Cara Menghemat Memory RAM di Xiaomi MiA1 Tanpa Root atau Aplikasi Tambahan

Cara Menghemat Memory RAM di Xiaomi MiA1 Tanpa Root atau Aplikasi Tambahan – Root akan memaksimalkan potensi tersembunyi smartphone, termasuk urusan RAM. Namun tidak semua pengguna ingin root perangkat Android dengan alasan masing-masing. Kalau begitu bagaimana cara menghemat memory RAM di Xiaomi MiA1 tanpa root?

Salah satu keunggulan smartphone dari merek maupun seri apapun adalah kemampuan multitasking. Anda dapat bermain game atau nonton video streaming sambil tetap mengaktifkan aplikasi-aplikasi sosial media (Facebook, Twitter, atau Instagram).

Namun tahukah Anda bahwa kemampuan multitasking Android itu memiliki kelemahan. Aplikasi-aplikasi, baik yang sudah ditutup maupun belum ditutup, akan berjalan di latar belakang, yang ujung-ujungnya menambah beban RAM.

Hal ini sebaiknya diatasi pengguna Xiaomi MiA1 agar smartphone tidak lemot. Ya, walaupun smartphone besutan Xiaomi itu cukup nyaman multitasking, karena dibekali RAM 4GB.

Namun, tetap saja, ada kemungkinan Xiaomi MiA1 akan mengalami stres / lag jika terlalu banyak membuka aplikasi berat. Itulah kenapa ponsel MiA1 memerlukan cara menghemat memory RAM di Xiaomi MiA1.

Ketahui Penggunaan RAM di Xiaomi MiA1

RAM di android perlu dihemat

Sebelum melanjutkan ke cara menghemat memory RAM di Xiaomi MiA1, Anda sebaiknya memahami cara memantau penggunaan RAM. Untuk melihat aplikasi-aplikasi mana yang memakan banyak RAM MiA1 Bagaimana caranya?

  1. Buka Settings, lalu cari Developer Options.Menu Pengaturan MI A1
  2. Jika Developer Options belum dibuka, maka Anda buka dulu, caranya? Masuk Settings, cari Systems, cari About Ponsel.Menu about phone MI A1
  3. Setelah masuk About Ponsel, cari yang namanya Kernel Version dan klik sebanyak 7 kali hingga muncul popup.
  4. Jika sudah klik Back sekali untuk kembali ke Systems.
  5. Anda akan menemukan Developer Options di salah satu menu.Menu developer MI A1
  6. Masuk Developer Options, cari – klik Memory, dan Anda akan melihat penggunaan RAM MiA1.Penggunaan RAM Pada MIA1

Cara Menghemat Memory RAM di Xiaomi MiA1

cara menghemat memory di MI A1

Pada bagian ini, Anda sudah mengetahui aplikasi-aplikasi mana yang memakan banyak RAM ponsel MiA1 Anda. Silahkan dicatat untuk kemudian dibatasi penggunaannya di latar belakang.

1. Matikan Penggunaan Latar Belakang Aplikasi Tertentu

  1. Buka Settings, cari Aplikasi Terinstal, klik.
  2. Anda cari aplikasi yang memakan banyak RAM tadi, ambillah contoh WhatsApp.
  3. Klik WhatsApp, lalu cari Perizinan.
  4. Di bagian ini, Anda cari Mulai di Latar Belakang, klik sekali untuk mengunchecklist.

Anda bisa melakukan hal sama pada aplikasi-aplikasi lain yang ingin dibatasi latar belakangnya. Dengan cara menghemat memory RAM di Xiaomi MiA1 ini, Anda bisa menghemat RAM tapi tidak perlu membatasi semua aplikasi. Mungkin ada beberapa aplikasi tertentu yang justru ingin Anda optimalkan penggunaan RAM-nya.

2. Optimalkan Penggunaan RAM

  1. Buka Settings, cari Developer Options di menu Systems.
  2. Buka Developer Options, cari System Memory Optimization.
  3. Ubah setelannya menjadi High.
  4. Restart Xiaomi MiA1 Anda, dan penggunaan RAM sudah dioptimalkan.

3. Tutup Aplikasi-aplikasi yang Sedang Tidak Dipakai

Kemampuan multitasking Android memungkinkannya untuk tetap mengaktifkan aplikasi yang sedang tidak digunakan. Contohnya begini, Anda sedang main game, tiba-tiba ada notifikasi masuk dari WhatsApp. Anda pun membuka WhatsApp, tapi game yang sedang Anda tinggalkan itu tidak non-aktif, tapi tetap aktif.

Salah satu cara menghemat memory RAM di Xiaomi MiA1 adalah menutup aplikasi-aplikasi yang sedang tidak terpakai itu. Ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Aktifkan layar ponsel MiA1 Anda, masuk ke halaman utama.
  2. Lalu, Anda klik Tombol Menu yang terletak di sebelah kiri bawah.
  3. Anda akan melihat aplikasi-aplikasi yang sudah dibuka tapi sedang tidak dipakai itu.Matikan program yang tidak digunakan untuk menghemat RAM
  4. Di bagian paling bawah, Anda akan melihat RAM tersisa di smartphone MiA1.
  5. Klik “X” untuk menutup semua aplikasi tersebut dan melegakan RAM.

4. Beberapa Cara Tambahan Lainnya

Untuk penggunaan sehari-hari, ketiga cara diatas sudah cukup mumpuni untuk mengatasi penggunaan RAM Android. Namun, mungkin Anda menginginkan penghematan RAM secara total? Jika iya, silakan terapkan cara-cara tambahan berikut ini.

  1. Mematikan Animasi / Transisi. Masuk Settings > Systems > Developer Options > cari tiga opsi yang berhubungan dengan animasi – Window animation scale, Animator duration scale, dan Transition animation scale. Beri ketiganya dengan nilai 0. Hal ini akan membuat tampilan jadi kurang menarik, tapi ini jelas menghemat RAM.
  2. Jangan pakai Live Wallpaper, gunakan saja Wallpaper berupa foto, atau jika perlu jangan pakai Wallpaper sekalian.
  3. Gunakan Launcher bawaan. Memang tampilannya kadang membosankan, tapi launcher yang dibuat pihak ketiga memakan banyak RAM.
  4. Pasang aplikasi sosmed yang tidak bisa dibuka di browser. Misalnya, Anda tidak perlu memasang Facebook atau Twitter karena bisa dibuka dibrowser, tapi pasanglah Instagram atau WhatsApp karena tidak bisa dibuka di browser. Memang risikonya Anda tidak bisa mendapatkan update notifikasi pesan masuk.

Seperti itu saja cara menghemat memory RAM di Xiaomi MiA1. Semoga dengan adanya cara ini dapat membuat Xiaomi MiA1 Anda semakin efektif dalam menggunakan aplikasi-aplikasi. Terima kasih!

Artikel Menarik Lainnya :

Tentang Penulis

Yuda Setyo Hidayat

Yuda Setyo Hidayat

Saya adalah Writer di AnonyTun.com - Selalu ada harapan bagi mereka yg mau mencoba

Tinggalkan Komentar