Bagaimana Cara Menghapus Akun WhatsApp dan Apa Efeknya?

Diposting pada

Bagaimana Cara Menghapus Akun WhatsApp dan Apa Efeknya? – Cara menghapus akun WhatsApp memang sudah disediakan sejak dulu. Walaupun begitu banyak orang tidak menggunakan fitur ini karena pentingnya koneksi yang dihasilkan dengan aplikasi ini. Aplikasi ini bahkan bisa dibilang tidak terpisahkan jika Anda memiliki smartphone. Mulai dari menjadi alat pengganti SMS, alat berhubungan yang lebih efektif dengan fitur group dan fleksibel digunakan.

Hal seperti telepon dan post gambar sekarang bahkan lebih mudah lewat WhatsApp. Orang jarang menggunakan telepon langsung dari smartphone dan mengirim gambar lewat e-mail atau MMS. Kemudahan ini akan hilang jika Anda menghapus akun WhatsApp Anda.

Alasan Menghapus Akun WhatsApp

Orang yang ingin menghapus akun WhatsApp tentu memiliki alasan tersendiri. Berikut adalah beberapa contoh alasan yang menyebabkan orang menghapus akun WhatsApp-nya

Kasus pencurian akun Facebook. WhatsApp adalah perusahaan yang dibeli Facebook dan sekarang beroperasi di bawahnya. Kasus akhir 2017 yang terjadi di Facebook tentang kebocoran ratusan ribu akun membuat orang gelisah. Hal ini juga menunjukan bahwa pihak Facebook tidak begitu baik untuk menjaga privasi. Alasan inilah yang membuat orang ingin lepas dari WhatsApp dan menggunakan aplikasi lain seperti Line dan Telegram.

Mengganggu kehidupan sehari – hari. Hal ini biasanya terjadi pada anak – anak yang kecanduan chating. Untuk mengajarkan anak agar tidak teralihkan dengan chat di WhatsApp, banyak orang tua yang akhirnya menghapus akun anaknya di aplikasi ini. Contoh alasan Lain masih banyak, tapi contoh di atas adalah yang paling umum mendasari orang menghapus akun WhatsApp.

Berikut Cara Menghapus Akun WhatsApp 

Bagaimana Cara Menghapus Akun WhatsApp dan Apa Efeknya

Cara menghapus akun WhatsApp sebetulnya sangat simple. Berikut adalah langkah lengkap yang bisa diikuti

  1. Buka aplikasi WhatsApp dan pergi ke menu Setelan. Untuk akses menu ini, pilih More Option pada menu di kanan atas yang berbentuk titik tiga.
  2. Di menu Setelan, Anda klik pilihan Account
    cara menghapus akun whatsapp
  3. Di dalam menu Account, Anda akan ada beberapa pilihan yang bisa dipilih. Tapi untuk delete akun, Anda bisa langsung ke pilihan paling bawah yaitu Hapus Akun Saya.
    cara untuk menghapus akun whatsapp
  4. Klik pilihan Hapus Akun Sayadan Anda akan diberi warning. Warning ini mengingatkan bahwa jika Anda menghapus akun, Anda akan kehilangan chat history, group dan back-up yang ada di Google Drive.
  5. Jika yakin menghapus, masukan nomor WhatsApp Anda dan konfirmasikan dengan mengklik Hapus Akun Saya untuk menyelesaikan proses.

Cara menghapus akun WhatsApp ini tidak ribet dan terkesan mudah, tapi imbasnya cukup besar. Semua informasi yang seharusnya jadi memori akan hilang selamanya.

Apa yang Terjadi Pada Akun WhatsApp yang Sudah Dihapus?

Dalam website official WhatsApp sendiri juga menerangkan apa yang terjadi jika akun Anda di hapus

  • Anda tidak dapat lagi mengakses akun yang sudah di delete.
  • Backup akan butuh proses selama 90 hari untuk benar – benar bersih dari sistem, Tapi selama hal ini berlangsung, Anda tidak bisa mengakses file ini.
  • User lain tetap dapat menyimpan chat, gambar dan video yang Anda share dan kirim. History di tempat user lain tetap aman dan terpisah.
  • Log chat dan database record buatan Anda masih bisa di akses orang lain jika Anda share. Tapi identitas Anda akan tidak diperlihatkan sebagai pemilik log chat dan database record tersebut.

Untuk penggunaan hukum, informasi akun yang sudah Anda serahkan pada WhatsApp akan tetap disimpan. Hal ini sudah tercantum pada Privacy Policy yang dimiliki oleh WhatsApp. Informasi personal dan data yang digunakan dan dibagi oleh perusahaan Facebook dari WhatsApp juga akan dihapus.

Tapi jika Anda sudah tidak memiliki nomor WhatsApp tersebut seperti hilang ataupun keblokir, maka cara menghapus akun whatsapp yang nomornya sudah tidak aktif itu saya sarankan Anda memblokir seluruh kontak saja. Ataupun jika Anda mengabaikan akun WhatsApp tersebut, setidaknya beritahu ke kontak Anda bahwa Anda ingin tidak menggunakan akun WhatsApp itu lagi.

Baca Juga Artikel Menarik Seputar WhatsApp Lainnya : 

Jadi informasi hanya bisa disimpan oleh WhatsApp untuk keperluan hukum di atas. Nah, mudah-mudahan informasi Bagaimana Cara Menghapus Akun WhatsApp dan Apa Efeknya? dapat berguna dan informatif untuk Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *