Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Di Windows 10 Dengan Mudah

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Di Windows 10 Dengan Mudah – Memiliki Windows 10 dengan segala macam fitur yang disediakan memang menjadikan software berikon jendela ini sangat digemari. Termasuk didalamnya terdapat aplikasi-aplikasi yang dapat diandalkan untuk membantu pekerjaan-pekerjaan kita untuk lebih mudah diselesaikan. Pantas saja jika perangkat lunak ini sangat laris manis dipasaran khususnya di Indonesia.

Karena saking banyaknya aplikasi mungkin beberapanya tidak ada yang digunakan karena memang dianggap tidak terlalu berguna. Hal ini menjadikan aplikasi tersebut sebagai “spam” saja karena keberadaannya hampir tidak pernah digunakan. Alangkah baiknya jika aplikasi tersebut sebaiknya di uninstall saja agar dapat bermanfaat juga untuk menghemat kapasitas penyimpanan.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Di Windows 10

Tetapi apakah bisa aplikasi bawaan Windows 10 di uninstall? Tetap bisa, namun bagaimana caranya? Caranya kamu bisa simak dibawah ini ya!

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Di Windows 10 Dengan Mudah

Ternyata bukan hanya di Android saja yang aplikasi bawaannya bisa dihapus, melainkan di Windows 10 pun juga bisa tetapi harus menggunakan bantuan software pihak ketiga, mengapa? Sebenarnya di Windows sendiri sudah memiliki fitur untuk menghapus aplikasi dan software pada control panel, namun fitur tersebut masih belum mampu untuk menuntaskannya. Maka dari itulah kamu harus menggunakan software pihak ketiga. Langsung saja masuk ke tutorialnya berikut ini.

  1. Sebelumnya download terlebih dahulu software berikut ini: Download iObit Uninstaller V8.3 (11MB).
  2. Kemudian install software -nya sesuai dengan panduan instalasi yang sudah Admin sediakan didalamnya.
  3. Sesudah install, jalankan aplikasinya dan silakan buka menu Windows Apps.Windows Apps
  4. Pilih aplikasi Windows -nya. Jika kamu ingin menghapus aplikasi lebih dari satu, silakan klik pada kotak kecil untuk memberikan centang lalu setelah itu klik Uninstall. Tetapi jika hanya ingin satu, langsung saja klik ikon “tong sampah”.Pilih Aplikasi Windows
  5. Lanjutkan dengan klik Uninstall untuk segera menghapus aplikasi bawaannya.Lanjut Dengan Uninstall
  6. Tunggu prosesnya hingga selesai.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan di Windows 10 tanpa Aplikasi

Anda dapat menguninstall aplikasi bawaan di windows 10 tanpa aplikasi, cara ini dapat dilakukan melalui PowerShell. Anda dapat mengaksesnya dengan langkah berikut: Search > PowerShell > Klik Kanan, Run as Administrator.

Setelah itu silahkan copy dan paste command Get-AppxPackage –AllUsers dan ketik command dibawah ini untuk menghapus aplikasi bawaan windows 10 yang Anda inginkan

Aplikasi BawaanCommand
3D printingGet-AppxPackage *3d* | Remove-AppxPackage
Xbox appGet-AppxPackage *xbox* | Remove-AppxPackage
Money/Sports/News/WeatherGet-AppxPackage *bing* | Remove-AppxPackage
Music and TV/VideosGet-AppxPackage *zune* | Remove-AppxPackage
PhotosGet-AppxPackage *photo* | Remove-AppxPackage
Mail/CalendarGet-AppxPackage *communi* | Remove-AppxPackage
SolitaireGet-AppxPackage *solit* | Remove-AppxPackage
Phone integrationGet-AppxPackage *phone* | Remove-AppxPackage
Voice RecorderGet-AppxPackage *soundrec* | Remove-AppxPackage
CameraGet-AppxPackage *camera* | Remove-AppxPackage
PeopleGet-AppxPackage *people* | Remove-AppxPackage

Jika Anda ingin menghapus semua aplikasi bawaan di windows 10 sekaligus, maka jalankan command ini: Get-AppxPackage -AllUsers | Remove-AppxPackage. Akan tetapi, ketika Anda membuat user baru dan login maka aplikasi bawaan tersebut akan muncul kembali, jika Anda tetap tidak ingin user baru memiliki aplikasi bawaan juga maka ikuti command berikut untuk mencegahnya: Get-AppXProvisionedPackage -online | Remove-AppxProvisionedPackage –online

Setelah menghapus aplikasi bawaan Windows 10, Admin menyarankan untuk me-restart PC setelah melakukan tindakan tersebut dengan tujuan untuk mencegah terjadinya error dan memastikan bahwa penghapusan aplikasi bawaan telah bersih 100%.

Jangan khawatir untuk terkena terjadinya kesalahan sistem pada PC kamu, karena PC Admin tetap baik-baik saja setelah melakukan uninstall aplikasi. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Artikel Menarik Lainnya :

Leave A Reply

Your email address will not be published.