Ini Dia Cara Mengatasi Touch Screen Error Saat Charge Pada Hp Android

Ini Dia Cara Mengatasi Touch Screen Error Saat Charge Pada Hp Android – Memiliki smartphone Android bisa dikatakan sebuah kewajiban, terutama bagi orang-orang yang sangat membutuhkan alat komunikasi. Smartphone kini sudah dibekali dengan berbagai fitur canggih yang dapat menarik perhatian para pengguna. Salah satunya adalah pengisian baterai yang dapat dilakukan dalam waktu yang cepat atau fast charging. Namun apa jadinya jika touch screen hp mengalami error ketika sedang dicharge. Bagaimanakah cara mengatasi touch screen error saat charge pada hp Android?

Errornya touch screen memiliki banyak jenis mulai dari layar yang bergerak sendiri ketika digunakan pada saat dicharge, touch screen sering loncat ketika dicharge, dan lain sebagainya. Sebenarnya hal tersebut terjadi karena beberapa faktor mulai dari ketidaksesuaian kabel charge dengan smartphone Android. Apabila anda mengalami hal tersebut maka anda harus segera untuk mengatasinya.

Cara Mengatasi Touch Screen Error Saat Charge Pada Hp Android

Cara Mengatasi Touch Screen Error Saat Charge Pada Hp Android

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa touch screen error bisa disebabkan oleh berbagai hal. Mulai dari arus listrik yang tidak stabil sehingga membuat pengisian daya tidak stabil pula dan berakibat pada touch screen.

Selain itu, touch screen error juga bisa disebabkan oleh baterai yang bocor atau bisa juga karena layar smartphone dalam keadaan panas ataupun basah. Hal-hal tersebut yang menjadikan touch screen error. Apabila smartphone anda mengalami hal tersebut maka anda perlu mengetahui cara mengatasi touch screen error saat charge pada hp android. Simak penjelasan berikut ini.

Gunakan Stopkontak yang Lain

Gunakan Stopkontak yang Lain

Apabila anda sedang melakukan pengisian daya kemudian touch screen bergerak sendiri atau Ghost Touch maka cara pertama yang bisa anda lakukan adalah memindahkan charge ke stopkontak yang lain. Karena bisa jadi stop kontak yang digunakan tidak stabil dan rusak. Sebelum melakukan pengisian daya pastikan bahwa stop kontak yang digunakan benar-benar menyala, terdapat aliran listrik, dan dalam keadaan stabil.

Menggunakan Kabel USB yang Berkualitas

Menggunakan Kabel USB yang Berkualitas

Cara kedua yang bisa anda lakukan untuk mengatasi touch screen yang error pada saat pengisian daya adalah menggunakan kabel USB yang memiliki kualitas unggul. Selain karena listrik yang tidak stabil, touch screen yang error pada saat dicharge juga bisa disebabkan oleh kabel USB yang tidak berkualitas.

Kabel USB akan mempengaruhi pengisian daya pada smartphone. Oleh karena itu, anda harus menggunakan charge original dari smartphone android. Anda tidak perlu mengganti kabel USB dengan adapter yang lain. Karena hal tersebut dapat mengakibatkan pengisian yang tidak efektif.

Biasanya saat membeli hp pasti dilengkapi dengan charge. Sebaiknya anda menggunakan charge original bawaan pabrik yang sudah tersedia dan tidak perlu mengganti kabel atau adapter dengan yang lainnya. Karena charge original bawaan pabrik sudah terbukti kualitasnya.

Mengganti Adapter Charge

Mengganti Adapter Charge

Apabila cara yang pertama dan kedua belum membawakan hasil maka anda bisa menggunakan cara yang ketiga yaitu mengganti adapter charge. Cara ini bisa anda lakukan ketika touch screen sedang error. Bisa saja adapter yang digunakan tidak original sehingga menyebabkan touch screen error.

Adapter yang sering digunakan dan tidak dicopot dari stopkontak meskipun sudah selsai pengisian daya akan mengakibatkan kerusakan. Adapter akan panas dan tidak dapat melakukan pengisian daya secara stabil. Cara yang bisa anda lakukan adalah dengan mengganti adapter charge tersebut. Anda bisa mendapatkan berbagai jenis adapter di konter terdekat.

Melakukan Kalibrasi Layar

Melakukan Kalibrasi Layar

Cara selanjutnya yang bisa anda gunakan untuk mengatasi touch screen yang error adalah melakukan kalibrasi layar. Kalibrasi layar digunakan untuk mengetahui bagaimana kondisi kesehatan dari touch screen. Apabila saat melakukan pengisian daya kemudian touch screen mengalami error maka langkah yang bisa dilakukan adalah kalibrasi layar.

Langkah ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana kondisi layar smartphone saat ini. Proses kalibrasi layar bisa dilakukan hanya dengan menggunakan aplikasi sehingga anda perlu mengunduh aplikasinya terlebih dahulu di Google Playstore.

Baca Juga: Harga dan Spesifikasi HP Oppo F9 RAM 6 GB Terbaru

Melakukan Reset Pabrik

Melakukan Reset Pabrik

Cara mengatasi touch screen error saat charge pada hp Android yang terakhir adalah reset pabrik. Anda bisa menggunakan cara yang satu ini sebagai solusi terakhir untuk mengatasi touch screen yang error saat dicharge. Sebelum melakukan reset pabrik ada baiknya jika anda membackup semua data penting yang tersimpan di dalam ponsel.

Backup dilakukan untuk mengatasi hilangnya berbagai file penting. Reset ini berarti mengembalikan pengaturan dan data smartphone seperti data semula atau pabrikan. Kemungkinan besar semua data dan aplikasi unduhan akan hilang. Oleh karena itu, anda perlu mencadangkannya terlebih dahulu.

Cara mengatasi touch screen error saat charge pada hp Android memang dapat dilakukan dengan mudah seperti penjelasan diatas. Langkah awal yang bisa dilakukan adalah mengecek kondisi arus listrik dan kondisi charger yang digunakan apakah sesuai atau tidak. Biasanya touch screen yang error ketika pengisian daya memang diakibatkan oleh charge yang tidak sesuai, entah itu kabel USB atau adapternya.

Artikel Menarik Lainnya :

Tentang Penulis

AnonyTun Team

AnonyTun Team

Tinggalkan Komentar