Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Memory Internal Android Dijamin Berhasil

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Memory Internal Android Dijamin Berhasil – Ketika sedang melakukan aktivitas atau sedang melakukan kegiatan bersama biasanya akan diabadikan dengan jepretan foto. Oleh karena itu, foto memiliki arti yang sangat penting. Apalagi jika foto tersebut berkaitan dengan momen-momen penting atau istimewa.

Misalnya momen ketika berulang tahun, ketika wisuda, dan momen berharga lainnya. Hal yang menjadi masalah adalah ketika smartphone mengalami eror dan semua foto tersimpan di memori internal. Kemungkinan besar semua foto yang tersimpan di memori internal akan hilang dengan sendirinya.

Keadaan itulah yang membuat seseorang kecewa atau kesal. Sebagian orang akan berpikir bahwa foto-foto yang hilang tidak bisa dikembalikan namun sebenarnya foto-foto tersebut bisa dikembalikan. Cara mengembalikan foto yang terhapus di memory internal android memang dirasa sulit jika orang tersebut benar-benar tidak paham dengan caranya.

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Memory Internal Android Dijamin Berhasil

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Memory Internal Android Dijamin Berhasil

Foto merupakan kenangan yang bisa diabadikan sepanjang masa. Namun jika hilang pasti ada usaha untuk mengembalikannya. Mengembalikan foto yang hilang bisa dilakukan dengan mudah jika sudah paham caranya. Berikut cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan foto yang telah terhapus.

1. Melakukan restore foto langsung di smartphone

Cara mudah yang dapat dilakukan untuk mengembalikan foto adalah tanpa menggunakan aplikasi maupun root. Apakah bisa mengembalikan foto yang telah dihapus tanpa aplikasi dan tanpa root? Tentu saja bisa yaitu dengan cara merestore foto.

Namun cara ini belum menjamin jika foto yang hilang bisa dikembalikan. Sebab cara ini juga memperhatikan bagaimana kondisi dari smartphone itu sendiri. Setiap ponsel pasti memiliki file cadangan atau backup layaknya seperti recycle bin yang ada di laptop.

Sehingga jika foto-foto yang hilang atau terhapus di memory internal masih memiliki file cadangannya. Apabila file cadangan belum dihapus maka foto-foto yang terhapus masih bisa dikembalikan. Langkah-lankah yang bisa anda lakukan adalah

Melakukan restore foto langsung di smartphone (1)

  • Langkah pertama adalah membuka smartphone kemudian pilih menu file manager
  • Apabila sudahh maka tekan ikon titik tiga yang berada di pojok kanan bawah.

Melakukan restore foto langsung di smartphone(2)

  • Setelah mengeklik ikon tersebut maka akan ada beberapa pilihan kemudian anda harus menekan tampilkan file tersembunyi
  • Setelah di klik maka terdapat beberapa file yang masuk dalam kategori thumbnail. File itulah yang merupakan cadangan dari beberapa foto yang sudah terhapus. Apabila anda membuka file tersebut maka anda bisa menemukan foto-foto yang sudah terhapus. Anda juga bisa memindahkan file thumbnail tersebut ke folder yang mudah untuk anda akses.

2. Memanfaatkan aplikasi Recovery Foto

Memanfaatkan aplikasi Recovery Foto

Jika cara yang pertama tidak bisa dilakukan maka anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yaitu Recovery Foto. Memang tidak hanya aplikasi recovery foto saja yang tersedia di Google playstore namun aplikasi ini terbukti untuk mengembalikan foto anda yang telah terhapus.

Cara ini bisa menjadi solusi bagi anda yang merasa kesulitan untuk mengembalikan foto dengan cara manual. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa ada beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk mengembalikan foto namun aplikasi ini tidak memerlukan root. Sehingga foto-foto anda bisa kembali dan smartphone juga aman.

Baca Juga: Kumpulan Aplikasi Baca Al Qur’an Untuk Smartphone

3. Menggunakan google photos yang ada di smartphone

Cara yang ketiga ini juga bisa menjadi solusi ketika anda kehilangan beberapa foto karena terhapus. Aplikasi Google Photos merupakan aplikasi resmi dari Google yang dapat digunakan untuk membackup foto-foto di smartphone.

Jika anda merasa memiliki foto-foto kenangan yang sangat penting maka anda bisa menyimpan dan membackupnya di Google Photos. Jika anda mengunakan aplikasi Google Photos kemungkinan besar cara mengembalikan foto yang terhapus di memory internal android dijamin berhasil. Ada beberapa langkah yang bisa anda ikuti yaitu:

Menggunakan google photos yang ada di smartphone

  • Masuk ke aplikasi google photos dengan akun anda
  • Langkah berikutnya adalah memilih menu folder trash atau sampah
  • Dari situlah anda bisa menemukan berbagai file yang tersimpan di memori internal namun sudah terhapus. Anda bisa mengekliknya dan mengembalikannya.

Dengan menggunakan aplikasi ini semua foto yang tersimpan di kartu memori namun sudah terhapus pun juga bisa dikembalikan.

4. Menggunakan alat bantu berupa laptop

Cara selanjutnya adalah menggunakan alat bantu berupa laptop. Cara ini bisa anda gunakan jika anda tidak inngin mengunduh aplikasi atau takut jika aplikasi yang diunduh memerlukan root. Cara yang keempat ini sebenarnya mudah untuk dilakukan jika anda memiliki laptop dan juga kabel data. Berikut ini langkah yang bisa anda ikuti dengan mudah.

Menggunakan alat bantu berupa laptop

  • Hidupkan laptop atau PC
  • Sambungkan ponsel dengan laptop atau PC menggunakan kabel data
  • Kemudian akan muncul nama perangkat yang tersambung. Langkah yang bisa anda lakukan adalah mengeklik perangkat tersebut lalu pilih folder yang telah dihapus.
  • Kemudian klik kanan dan pilih previous version. Lalu anda bisa mencari beberapa foto yang telah dihapus di android sebelumnya.
  • Jika terdapat file yang terhapus maka akan ada pemberitahuan tentang pengembalian foto yang telah terhapus

Cara mengembalikan foto yang terhapus di memory internal android dijamin berhasil bisa menggunakan keempat cara diatas. Sebab cara-cara diatas merupakan cara yang paling ampuh untuk mengembalikan foto yang terhapus. Demikian informasi diatas, semoga bermanfaat bagi Anda. Terimakasih 🙂

Artikel Menarik Lainnya :

Tentang Penulis

AnonyTun Team

AnonyTun Team

Tinggalkan Komentar