Cara Menghapus Malware di Android yang Tidak Bisa Dihapus

Diposting pada

Cara Menghapus Malware di Android yang Tidak Bisa Dihapus – Smartphone android yang anda miliki bisa digunakan untuk menjalankan program yang anda inginkan. Didalamnya terdapat banyak aplikasi dan juga game yang bisa diunduh atau digunakan. Akan tetapi yang jadi masalah adalah saat aplikasi yang ada terjangkit virus.

Bahkan aplikasi ini adalah virus yang menyamar jadi program yang dibutuhkan. Hal ini tentunya sangat berbahaya karena virus bisa membahayakan android anda. Lantas bagaimana cara menghapus malware di android yang tidak bisa dihapus?

Cara Menghapus Malware di Android yang Tidak Bisa Dihapus

Cara Menghapus Malware di Android yang Tidak Bisa Dihapus

Cara menghapus malware di Android yang tidak bisa dihapus adalah salah satu solusi yang akan kami bagikan untuk anda saat ini. Dengan demikian, android anda bisa terbebas dari virus yang sifatnya mengintai merusak dan mencuri data.

1. Memasang Antivirus yang Terbaik

Memasang Antivirus yang Terbaik

Salah satu cara yang paling mudah untuk mengatasi android anda terkena virus adalah dengan menginstall antivirus yang handal di perangkat anda. Seringkali anda menyepelekan fungsi antivirus.Padahal ancaman virus sudah terbukti setiap waktu mengintai.

Bagaimanapun virus adalah salah satu yang membahayakan untuk data dan perangkat anda. Agar bisa menghapus virus berbahaya yang sulit dihapus tentunya butuh antivirus yang handal. Punya database pengenalan virus yang bisa menghapus virus arti malware trojan dan virus berbahaya yang lain.

Bila perangkat android anda punya ram yang besar atau minimal 2 GB maka lebih baik membeli antivirus. Sebab bila anda menggunakan antivirus free tentu fitur yang ada didalamnya hanya terbatas.

Anda dapat mencari aplikasi antivirus android terbaik agar bisa menghilangkan virus yang ada. Saat anda membeli yang resmi dan tidak mendownload dari sumber yang lain dapat dipastikan perangkat android anda akan aman.

Baca Juga: 5 Aplikasi Anti Virus Terbaik untuk Smartphone Android

2. Pantau Notification Panel

Pantau Notification Panel

Salah satu cara menghapus virus yang tidak bisa dihapus di android bisa dilakukan dengan pemantauan menggunakan notification panel. Disini anda bisa menggunakan tool add-ons. Cara ini sangat membantu untuk mengetahui apa saja aplikasi yang dapat memunculkan notifikasi pada notification panel.

Dengan menerapkan cara ini maka anda dapat memantau aplikasi yang menjadi penyebab munculnya malware tersebut. Ada beberapa langkah yang bisa anda ikuti. Pertama buka add-ons detector, kemudian klik notification monitor. Selanjutnya klik ON atau Aktif, lalu jangan lupa centang di tulisan add-ons detector.

Anda tinggal menunggu hingga iklan muncul jika anda sudah mengaktifkan fitur ini. Sebenarnya anda dapat keluar dari aplikasi Add-ons detector, lalu melakukan berbagai aktivitas lain.

Selanjutnya setelah iklan muncul anda bisa membuka fitur notification monitor dan anda akan tahu aplikasi apa yang baru saja menampilkan iklan. Jika sudah tahu aplikasinya anda dapat meng uninstall nya lewat menu pengaturan.

3. Masuk ke Safe Mode

Masuk ke Safe Mode

Anda bisa masuk ke safe mode, cara ini dinilai efektif dalam menghapus malware yang mengakibatkan hp android anda terkena virus. Tekan tombol “power” agar bisa reboot hp android.

Lalu tekan dan tahan “power off” nanti akan muncul pilihan dan anda klik “reboot to safe mode” dan klik OK. Lalu anda bisa mengecek file mana yang dicurigai dan aplikasi yang sudah terkena virus. Dengan demikian ini ampuh untuk menghapus virus yang menjangkiti android anda.

4. Melakukan Hard Reset

Melakukan Hard Reset

Ada berbagai macam jenis malware yang bisa mencegah anda melakukan safe mode. Bila perangkat anda terinfeksi malware ini maka anda harus melakukan hard reset dengan melepas baterai dari perangkat android lalu memasangnya kembali.

Di dalam perangkat android yang memakai baterai tanam anda tak perlu khawatir. Karena hard reset bisa dilakukan dengan cara menekan dan menahan tombol power dengan bersamaan sekitar 10 detik. Lalu ketika perangkat sedang booting tekan dan tahan kedua tombol volume agar bisa masuk ke safe mode.

5. Mengecek Aplikasi yang Terakhir Diinstall

Mengecek Aplikasi yang Terakhir Diinstall(1)

Anda bisa mencoba untuk mengecek aplikasi apa yang paling terakhir diinstal. Bila sebelumnya anda tidak pernah memperoleh iklan yang aneh namun suatu saat tiba-tiba muncul iklan full screen, sampai konten yang berbau pornografi. Ini bisa mengakibatkan hal buruk bagi android anda.

Solusinya yaitu dengan menghapus atau uninstall aplikasi yang telah dicurigai. Caranya pertama buka aplikasi add-on detector. Bila anda belum memilikinya, anda bisa mendownloadnya terlebih dahulu lalu klik scan dan klik instal date.

Mengecek Aplikasi yang Terakhir Diinstall(2)

Nantinya akan muncul daftar aplikasi yang telah diurutkan berdasarkan tanggal penginstalan. Bila sudah tampil anda cari kira-kira mana aplikasi yang terakhir diinstal. Selanjutnya klik aplikasi akan dihapus klik Manage App dan klik Uninstall atau bisa juga klik copot pemasangan.

Bila anda merasa bingung atau tidak yakin aplikasi mana yang mengakibatkan masalah atau munculnya iklan yang mengganggu. Anda bisa uninstall atau hapus beberapa aplikasi terakhir yang tidak terlalu diperlukan. Ini bisa menjadi cara menghapus malware di android yang tidak bisa dihapus.

Demikian informasi diatas, semoga bermanfaat bagi Anda. Terimakasih 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *