartphone. Bagaimana cara meningkatkan sensitivitas layar sentuh pada android?

Cara Meningkatkan Sensitivitas Layar Sentuh Android

Cara Meningkatkan Sensitivitas Layar Sentuh Android (1)

 

Meskipun dilihat dari tampilan fisik kondisi layar sentuh masih nampak terlihat normal, tidak memiliki bercak hitam pada layar serta tidak adanya goresan. Akan tetapi kadang layar menjadi kurang sensitif yang dikarenakan seringnya terjadi kontak langsung dari pengguna dengan layar sentuh sehingga membuat layar kehilangan sensitivitas.

Banyak hal yang dapat menyebabkan layar sentuh pada smartphone menjadi kurang sensitif, sebagai contoh adanya arus listrik yang berlebih, pernah terjadi benturan, serta terlalu banyaknya animasi yang diaktifkan. Hal lain yang dapat mempengaruhi sensitivitas layar sentuh adalah adanya penggunaan yang tidak benar serta sering memasukkan smartphone ke dalam saku celana atau pakaian yang sempit.

Jika anda mengalami keadaan layar sentuh yang kurang sensitif saat digunakan, berikut ini adalah cara supaya layar sentuh menjadi lebih sensitif antara lain:

Hapus Aplikasi yang Tidak Penting

Hapus Aplikasi yang Tidak Penting

RAM memiliki peran penting dalam membuat operasional smartphone terasa smooth serta cepat. Apabila RAM pada smartphone anda terlalu penuh, hal ini dapat menyebabkan performa smartphone menjadi lambat sehingga tidak responsif terhadap sentuhan jari pada pengoperasiannya. Hal ini dapat diatasi dengan menghapus beberapa aplikasi yang tidak penting supaya RAM lebih lega serta performa perangkat pun akan menjadi lebih baik.

Kurangi Skala Animasi pada layar

Kurangi Skala Animasi pada layar

Kecepatan skala animasi yang terdapat pada smartphone sebenarnya tidak berpengaruh terhadap sensitivitas layar, akan tetapi software yang merespon setiap perintah. Dengan adanya perintah yang semakin tinggi maka semakin lambat respon yang diberikan. Hal ini akan berakibat dengan melambatnya sensitivitas layar sentuh smartphone anda.

Hal ini dapat diatasi dengan mengatur ulang skala animasi yang ditampilkan pada smartphone anda. Dengan membuka menu setting klik developer option yang selanjutnya cari pilihan Windows animation scale.  Langkah selanjutnya pilih transition animation scale lalu klik animator duration scale sehingga anda dapat mengubah angkanya menjadi “5x”.

Install Pixer Fixer

Install Pixer Fixer

Tanda-tanda Dead Pixel bisa menjadi salah satu penyebab layar sentuh (touchscreen) menjadi kurang sensitif. masalah ini dapat anda atasi dengan menginstal aplikasi Pixer Fixer. Dengan menghasilkan sinyal yang dinamis dapat memperbaiki dead pixel sekaligus membantu layar smartphone menjadi kembali sensitif serta responsif terhadap semua gerakan jari tangan ketika pengoperasian smartphone.

Jangan Menggunakan Charger KW

Jangan Menggunakan Charger KW

Walaupun mempunyai ukuran colokan USB yang sama, akan tetapi bukan berarti anda dapat menggunakan charger sembarangan dalam pengisian daya baterai pada smartphone anda. Terutama apabila charger bawaan dari produsen smartphone anda telah rusak dan serta diganti dengan charger KW.

Hal ini disebabkan karena arus listrik yang dialirkan berbeda sehingga dapat mengakibatkan lonjakan arus yang berlebih pada layar smartphone anda. Dengan adanya arus listrik yang berlebih dapat menyebabkan layar sentuh smartphone anda menjadi tidak sensitif apabila secara terus menerus menggunakan charger yang tidak sesuai.

Baca Juga: Penyebab Layar Hp ada Garis Hitam yang Perlu Diketahui

Lakukan Kalibrasi Layar

Lakukan Kalibrasi Layar

Untuk meningkatkan sensitivitas layar sentuh android anda dapat melakukan kalibrasi pada layar smartphone anda. Hal ini bertujuan untuk dapat menyesuaikan layar sentuh terhadap sentuhan yang disediakan oleh developer perangkat smartphone. Cara yang dapat anda tempuh yakni dengan masuk pada menu pengaturan selanjutnya pilih pengaturan ponsel, klik kalibrasi kemudian anda tinggal mengikuti proses kalibrasinya.

Cabut Tempered Glass

Cabut Tempered Glass

Penggunaan tempered glass pada smartphone yang bertujuan untuk menghindarkan layar sentuh dari goresan atau agar tidak pecah. Akan tetapi dalam beberapa case pemakaian tempered glass justru akan mengurangi sensitivitas layar smartphone. Hal ini dikarenakan bahan anti gores yang terlalu tebal atau penggunaan bahan yang kurang berkualitas.

Cara meningkatkan sensitivitas layar sentuh pada android anda salah satunya adalah dengan mencabut tempered glass yang anda pakai. Kemudian ganti dengan menggunakan produk original dari produsen smartphone anda.

Lepas Baterai Handphone

Lepas Baterai Handphone

Dengan melepas baterai handphone serta biarkan beberapa saat selanjutnya masukkan kembali baterai dan hidupkan smartphone anda seperti biasa dapat meningkatkan sensitivitas pada layar sentuh android anda.

Upgrade OS Smartphone

Upgrade OS Smartphone

Mengupgrade OS Smartphone ke versi yang baru dapat membuat smartphone anda berjalan lebih lancar serta cepat. Cara ini juga dapat mengatasi potensi melambatnya kinerja smartphone.

Beberapa cara meningkatkan sensitivitas layar sentuh pada android tersebut bisa anda coba. Dengan mengikuti cara-cara diatas anda dapat dengan mudah dalam mengatasi masalah sensitivitas yang terjadi pada layar sentuh anda tersebut. Sehingga anda dapat terhindar dari melambatnya fungsi layar sentuh pada smartphone anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *