Cara Menggunakan Find my iPhone untuk Perangkat Apple yang Hilang

Diposting pada

Cara Menggunakan Find my iPhone untuk Perangkat Apple yang Hilang – Terkadang, seringkali kita meninggalkan iPhone begitu saja. Saat teringat iPhone tersebut ternyata sudah tak ada di tempatnya, bahkan mungkin sudah berpindah tangan. Saat iPhone hilang atau dicuri, Apple menawarkan fasilitas gratis yang bisa membantu Anda untuk menemukan perangkat Anda kembali. Bahkan bila mungkin Anda tidak bisa mendapatkannya kembali, maka Anda bisa mencegah pencuri untuk mendapat data pribadi dari pengguna iPhone. Anda bisa menerapkan cara menggunakan Find my iPhone untuk solusi masalah ini.

Cara Menggunakan Find my iPhone untuk Perangkat Apple yang Hilang

Cara Menggunakan Find my iPhone untuk Perangkat Apple yang Hilang

Cara menggunakan Find My iPhone adalah salah satu cara yang bisa anda lakukan bila anda kehilangan iPhone anda. Apple telah menyematkan fitur bernama Cari iPhone Saya atau Find My iPhone yang telah diluncurkan pada 2010. Layanan yang satu ini dapat anda gunakan untuk mencari iPhone yang dicuri atau hilang. Dengan catatan iPhone tersebut memakai iOS 8 ke atas.

Aplikasi yang bernama Find My iPhone ini juga dapat anda pakai untuk mencari berbagai perangkat keluaran Appe lain. Seperti iPod Touch, iPad, AirPods, Apple Watch dan Mac saat hilang. Daripada Anda penasaran, mari kita simak informasi selengkapnya tentang bagaimana menggunakan aplikasi Find My iPhone agar bisa mencari iPhone Anda yang hilang.

1. Mengatur Aplikasi Find My iPhone

Mengatur Aplikasi Find My iPhone

Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan Find My iPhone ini, terlebih dahulu Anda harus mengaktifkan fitur ini lebih dulu. Caranya bisa dilakukan dengan klik menu Settings yang terdapat pada Home screen. Jika sudah dilakukan, lanjut pada langkah berikutnya yaitu dengan klik Apple ID Anda dan pilih menu iCloud. Bila Anda belum mempunya Apple ID, maka Anda bisa memilih opsi Create a new Apple ID.

Dari sini Anda tinggal mengikuti petunjuk yang ada selanjutnya. Bila Anda adalah pengguna iOS 10.2 ke bawah, maka Anda bisa langsung masuk ke menu iCloud setelah klik menu Settings. Sesudah masuk ke menu iCloud, Anda bisa melihat berbagai macam aplikasi yang tersedia. Tinggal Anda scroll ke bawah dan carilah aplikasi Find My iPhone.

Setelah itu tinggal Anda klik. Langkah berikutnya, Anda aktifkan Find My iPhone dan juga Send Last Location sampai tombolnya berubah warna menjadi warna hijau. Salah satu hal yang harus Anda ingat adalah bila sudah mengatur Find My iPhone, maka secara otomatis aplikasi seperti AirPods dan Apple Watch ikut aktif.

Baca Juga: Cara Melacak HP Android yang Hilang Menggunakan Nomor IMEI

2. Menggunakan Find My iPhone

Menggunakan Find My iPhone

Bila anda sudah mengaktifkan Find My iPhone, maka sekarang Anda sudah bisa menggunakannya untuk mencari iPhone yang hilang. Langkah-langkah yang bisa Anda tempuh adalah sebagai berikut:

  • Membuka Situs iCloud dan Juga Aplikasi Find My iPhone

Agar Anda bisa mencari iPhone Anda yang hilang, maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan cara membuka situs iCloud.com. Situs ini bisa Anda buka melalui browser komputer dan juga smartphone. Kemudian Anda sign in dengan cara memasukkan Apple ID dan juga Password. Anda juga dapat mencari perangkat Apple yang hilang seperti iPhone dari perangkat iOS lainnya. Caranya Anda tinggal unduh aplikasi Find My iPhone yang terdapat di Apple App Store.

  • Membuka Menu Find My iPhone

Membuka Menu Find My iPhone

Jika Anda sudah masuk ke aplikasi Find My iPhone, Anda tinggal pilih menu Find My iPhone dengan warna hijau. Kemudian Anda klik All Devices yang terdapat di bagian tengah atas layar. Lalu Anda klik iPhone Anda yang ingin dicari. Jika cara tersebut sudah dilakukan, Anda tinggal lihat lokasi dari iPhone yang ada di layar.

Titik hijau ini menandakan bahwa perangkat anda saat ini sedang online. Sementara untuk titik abu-abu bisa menandakan perangkat Anda sedang offline. Bila iPhone Anda dalam kondisi mati atau baterainya sedang habis, maka peta tersebut bisa menunjukkan lokasi terakhir iPhone Anda.

  • Mencari iPhone

Mencari iPhone

Saat terlihat iPhone sedang online, Anda bisa klik titik tersebut. Dalam pencarian iPhone ini bisa dilakukan dengan tiga opsi. Apa saja itu? Berikut penjelasan lengkapnya:

Lost Mode: Cara ini bila iPhone Anda hilang di sebuah tempat dan kemungkinan ditemukan orang lain. Selain itu, opsi ini juga bisa dipakai bila iPhone Anda dicuri seseorang. Anda dapat mengunci iPhone dengan kode kunci ponsel jarak jauh. Pesan khusus bisa ditampilkan dengan nomor kontak pada lock screen dan bisa juga untuk melacak perangkat.

Play Sound: cara ini bisa Anda pilih bila iPhone masih ada dalam jarak yang dekat dengan Anda. Bila Anda pilih opsi ini, maka iPhone bisa memainkan suara yang bisa membantu Anda menemukannya.

Erase iPhone: Cara menggunakan Find My iPhone ini dapat dipilih bila Anda khawatir tidak bisa menemukan iPhone Anda kembali. Atau bila Anda khawatir informasi pribadi Anda dalam iPhone jatuh ke orang lain. Opsi ini akan membuat semua informasi di dalam iPhone Anda akan terhapus. Termasuk kartu prabayar, debit, kredit untuk Apple Pay. Anda juga dapat melacaknya dengan menggunakan Find my iPhone.

Demikian informasi diatas, semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian, Terimakasih 🙂

Artikel Menarik Lainnya :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *