Cara Mengatasi Touchscreen Rusak di Hp Android yang Dilakukan Sendiri

Diposting pada

Cara Mengatasi Touchscreen Rusak di Hp Android yang Dilakukan Sendiri – Cara mengatasi touchscreen rusak di hp Android kini sudah tersedia. Smartphone Android merupakan perangkat yang banyak digunakan saat ini. Kebanyakan orang banyak menggunakannya karena sistem Androidnya yang bagus. Cara pengoperasiannya juga mudah serta tersedia di berbagai jenis dan tipe hp. Semua Android sudah menggunakan layar sentuh atau yang biasa disebut dengan touchscreen.

Android juga tidak bisa lepas dari masalah touchscreen yang error. Oleh sebab itu, saat ini sudah tersedia cara mengatasi touchscreen rusak di hp Android. Bukanlah hal yang aneh jika touchscreen sering bermasalah di Android. Hal ini dapat dipengaruhi akibat banyaknya merk hp yang berbeda tipe layar touchscreennya. Misalnya hp iOS yang sangat berbeda dengan ponsel Android.

Cara Mengatasi Touchscreen Rusak di Hp Android

Cara Mengatasi Touchscreen Rusak di Hp Android

Ponsel mainstream kebanyakan sudah memiliki layar sentuh atau touchscreen. Ponsel Android memiliki fitur menarik dan unggul. Namun, Android juga tidak bisa terlepas dari namanya masalah. Salah satu yang dapat terjadi yaitu layar sentuhnya bermasalah atau error. Meski hal ini sudah biasa dikarenakan dalam sehari saja anda sudah menyentuh layarnya berapa kali.

Perlu diingat bahwa penyebab layar hp tidak bereaksi sering timbul akibat kerusakan LCD atau software di dalamnya. Akan tetapi selama tampilan layarnya tidak retak maka kesalahan tersebut dapat datang dari memorinya yang penuh. Hal ini juga bisa terjadi jika kapasitas RAM terlalu kecil. Meski demikian sistem yang masih berjalan dan belum di update juga bisa muncul sebagai gejalanya.

Inilah Cara Mengatasi Touchscreen Rusak di Hp Android

Jika hal ini terjadi pada hp Android anda, jangan panik. Anda tidak perlu terburu-buru membawanya ke service center. Ada beberapa cara awal untuk mengatasi kondisi seperti ini. Anda dapat melakukan cara ini jika touchscreen yang bermasalah tidak parah. Cara tersebut diantaranya:

1. Restart Ponsel

Restart Ponsel

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk mengatasinya yaitu dengan restart ponsel. Dengan melakukan cara ini, anda dapat mematikan semua fungsinya. Lakukan refresh layanan background di Android. Cara yang bisa dilakukan mudah saja. Caranya, tekan dan tahan tombol power, kemudian pilih restart tekan dan tahan beberapa detik. Jika semua sudah anda lakukan, alangkah baiknya tunggu beberapa detik dan hidupkan kembali.

2. Masuk ke Safe Mode

Masuk ke Safe Mode

Safe mode di Android memberikan kemungkinan hp anda dengan software kosong. Tanpa aplikasi maupun tanpa layanan yang sudah anda install sebelumnya. Apabila touchscreen dapat berjalan dengan normal di safe mode kemungkinan masalah yang timbul akibat pihak ketiga. Cara masuk ke safe mode yaitu tekan dan tahan tombol power. Selanjutnya lakukan tekan dan tahan tombol menu power off dan anda akan masuk pada safe mode. Klik Accept dan ponsel akan masuk ke safe mode. Jika anda ingin keluar dari safe mode, ulangi cara diatas namun pilih opsi Restart.

3. Diagnosa Display

Diagnosa Display

Saat ini hp Android sudah banyak tersedia aplikasi Google Play Store yang dapat mendiagnosa display ponsel anda. Display tester adalah salah satunya dan dapat anda peroleh secara gratis. Jika anda sudah install aplikasi ini, masuk ke tab test. Disini dapat dilakukan berbagai jenis tes, seperti deteksi dead pixels, burn-in layar OLED, status multi-touch dan yang lainnya. Jika hasil yang anda dapatkan positif setelah pengujian artinya touchscreen anda dalam keadaan normal.

4. Lepas Pelindung Layar

Lepas Pelindung Layar

Saat ini banyak orang yang menggunakan pelindung layar pada ponsel Android. Hal ini bertujuan agar layarnya tidak tergores dari hantaman saat jatuh. Akan tetapi panel plastik atau kaca ini justru dapat menghambat sinyal sentuhan saat anda mencapai panel display. Apabila touchscreen eror sebagian atau bahkan tidak respon sama sekali cobalah melepasnya. Hal ini mungkin terjadi akibat pelindung ponsel yang anda pakai. Meski tidak memperbaiki sepenuhnya, cara ini dapat meningkatkan respon di layar anda.

Baca Juga: Harga dan Spesifikasi HP Realme XT (Resmi Masuk Indonesia)

5. Tingkatkan Latensi Layar

Tingkatkan Latensi Layar

Cara mengatasi touchscreen rusak di hp Android selanjutnya yaitu dengan tingkatkan latensi layar. Hal ini dapat anda lakukan jika touchscreen error sebagian. Anda dapat menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga, seperti touchscreen repair. Aplikasi ini mampu bekerja dengan mengkalibrasi layar untuk mengurangi waktu respon. Biasanya aplikasi ini meminta anda untuk menyentuh sebagian layar. Berdasarkan internal ponsel, aplikasi ini dapat menurunkan latensi layar secara artifisial seoptimal mungkin.

6. Lepaskan SIM Card

Lepaskan SIM Card

Melepas SIM card juga dapat membantu mengatasi touchscreen bermasalah. Cara yang dapat anda lakukan hanya matikan ponsel dan cabut dari charger. Kemudian keluarkan SIM card dan memory card yang berada di ponsel. Selanjutnya nyalakan kembali ponsel anda dan cek apakah touchscreen bisa berfungsi. Jika normal, kemudian anda masukkan kembali beberapa perangkat satu per satu sampai teridentifikasi penyebabnya.

Jika touchscreen Android anda bermasalah gunakan cara diatas. Cara mengatasi touchscreen rusak di hp Android dapat dilakukan sendiri. Sehingga anda tidak perlu lagi repot-repot membawanya ke service center.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *