Cara Menghentikan Windows 10 Melakukan Update Driver Secara Otomatis

Cara Menghentikan Windows 10 Melakukan Update Driver Secara Otomatis – Pada fitur Windows Update di Windows 10, secara otomatis ia akan mendownload dan menginstall driver untuk hardware yang terpasang pada PC kamu. Hal ini biasanya terjadi ketika melakukan update kumulatif dimana juga terdapat update terhadap driver yang terinstall. Windows 10 memang harus rutin update agar performa yang dijalankan dapat terus berjalan mulus dan dapat memperbaiki bug-bug yang ada sebelumnya.

Terutama update ini dilakukan dibackground yang kita tidak ketahui dan tiba-tiba kuota internet kita habis banyak yang padahal kita tidak mengakses banyak internet. Nah itu bisa saja disebabkan adanya update driver otomatis di Windows 10 ini.

Tetapi Windows Update yang sudah rilis, didownload dan terinstall terkadang tak semuanya kompatibel dengan hardware yang ada pada PC tersebut. Hal ini menjadikan penggunanya merasa tidak nyaman karena beberapa perubahan yang tidak mengenakan pada performa PC sehingga memaksa penggunanya untuk rollback driver yang sebelumnya pernah terinstall.

Namun sebelum terjadinya ketidakcocokan driver dengan hardware  yang nantinya akan menyebabkan ketidaknyamanan pada performa, maka ada baiknya kamu menghentikan update otomatis di windows 10 tersebut dan berikut caranya.

Cara Menghentikan Windows 10 Melakukan Update Driver Secara Otomatis
Cara Mencegah Windows 10 Update Driver Secara Otomatis

Cara yang akan Admin berikan kali ini mudah untuk dilakukan dan pastinya tidak membutuhkan software apapun untuk melakukannya. Serta langkah-langkahnya sangat sedikit. Langsung saja masuk ke langkah demi langkah berikut ini.

  1. Buka menu RUN dengan menggunakan tombol kombinasi Winkey + R dan setelah jendela menu terbuka, ketikan perintah berikut: gpedit.mscPerintah gpedit
  2. Kemudian ikuti alur berikut ini untuk menuju ke folder Windows Update: Computer Configuration > Administrative Templates > Windows Components > Windows Update.
  3. Jika sudah muncul tampilan seperti ini, maka kamu double-click pada opsi setting Do not include drivers with Windows Update.Do not include drivers with Windows Update
  4. Lalu pilih opsi Enabled lalu simpan dengan Apply > OK.Pilih Enabled
  5. Terakhir silakan restart PC kamu untuk mendapatkan hasilnya yang maksimal.

Bagi kamu yang menggunakan PC berbasis Windows 10 edisi Home, maka secara bawaan Group Policy Editor tidak tersedia pada edisi Home dikarenakan Windows Update pada Windows 10 Home sendiri sudah otomatis berjalan. Maka dari itu ada baiknya kamu untuk mencari referensi tambahan mengenai trik untuk menjalankan Group Polici Editor untuk Windows 10 edisi Home.

Demikian pembahasan untuk menghentikan update driver otomatis di windows 10 yang dapat disampaikan pada kali ini. Semoga dengan trik yang satu ini dapat bermanfaat bagi kamu. Silakan share kepada orang lain agar mereka yang membutuhkannya dapat mengetahuinya.

Artikel Menarik Lainnya :

Leave A Reply

Your email address will not be published.