Inilah Cara Meningkatkan Kinerja Android Agar Lebih Ringan Dan Cepat

Inilah Cara Meningkatkan Kinerja Android Agar Lebih Ringan Dan Cepat – Smartphone merupakan barang elektronik yang dimiliki hampir semua orang. Smartphone dengan kecanggihan tertentu selalu menjadi pilihan tertentu. Terkadang kecanggihan smartphone yang dibeli hanya bertahan beberapa saat saja karena smartphone yang digunakan sudah lemot. Smartphone yang lemot bisa disebabkan karena berbagai faktor. Ketika smartphone yang digunakan sudah dirasa lemot maka seseorang akan mencari tahu bagaimana cara meningkatkan kinerja Android agar lebih ringan dan cepat.

Kinerja smartphone Android yang menjadi lemot bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari penggunaan yang tidak sesuai dengan aturan, terlalu banyak sampah di dalamnya, atau karena terserang virus saat melakukan akses internet. Sebelum bertambah parah smartphone harus segera dibersihkan dan dioptimalkan agar kinerjanya kembali seperti semula.

Inilah Cara Meningkatkan Kinerja Android Agar Lebih Ringan Dan Cepat

Inilah Cara Meningkatkan Kinerja Android Agar Lebih Ringan Dan Cepat

Meningkatkan kinerja Android tidak harus menggunakan cara yang rumit. Mulai dari mengunduh aplikasi dan harus melakukan root. Namun ada pula yang menggunakan aplikasi pengoptimal Android namun tanpa root. Berikut ini cara meningkatkan kinerja Android agar lebih ringan dan cepat.

1. Mengaktifkan Mode Performa yang Tersedia di Android

Mengaktifkan Mode Performa yang Tersedia di Android

Pada dasarnya setiap Android selalu dibekali dengan fitur atau mode performa. Mulai dari performa baterai, mode hemat baterai, pengoptimalan memori, mode normal, dan power save serta perawatan perangkat. Ketika Android sudah agak lemot, maka anda bisa mengaktifkan salah satu mode performa diatas, kecuali mode hemat baterai.

Anda bisa menggunakan mode performa dan juga mode normal. Sehingga kinerja ponsel akan semakin membaik dan tidak lemot. Bahkan pengoperasian Android dirasa lebih ringan dari yang sebelumnya.

Mengapa tidak memilih mode hemat baterai atau power save? Hal ini dikarenakan mode hemat baterai membuat kinerja smartphone menjadi lebih lemot karena ada beberapa aplikasi yang dibatasi penggunaannya. Hal ini dilakukan agar daya yang digunakan tidak terlampaui besar. Bahkan mode hemat baterai dapat membatasi kinerja CPU processor android. Padahal CPU processor merupakan kunci dari kinerja sistem Android.

2. Menonaktifkan Aplikasi yang Tidak atau Jarang Digunakan

Menonaktifkan Aplikasi yang Tidak atau Jarang Digunakan

Cara kedua yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kinerja smartphone adalah menonaktifkan atau mendisable beberapa aplikasi yang tidak atau jarang digunakan. Seperti yang diketahui bahwa ada beberapa aplikasi unduhan atau bawaan yang tidak bisa diuninstall namun menguras kinerja Android.

Setiap jenis atau merk smartphone pasti memiliki beberapa aplikasi bawaan yang berbeda-beda termasuk untuk smartphone Android. Terkadang ada aplikasi bawaan yang memang tidak bisa diuninstall apabila dihapus akan mempengaruhi kinerja Android. Oleh karena itu, aplikasi-aplikasi tersebut harus dinonaktifkan.

Terkadang seseorang yang ingin menghemat kapasitas RAM harus melakukan root terlebih dahulu sehingga aplikasi bawaan menjadi hilang. Namun cara tersebut tidak efektif karena dapat menghapus secara permanen semua file penting. Cara yang efektif adalah menonaktifkannya. Biasanya ada beberapa aplikasi bawaan yang jarang digunakan sehingga bisa dinonaktifkan melalui pengaturan dan menu manajer aplikasi.

Terkadang aplikasi bawaan yang tersedia di dalam Android akan menguras kapasitas RAM sehingga pengguna tidak dapat menambah aplikasi lain seperti game. Terlebih lagi jika ada pembaruan lunak yang tidak bisa dinonaktifkan secara otomatis. Kapasitas RAM akan semakin berkurang dan kinerja smartphone menjadi lebih berat. Oleh karena itu, anda perlu menonaktifkan beberapa aplikasi tersebut meskipun tidak bisa diuninstall.

Baca Juga: Inilah Cara Merubah File JPG ke Format PDF di Android Tanpa Root

3. Menghapus Aplikasi yang Sudah Tidak Digunakan

Menghapus Aplikasi yang Sudah Tidak Digunakan

Jika cara yang sebelumnya adalah menonaktifkan aplikasi bawaan, maka cara meningkatkan kinerja Android agar lebih ringan dan cepat selanjutnya adalah menghapus aplikasi yang sudah tidak digunakan lagi. Pada saat memiliki smartphone baru tentunya pengguna sangat bersemangat untuk mengunduh berbagai aplikasi yang disukai, termasuk aplikasi game.

Biasanya game yang diunduh adalah game online dengan ukuran besar. Hal tersebut dapat membuat kinerja smartphone menjadi lemot dan cepat panas. Oleh karena itu, anda perlu menghapus aplikasi game atau aplikasi lainnya yang memiliki ukuran besar.

Apabila Anda ingin mengunduh aplikasi chat atau sosial media, maka usahakan untuk mengunduh aplikasi dengan versi lite. Karena versi lite dapat menghemat pemakaian RAM. Setiap aplikasi juga harus dioptimalkan agar tidak membebani kinerja smartphone sehingga smartphone lebih ringan dan tidak mudah lemot.

4. Menghapus Cache Aplikasi

Menghapus Cache Aplikasi

Cara yang selanjutnya adalah menghapus data cache. Cache sendiri merupakan data yang dibawa oleh setiap aplikasi. Cache biasanya tidak bisa dibuka karena merupakan hasil data setiap anda mengoperasikan aplikasi. Meskipun tidak bisa dibuka namun data cache dapat menguras kapasitas RAM dengan cepat. Oleh karena itu, data cache yang ada di smartphone android harus segera dihapus agar tidak semakin menumpuk dan menjadikan kinerja smartphone lemot.

Cara meningkatkan kinerja Android agar lebih ringan dan cepat sebenarnya juga bisa dilakukan menggunakan aplikasi unduhan. Namun cara diatas bisa Anda coba terlebih dahulu sebelum mengunduh aplikasi. Karena aplikasi unduhan bisa saja berdampak pada kinerja smartphone yang semakin melambat.

Demikian informasi diatas, semoga bermanfaat bagi Anda. Terimakasih 🙂

Artikel Menarik Lainnya :

Tentang Penulis

AnonyTun Team

AnonyTun Team

Tinggalkan Komentar