Cara Mudah Menggunakan Google Maps Secara Offline

Diposting pada

Cara Mudah Menggunakan Google Maps Secara Offline – Sering kali kita menggunakan google maps sebagai sarana penunjuk lokasi atau sebagai peta. Google maps sangat sering digunakan oleh banyak orang dan sangat membantu. Ketika Anda kesulitan mencari suatu tempat atau daerah Anda tidak perlu khawatir untuk mencari tempat tersebut. Anda cukup menggunakan google maps sebagai penunjuk arah.

Hanya saja, pada saat menggunakan google maps, Anda harus menggunakan data selular, sering kali sinyal yang tidak mendukung membuat Anda tidak bisa menggunakan google maps. Perlu Anda ketahui bahwa google maps menyediakan fitur secara offline. Apabila Anda mengalami kesulitan pada sinyal, Anda akan tetap bisa menggunakan google maps secara offline. Anda hanya cukup mendownload peta atau maps untuk menggunakan google maps secara offline ini. Simak ulasan berikut mengenai cara mudah menggunakan google maps secara offline.

Cara Menggunakan Google Maps Secara Offline

Cara Mudah Menggunakan Google Maps Secara Offline

Berikut cara mudah menggunakan google maps secara offline :

1. Mendownload Peta

Cara yang pertama Anda harus mendownload peta yang ada di google maps. Anda dapat menyimpan peta yang sudah didownload di perangkat Anda atau kartu SD. Apabila Anda ingin mengubah penyimpanan peta , Anda harus melakukan download peta lagi.

Mendownload Peta

  • Buka aplikasi Google Maps yang ada diponsel Anda.
  • Pastikan Anda sudah terhubung ke Internet.
  • Telusuri tempat yang ingin Anda cari dengan google maps.

Mendownload Peta2

  • Di bagian bawah tap nama terdapat pilihan petunjuk arah, simpan, bagikan tempat dan download. Anda pilih download. Jika Anda menelusuri tempat seperti restoran, tap Lainnya lalu Download peta offline lalu Download. Tunggu hingga proses download peta selesai.

2. Menyimpan peta offline di kartu SD

Selain cara pertama yang Anda lakukan, Anda juga bisa mendownload peta kemudian Anda simpan ke kartu SD. Berikut cara menyimpan peta offline di kartu SD.

Menyimpan peta offline di kartu SD

  • Masukkan kartu SD ke perangkat ponsel Anda.
  • Buka aplikasi Google Maps yang ada diponsel Anda.
  • Di sebelah kiri atas, terdapat tanda garis tiga, lalu Anda pilih Peta offline.

Menyimpan peta offline di kartu SD2

  • Di kanan atas Anda pilih menu setelan.
  • Lalu di bagian “Preferensi penyimpanan”, Anda pilih Perangkat kemudian Anda pilih Kartu SD.

3. Menggunakan Hemat baterai dan kuota

Selain dengan cara mendownload Anda bisa menggunakan peta secara offline namun Anda bisa menggunakan aplikasi lain yang menggunakan data selular.

Menggunakan hemat baterai

  • Buka aplikasi Google Maps yang ada diponsel Anda.
  • Di sebelah kiri atas, terdapat tanda garis tiga, lalu Anda aktifkan Hanya Wi-Fi.
  • Kemudian Anda dapat menggunakan peta offline sebagai petunjuk arah

4. Menggunakan peta offline

Setelah Anda mendownload suatu area atau peta, Anda tidak perlu khawatir apabila jaringan internet Anda lambat atau tidak ada. Anda sudah bisa menggunakan google maps secara oflline. Anda dapat melakukan petunjuk arah dan melihat rute, menggunakan navigasi, dan menelusuri lokasi.

Hanya saja pada saat Anda menggunakan google maps secara offline Anda tidak bisa melakukan petunjuk arah angkutan umum, bersepeda, atau berjalan kaki. Dalam petunjuk arah, Anda juga tidak mendapatkan informasi lalu lintas, rute alternatif, atau panduan jalur. Demikian informasi diatas, semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian Terimakasih 😊

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *