Cara Mengembalikan File yang Terformat di Memory Card Android Dengan Aplikasi

Diposting pada

Cara Mengembalikan File yang Terformat di Memory Card Android Dengan Aplikasi – File atau data merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan. Para pengguna teknologi akan cenderung lupa, lambat dan kurang maksimal dalam aktivitas tanpa adanya data. Bila kita kehilangan data seperti surat penting, sertifikat, piagam dan lain sebagainya, tentu saja akan merasa panik. Apalagi data yang hilang tersebut disimpan di media teknologi. Oleh karenanya, untuk meminimalisir hal tersebut, kami akan mengulas mengenai cara mengembalikan file yang terformat di memory card Android.

Cara Mengembalikan File yang Terformat di Memory Card Android

Cara Mengembalikan File yang Terformat di Memory Card Android

Biasanya kita menyimpan data atau file di berbagai tempat, seperti flashdisk, harddisk, memory card atau disimpan secara online. Masing-masing tempat penyimpanan tersebut memiliki kelebihan dan kelemahan yang berbeda. Misalnya saja jika menyimpan secara online, akan lebih aman namun tidak boleh sampai lupa password loginnya. Kemudian, bila menyimpan file di SIM card atau flashdisk, tentu saja juga punya kelemahan. Misalkan tanpa sengaja memformat atau salah klik, maka data yang ada akan hilang.

Pada saat ini, zaman semakin berkembang dengan adanya Android. Banyak aktivitas bisnis dikerjakan dengan memanfaatkan media tersebut. Dokumen-dokumen kantor dapat dengan mudah diedit dan disimpan melalui Android. Akan tetapi, kadang lupa melakukan backup sehingga data pada memory card hilang atau terformat.

Cara Mengembalikan File yang Terformat di Memory Card Android dengan Software Power Mini Tool

Terlebih dahulu anda download softwarenya, yakni Power Mini Tool. Kemudian install softwarenya dan pilih Mini Tool Power Data Recovery.

Software Power Mini Tool 1Selanjutnya akan muncul tampilan menu, anda dapat memilih Lost Partition Recovery. Pilih SIM card yang akan anda kembalikan file-filenya. Setelah itu, pilih menu Recover.

Software Power Mini Tool 2

Langkah selanjutnya adalah pilih Files yang kemudian akan berlangsung proses pengembalian data. Pada proses ini, mungkin akan membutuhkan waktu beberapa menit, tunggulah dengan sabar.

Software Power Mini Tool 3

Jika proses sudah selesai, anda harus memastikan bahwa file sudah benar kembali. Kemudian untuk menyimpannya pilih Save File. Anda dapat menyimpan di drive SIM card, jangan menyimpan di SIM cardnya. Apabila proses pengembalian telah selesai, pastikan kembali file atau data yang anda kembalikan sudah betul-betul kembali dan tidak rusak.

Cara mengembalikan file yang terformat di memory card sebenarnya dapat dilakukan dengan menggunakan banyak cara. Setelah melakukan pengembalian data atau Recovery Data, kadang tidak semua file kembali dalam keadaan yang lengkap. Selain itu juga kadang tidak utuh dan cacat. Oleh karena itu, bila anda telah melakukan recovery data dan file yang kembali tidak utuh, maka gunakan cara yang lain.

Cara Mengembalikan File yang Terformat di Memory Card Android dengan Easus Data Recovery

Langkah yang pertama adalah download Easus Data Recovery. Kemudian install aplikasi tersebut menggunakan laptop atau komputer dengan system operasi Windows. Jika sudah terpasang, maka mulai jalankan aplikasi tersebut.

Pastikan memory card sudah terhubung ke laptop atau komputer. Langsung koneksikan Android ke laptop atau computer. Kemudian pilih mode penyimpanan masal. Bisa juga dengan mencabut memory card dan memasangnya di card reader. Kemudian tekan Next.

Selanjutnya akan muncul tiga pilihan yakni Delete File Recovery, Complete Recovery dan Partition Recovery. Anda dapat langsung memilih Complete Recovery. Karena kita akan mengembalikan file pada memory card, maka pilih media memory card.

Easus Data Recovery 1

Proses scanning file pun akan dikerjakan. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memindai data tersebut tergantung dari kapasitas dari SIM card. Di samping itu juga ditentukan oleh jenis file yang tersimpan sehingga waktu scanning akan bertambah lama.

Easus Data Recovery 2

Jika proses scanning telah selesai, akan ada pilihan Partition yang umumnya ada 3 partisi. Anda dapat memilih partisi yang paling disarankan. Kemudian klik Next. Jika muncul banyak folder dan file, anda bisa pilih semua agar tidak bingung. Lalu klik Next.

Tentukan lokasi penyimpanan file hasil dari recovery tersebut. Sebaiknya pilih partition yang mempunyai ruang kosong paling banyak sehingga dapat menampung semua data hasil recovery. Proses penyimpanan ini kemungkinan membutuhkan waktu yang tidak sebentar, namun tidak lama seperti saat scanning. Cara mengembalikan file yang terformat di memory card Android dengan Easus Data Recovery telah selesai.

Easus Data Recovery 3

Baca Juga: Inilah Cara Menggabungkan Subtitle Dengan Film Secara Permanen di HP Android

Setelah selesai, anda perlu melakukan pemilahan terhadap file dari hasil recovery. Check folder yang telah anda pilih tadi sebagai tempat penampungan file. Pasalnya, hasil dari recovery pada umumnya tidak sama seperti ketika belum hilang. Bahkan seringkali menjadi tidak utuh atau lengkap, namun ada juga yang tetap sama seperti semula.

Untuk selanjutnya, sebaiknya anda membuat dua salinan di tempat yang berbeda supaya saat ada masalah, file tetap aman. Karena ada kalanya juga file tidak dapat direcovery. Namun anda dapat mencoba dengan menggunakan software Power Mini Tool atau Eaus Data Recovery untuk cara mengembalikan file yang terformat di memory card dengan mengikuti panduan-panduan yang sudah kami ulas dalam artikel ini. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *