Mengetahui Cara Menghemat Baterai Hp Android Agar Tidak Mudah Lowbat

Mengetahui Cara Menghemat Baterai Hp Android Agar Tidak Mudah Lowbat – Bukan hal yang aneh lagi jika hp Android terkenal dengan konsumsi baterai paling boros. Sebagian besar hp Android memiliki kapasitas baterai yang lemah. Banyak faktor yang dapat berpengaruh pada baterai hp Android yang boros. Entah itu dari teknologi layar yang dipakai, luas layar, keadaan sinyal yang tidak stabil, dan masih banyak penyebab yang lainnya. Terkadang orang mengatasinya dengan menggunakan bantuan power bank atau memakai baterai double power yang justru memiliki resiko. Saat ini sudah banyak cara menghemat baterai hp Android agar tidak mudah lowbat.

Cara Menghemat Baterai Hp Android Agar Tidak Mudah Lowbat

Cara Menghemat Baterai Hp Android Agar Tidak Mudah Lowbat

Seringkali anda mencoba mengatasi hp Android agar tidak mudah lowbat. Biasanya dengan melakukan cara mendiamkan saja dan tidak digunakan secara terus menerus. Namun ini tidak akan dapat bertahan lama karena kebutuhan anda dengan hp tidak dapat ditinggalkan. Menghemat baterai hp Android memang bukan perkara yang mudah. Oleh sebab itu, anda harus tahu bagaimana cara menghemat baterai agar tidak mudah lowbat.

Kumpulan Cara Menghemat Baterai Hp Android Agar Tidak Mudah Lowbat

Saat ini ada banyak cara yang dapat anda lakukan untuk menghemat baterai hp Android agar tidak mudah habis. Baterai hp Android memang rentan boros karena kebiasaan anda yang sering menggunakannya. Ternyata beberapa aplikasi yang berjalan di layar tanpa dikeluarkan terlebih dahulu akan memicu baterai hp anda mudah boros atau cepat drop. Jika baterai anda tidak mudah drop, maka akan membuat hp anda lebih awet. Cara yang dapat anda gunakan diantaranya :

Hentikan Aplikasi yang Boros Baterai

Hentikan Aplikasi yang Boros Baterai

Menghentikan aplikasi yang boros merupakan cara pertama yang dapat anda gunakan. Mengecek kapasitas aplikasi-aplikasi yang digunakan dapat mengantisipasi baterai anda agar tidak mudah drop gara-gara aplikasi boros beroperasi. Anda dapat mengunjungi setting dan datang ke menu baterai dan performance.

Kemudian pilih power usage. Di sini menyediakan pengaturan aplikasi mana saja yang boros baterai. Setiap hp Android memiliki pengaturan yang berbeda-beda, akan tetapi menu pengecekan fungsi baterai tersebut sudah tersedia pada hp keluaran terbaru.

Atur Tingkat Kecerahan Layar

Atur Tingkat Kecerahan Layar

Mengatur kecerahan layar adalah menentukan kenyamanan bagi anda saat memandang layar hp Android. Namun anda harus ingat jika semakin terang layar maka semakin banyak daya yang dibutuhkan. Oleh sebab itu, agar baterai hp Android tidak mudah lowbat, atur kecerahan layarnya. Sesuaikan dengan kebutuhan serta kenyamanan anda saat menggunakannya. Anda dapat mengaturnya menggunakan fitur Auto.

Fitur Auto Brightness memiliki fungsi untuk dapat menyesuaikan tingkat kecerahan layar sesuai dengan lingkungan sekitar. Saat anda berada di tempat terang, sensor tersebut akan menyesuaikan menjadi lebih terang. Sedangkan jika anda berada di area sedikit gelap, maka sensor layar dapat menurunkan tingkat kecerahan secara otomatis. Ada beberapa hp Android yang memiliki fitur tersebut, namun solusinya anda harus mengaturnya secara manual.

Jangan Tinggalkan Aplikasi Berjalan di Background

Jangan Tinggalkan Aplikasi Berjalan di Background

Cara menghemat baterai hp Android agar tidak mudah lowbat selanjutnya dengan cara jangan biarkan aplikasi berjalan di background. Banyaknya aplikasi yang tersedia di hp Android membuat anda melakukan multitasking. Hal ini mempermudah anda untuk membuka aplikasi kembali tanpa harus merestarnya.

Sebenarnya kegiatan tersebut dapat membuat baterai anda lebih boros. Lantaran aplikasi tersebut berjalan di sistem ponsel dan memori. Baterai agar tidak mudah lowbat, sebaiknya tutup aplikasi yang tidak digunakan agar baterai tidak jebol dan mudah rusak.

Cas Hp Android dengan Benar

Cas Hp Android dengan Benar

Melakukan pengecasan hp jika tidak benar justru akan menimbulkan masalah pada hp tersebut. Hindari kebiasaan buruk saat mengecas agar tidak mengurangi kualitas baterai tersebut. Jangan biasakan mengecas hp saat baterai dalam posisi benar-benar habis. Anda dapat mengecas saat baterai masih 1%.

Kemudian hp matikan dan lakukan pengecasan. Jangan nyalakan sebelum baterai penuh. Jika bisa anda lakukan pengecasan pada malam sangatlah dianjurkan. Akan tetapi perlu anda ingat bahwa pengecasan secara berlebihan justru akan memperpendek umur baterai.

Baca Juga: Inilah Cara Menghilangkan Iklan di Aplikasi Android Dengan Lucky Patcher

Gunakan Fitur Power Saving dalam Ponsel

Gunakan Fitur Power Saving dalam Ponsel

Cara selanjutnya yang dapat anda lakukan yaitu dengan menggunakan fitur power saving. Fitur power saving dapat membantu menghemat baterai Android. Hal ini dikarenakan fitur ini dapat mengatur aplikasi yang dapat berjalan dilatarbelakangi agar mampu menghemat baterai. Fitur power saving akan membatasi kemampuan hp Android dan fitur penting yang akan berjalan. Misalnya telepon, SMS, internet dan yang lainnya sehingga penggunaan baterai akan lebih efisien.

Beberapa cara menghemat baterai hp Android agar tidak mudah lowbat dapat anda lakukan. Hal ini bertujuan agar baterai anda tidak boros dan pastinya awet. Anda tidak perlu menggunakan aplikasi apapun untuk membuat baterai tidak mudah lowbat. Hanya perlu menyesuaikan pengaturan smartphone dapat berpengaruh pada daya tahan baterai. Akan tetapi semua tergantung dengan pemakaian masing-masing pemiliknya.

Artikel Menarik Lainnya :

Leave A Reply

Your email address will not be published.