Cara Mengatasi Tidak Bisa Mendengar Suara Waktu Melakukan Panggilan

Diposting pada

Cara Mengatasi Tidak Bisa Mendengar Suara Waktu Melakukan Panggilan – Walaupun sekarang berbagai aplikasi perpesanan sudah bisa melayani fitur panggilan atau telepon, masih banyak orang yang masih memilih aplikasi telepon untuk fungsi yang sama. Alasannya bervariasi, seperti kesulitan mendapatkan sinyal sehingga tidak bisa mengakses jaringan internet. Atau untuk pengguna yang sudah lanjut usia, mereka barangkali masih lebih memilih memanfaatkan HP untuk mengirim SMS atau telepon saja.

Meskipun perkembangan teknologi komunikasi sudah semakin pesat, terkadang masih ada beberapa masalah yang ditemui oleh pengguna, termasuk ketika melakukan panggilan. Dan salah satunya adalah tidak ada suara yang terdengar saat sedang menelepon, baik itu suara kita atau suara orang yang berada di ujung panggilan satunya. Kalau masalah ini pernah atau cukup sering Anda alami, Anda tidak perlu cemas sama sekali. Sebab masalah ini bisa langsung Anda atasi sendiri tanpa harus meminta bantuan teknisi lebih dulu.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Mendengar Suara Waktu Melakukan PanggilanBeberapa Cara untuk Mentasi panggilan yang tidak ada suara

Berikut adalah cara untuk memperbaiki suara yang tidak terdengar pada saat menerima panggilan :

1. Coba Matikan Dulu Perangkat Anda

Langkah pertama dan termudah yang bisa Anda lakukan lebih dulu adalah me-reboot smartphone. Matikan dulu smartphone Anda, lalu lepaskan kartu SIM serta microSD, dan diamkan selama beberapa saat. Kemudian pasang kembali kartu SIM dan microSD, dan coba nyalakan kembali smartphone Anda. Sebab, proses reboot akan bantu menyegarkan kembali prosesor perangkat Anda dengan menghapus cache, sehingga bisa juga dilakukan untuk mengatasi beberapa masalah kecil.

2. Cek Fungsi Mic dan Speaker Smartphone

Barangkali, masalah yang Anda alami bersumber dari gangguan fungsi speaker atau mic perangkat Anda. Cara termudah untuk mengecek apakah salah satu atau keduanya berfungsi atau tidak adalah dengan merekam suara atau melakukan panggilan.

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan memanfaatkan fitur tool diagnostic hardware yang sudah jadi bawaan perangkat Anda. Caranya adalah dengan membuka dial pad dan memasukkan kode tertentu, bergantung pada merek smartphone Anda. Misalnya, untuk perangkat Samsung, kodenya adalah *#0*#. Sedangkan untuk Xiaomi, kodenya adalah *#*#6484#*#*.

3. Cek Port Jack Headset AndaCek Jack Port Colokan Pada Headset

Cara ini juga tak kalah mudahnya: Anda cukup memperhatikan ikon headset yang ada di bar atas dan lakukan panggilan jika ikon tersebut muncul. Kemudian, tutuplah proximity sensor yang biasanya ada di sisi atas perangkat. Apabila layar tetap menyala meskipun tidak ada headset yang terpasang, berarti masalah hilangnya suara saat melakukan panggilan disebabkan oleh jack port headset itu.

Sedangkan untuk memperbaiki masalah tersebut, Anda perlu membawa perangkat Anda ke service center agar teknisi bisa memeriksa komponen tersebut, dan ada kemungkinan komponen tersebut perlu diganti dengan yang baru. Atau, Anda bisa gunakan aplikasi seperti Soundabout atau Headset Toggle yang dapat digunakan untuk mengubah setting headset yang dipasang.

4. Ganti Speaker atau Mic Perangkat

Agar panggilan yang Anda lakukan atau terima selalu lancar dan tetap normal. Maka gantilah komponen mic dan/atau speaker yang rusak dengan komponen yang baru. Untuk menggantinya, sebaiknya Anda bawa dan percayakan kepada teknisi atau ahlinya. Sebab, mic dan speaker memainkan peran penting dalam kelancaran panggilan. Dan masalah atau kerusakan pada komponen tersebut tentu akan mengganggu panggilan yang Anda terima atau lakukan.

Sedangkan penyebab masalah pada speaker maupun mic bervariasi. Misalnya perangkat Anda kemasukan air, perangkat pernah membentur benda keras atau jatuh, adanya bug pada ROM yang sedang digunakan, terputusnya jalur smartphone, adanya masalah pada komponen port jack headset, dan sebagainya.

Itulah solusi yang bisa langsung Anda lakukan begitu ada masalah hilangnya suara ketika melakukan atau menerima panggilan telepon. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *