Cara Menghilangkan White Protect Pada Microsd di Android Tanpa Aplikasi

Diposting pada

Cara Menghilangkan White Protect Pada Microsd di Android Tanpa Aplikasi – Dalam setiap ponsel pastinya memiliki sebuah memori penyimpanan entah itu internal atau eksternal. Biasanya memori penyimpanan internal diberikan dengan kapasitas yang cukup tinggi sehingga dapat menarik perhatian banyak pembeli. Begitupun juga dengan memori penyimpanan eksternal yang dibantu dengan memory card. Biasanya orang akan memindahkan segala file yang ada di memori internal ke memori eksternal jika memori internal sudah penuh. Namun apakah anda pernah mendapatkan pesan SD Card Write Protect saat melakukan pemindahan file? Hal itulah yang seringkali menjadi masalah yang terjadi pada memori card. Lalu bagaimana cara menghilangkan white protect pada microsd di android?

Sebelum mengetahui bagaimana cara menghilangkan masalah white protect maka anda perlu mengetahui apa itu white protect. Write Protected sendiri merupakan sebuah pesan yang akan muncul jika anda melakukan salah satu aktivitas kepada memori card. Namun pada intinya adalah memori card terbagi menjadi 2 yaitu write dan read. Write berarti aktivitas menulis seperti mencopy, format, dan juga paste. Sedangkan Read artinya adalah aktivitas membaca data atau file yang sudah ada di dalam penyimpanan. Seperti yang telah dikatakan diatas bahwa pesan white protected biasanya ditemukan jika melakukan sebuah format kartu memori.

Cara Menghilangkan White Protected Pada Microsd di Android Tanpa Aplikasi

Cara Menghilangkan White Protected Pada Microsd di Android Tanpa Aplikasi

Apabila anda merasa terganggu dengan adanya pesan white protect maka anda bisa menghilangkannya dengan beberapa cara seperti di bawah ini.

1. Membuka tombol lock dari SD Card terlebih dahulu

Membuka tombol lock dari SD Card terlebih dahulu

Cara yang pertama untuk menghilangkan white protect pada microsd adalah membuka tombol locknya terlebih dahulu. Tombol lock yang ada di microsd memang sedikit sulit untuk ditemukan. Seperti yang diketahui bahwa ukuran dari microsd juga sangat minimalis. Dengan ukuran yang minimalis tersebut masih bisa di tambahi tombol lock. Namun anda tidak perlu merasa kesulitan untuk mencari tombol locknya karena tombol tersebut biasanya terletak pada bagian samping.

Sebenarnya fungsi dari tombol ini adalah untuk mengunci kartu memori dengan fungsi write. Mengapa perlu dikunci? Karena untuk mengatasi terserangnya virus pada kartu memori. Anda bisa membuka kartu memori ini dengan cara menggeser tombolnya saja. Nah cara ini dapat membantu anda untuk menghilangkan pesan wrtie protect pada kartu microsd.

Baca Juga: 5 Aplikasi Baca Komik Online Paling Populer di Android

2. Menggunakan CMD atau Command Prompt

Cara kedua yang mungkin bisa anda gunakan adalah menggunakan CMD. Cara ini membutuhkan bantuan peralatan lain seperti komputer atau laptop. Simak langkah-langklah berikut ini agar anda bisa menghilangkan white protect pada microsd.

  1. Sebelumnya pastikan bahwa laptop atau komputer telah memiliki CMDMenggunakan CMD atau Command Prompt (1)
  2. Langkah yang kedua adalah klik kanan lalu pilih Run as AdministratorMenggunakan CMD atau Command Prompt (2)
  3. Kemudian langkah yang ketiga adalah mengetikkan dikspart pada command line (oenulisan harus menggunakan tanda kutip) lalu tekan enterMenggunakan CMD atau Command Prompt (3)
  4. Berikutnya langkah keempat adalah mengetikkan kembali list disk pada komputer anda kemudian akan muncul beberapa drive yang ada di komputer.Menggunakan CMD atau Command Prompt (5)
  5. Langkah selanjutnya adalah memilih disk microsd.Menggunakan CMD atau Command Prompt (6)
  6. Lalu ketikkan di command sesuai dengan drive yang ada di kartu memori. Misalnya kartu memori anda bernama disk F maka anda juga harus mengetikkan disk FMenggunakan CMD atau Command Prompt (7)
  7. Lalu langkah yang selanjutnya adalah mengetikkan attributes disk clear read only lalu klik enterMenggunakan CMD atau Command Prompt (8)
  8. Apabila sudah maka langkah yang selanjutnya adalah menulis clean lalu tekan tombol enterMenggunakan CMD atau Command Prompt (9)
  9. Apabila langkah sebelumnya sudah dilakukan maka langkah yang selanjutnya adalah mengetikan craete partition primary (penulisan tanpa tanda kutiip) lalu tekan enterMenggunakan CMD atau Command Prompt (10)
  10. Langkah yang berikutnya adalah mengetikkan format fs=fat32 (penulisan tanpa tanda kutip) lalu tekan enterMenggunakan CMD atau Command Prompt (11)
  11. Langkah yang terakhir adalah menekan tombol exit.

3. Melakukan format microsd pada android

Cara menghilangkan white protect pada microsd di android yang ketiga adalah melakukan format pada microsd. Langkah-langkah yang bisa anda ikuti adalah seperti dibawah ini,

  1. Memasukkan kartu memori ke dalam hp terlebih dahulu
    Melakukan format microsd pada android (1)
  2. Langkah kedua tunggu hingga kartu memori benar-benar terdeteksi
  3. Langkah yang ketiga adalah membuka file manager yang ada di dalam file
    Melakukan format microsd pada android (2)
  4. Kemudian pilih menu kartu memori eksternal. Kemudian tekan dalam waktu yang lama hingga muncul beberapa opsi lanjutanMelakukan format microsd pada android (3)
  5. Langkah berikutnya adalah menekan opsi format dan mulai memproses formatnyaMelakukan format microsd pada android (6)
  6. Anda hanya perlu menunggu hingga proses format selesai.

Mengapa White Protect Bisa Terjadi?

Mungkin anda bertanya-tanya mengapa white protect bisa terjadi. Hal ini dikarenakan tombol lock pada microsd belum dibuka sehingga kartu sd terkunci dengan sistem write. Tidak hanya itu saja, penyebab lainnya adalah microsd memang sudah rusak dari pabrikannya. Dari penyebab itulah mengapa bisa terjadi white protect pada kartu memori.

Cara menghilangkan white protect pada microsd di android tanpa aplikasi memang sangat mudah untuk dilakukan namun anda harus mengetahui cara-caranya sebelum melakukannya. Pastikan bahwa anda benar-benar sudah mengetahui bagaimana cara yang tepat untuk menghilangkan white protect pada microsd.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *