3 Cara Mengembalikan Kartu SIM yang Terblokir Permanen

Diposting pada

Cara mengembalikan kartu SIM yang terblokir permanen – Kartu SIM yang terblokir tentu akan menjadi hal yang sangat menyebalkan sebab akan membuat penggunanya tidak dapat melakukan dan menerima panggilan, bahkan Anda juga sudah tidak bisa lagi mengirim dan menerima SMS.

Beberapa penyebabnya seperti kartu hilang, atau belum diregistrasikan hingga melebihi batas waktu yang ditentukan oleh Kemenkminfo. Nah, apakah Anda juga mengalami hal demikian ? Mari kita cari tahu lebih dulu penyebabnya.

Penyebab Kartu SIM Diblokir

Yang pertama penyebab kartu SIM Anda diblokir adalah karena kartu SIM hilang. Setelah hilang dan tidak diperpanjang, kartu SIM mungkin menjadi tidak aktif lagi sehingga tidak dapat diisi pulsa. Pada akhirnya, kartu SIM Anda yang tidak aktif tersebut terblokir secara otomatis. Lalu penyebab kedua yakni dikarenakan kartu SIM Anda belum diregistrasikan. Sementara, batas akhir registrasi dari Kemenkominfo adalah 1 Mei 2018 lalu.

Jika Anda belum mendaftarkannya hingga sekarang, kartu SIM Anda kemungkinan akan terblokir sehingga tidak dapat digunakan untuk berkirim dan menerima pesan maupun melakukan dan menerima panggilan. Apabila penyebab kartu SIM Anda terblokir adalah karena belum registrasi, maka yang perlu Anda lakukan adalah segera meregistrasikannya.

3 Cara Mengembalikan Kartu SIM yang Terblokir Permanen

3 Cara Mengembalikan Kartu SIM yang Terblokir Permanen

1. Mengembalikan Kartu SIM yang Terblokir dengan Melakukan Registrasi Ulang

Cara mengembalikan kartu SIM yang terblokir permanen ini sangat mudah. Anda tinggal meregistrasikannya dengan cara mengirimkan SMS yang berisi informasi NIK dan nomor KK. Namun, ada sedikit perbedaan antara registrasi untuk pengguna baru dan pengguna lama.

  • Pengguna lama meregistrasikan kartu dengan cara mengirim SMS dengan format ULANG(spasi)NIK#NomorKK# lalu kirim ke 4444
  • Pengguna baru juga dapat meregistrasikan kartu dengan mengirimkan SMS dengan format REG(spasi)NIK#NomorKK# lalu kirim ke 4444.

Registrasi Ulang

2. Cara Mengaktifkan Kembali Kartu SIM Terblokir Melalui Situs Web Operator

Terkadang cara mengembalikan kartu SIM yang terblokir permanen gagal dilakukan lantaran sejumlah alasan. Seperti misalnya SMS gagal terkirim meski sudah diulang beberapa kali. Apabila hal tersebut terjadi, maka alternatif yang bisa Anda lakukan adalah mengunjungi situs web resmi operator untuk meregistrasikan ulang kartu SIM Anda.

Kunjungi situs web resmi sesuai operator seluler yang Anda gunakan lalu ikuti panduan yang terdapat di sana untuk meregistrasikan kartu Anda. Umumnya cara ini tidak dipungut biaya alias gratis. Jadi, hati-hati apabila ada situs web yang meminta Anda untuk membayarkan sejumlah biaya maka bisa jadi itu adalah penipuan atau bukan berasal dari situs web resmi operator.

Registrasi Via Website

3. Mengaktifkan Kembali Kartu SIM yang Terblokir dengan Mendatangi Gerai Operator

Pergi Ke Gerai Operator

Cara mengembalikan kartu SIM yang terblokir permanen yakni dengan mendatangi langsung gerai tempat layanan operator kartu SIM tersebut. Kemudian, mintalah kartu SIM yang baru namun tetap menggunakan nomor lama. Hal tersebut juga berlaku jika ternyata kartu SIM lama kembali ditemukan, padahal kartu SIM tersebut telah dinyatakan sudah hilang dan diblokir.

Jadi, sebenarnya tidak masalah apabila kartu Anda terblokir bahkan secara permanen. Anda bisa menghidupkannya kembali dengan cara membuat kartu SIM yang baru namun memakai nomor yang lama. Namun, biasanya operator memiliki syarat tertentu yang harus dipenuhi jika Anda ingin membuat kartu SIM baru. Syarat-syarat tersebut di antaranya:

  • Kartu keluarga (KK)
  • Nomor Induk Kependudukan (NIK) atau nomor Kartu Tanda Penduduk (KTP)

Data-data tersebut diperlukan untuk menunjukkan identitas sesuai dengan data yang telah diregistrasi. Tujuannya agar pengguna kartu SIM dapat memperlihatkan bukti fisik nomor NIK pada e-KTP. Bagi pengguna yang belum memiliki e-KTP maka bisa melihat NIK-nya yang ada pada Kartu Keluarga atau KK. Itulah cara mengembalikan kartu SIM yang terblokir permanen.

1 komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *