Cara Mengatasi Malware, Virus, dan Penyadapan Android

Diposting pada

Cara Mengatasi Malware, Virus, dan Penyadapan Android – Pada umumnya Android selalu terhubung pada internet guna melakukan pertukaran data, mengambil informasi atau lain sebagainya. Oleh karena itu, hal ini dapat menyebabkan Android anda disadap jarak jauh melalui koneksi internet atau dengan kata lain dibajak. Dengan ini akan kita bahas cara mengatasi malware, virus, dan penyadapan Android.

Cara Mengatasi Malware, Virus, dan Penyadapan Android

Cara Mengatasi Malware, Virus, dan Penyadapan Android

Penyadapan biasanya dilakukan dengan cara dengan memasang aplikasi spy app, malware, keylogger, atau aplikasi sejenis yang mempunyai fungsi guna melakukan tracking atau pelacakan pada Android anda.

Menjadi korban penyadapan sangat tidak menyenangkan tentunya karena dengan ini privacy anda menjadi terganggu. Maka, untuk mencegah hp Android anda terkena malware, virus ataupun penyadapan oleh orang yang tidak bertanggungjawab, anda perlu mengenali tanda penyadapan pada Android sehingga masalah tersebut dapat segera teratasi.

Ciri-Ciri Android Terkena Malware, Keylogger atau Aplikasi Sadap

Malware, keylogger atau aplikasi sadap selalu mengalami perubahan meningkatnya keamanan yang ada pada sistem operasi Android tersebut. Akan tetapi, ada tanda tertentu yang dapat dijadikan ciri bahwa Android anda terkena malware atau aplikasi sadap. Adapun ciri-ciri Android yang terkena malware atau aplikasi sadap antara lain:

1. Munculnya Notifikasi Baru

Munculnya iklan pop up secara tiba-tiba atau acak serta sering muncul notifikasi palsu atau peringatan pop up. Jika muncul notifikasi tersebut, baiknya anda abaikan saja dan jangan diklik apapun. Apabila sampai anda klik, maka Android anda akan tersusupi aplikasi jahat, malware, keylogger, dan virus yang bertujuan untuk mencuri data-data yang tersimpan di Android anda.

Notifikasi ini dapat membuat Android anda bergetar atau berbunyi sehingga anda tidak mempunyai pilihan untuk bisa keluar dari tampilan ini. Apabila terjadi hal ini, maka tekan tombol Home, kemudian tutup semua aplikasi dan jangan sekali-kali mencoba mengklik apapun sampai semua aplikasi sudah tertutup.

Notifikasi pop up yang muncul tiba-tiba pada android sangatlah mengganggu. Dibawah ini beberapa cara menghilangkan iklan pop yang muncul pada Android.

Langkah pertama yang dapat dilakukan dengan melakukan scanning serta memasang antivirus bernama Dr. Web Security Space.

Memasang antivirus bernama Dr. Web Security Space

Langkah selanjutnya dengan mengaktifkan fitur Google Play Protect yaitu perlindungan berlapis yang berasal dari Google Play berfungsi untuk memindai berbagai aplikasi yang ada di Google Play Store sebelum aplikasi tersebut terpasang di Android anda.

Langkah ketiga dengan menghapus aplikasi yang kemungkinan memunculkan iklan (adware). Setelah anda memasang aplikasi tertentu kemudian sering muncul iklan pop up yang mengganggu, maka sebaiknya aplikasi tersebut dihapus saja dengan cara masuk pada Google Play Store. Selanjutnya pilih my apps & games pada library, urutkan daftar aplikasi sesuai recent, kemudian hapus aplikasi yang mengandung iklan pop up.

Menghapus aplikasi yang kemungkinan memunculkan iklan (adware)

Cara berikutnya dengan mematikan notifikasi pop-up Chrome yang merupakan cara ampuh dalam menghilangkan notifikasi pop up iklan ketika browsing. Caranya dengan membuka aplikasi Chrome, masuk ke setting. Setelah itu, pilih site settings, selanjutnya nonaktifkan notifications. Dengan cara ini, notifikasi pop up akan terblokir saat sedang browsing.

Mematikan Notifikasi Pop-Up Chrome

Terakhir, cara mengatasi malware, virus, dan penyadapan Android adalah dengan melakukan factory reset atau kembali ke setelan pabrik. Langkah yang paling ampuh untuk menghilangkan pop up iklan. Caranya dengan masuk pada setting pilih backup & reset, kemudian pilih factory data reset. Lalu ikuti instruksi berikutnya, maka Android akan dan memulai pengaturan ulang lagi.

Melakukan Factory Reset

Baca Juga: Cara Membuat Google Form di HP Android & Laptop Dengan Mudah

2. Android Cepat Panas, Lemot, dan Boros Kuota

Apabila hp anda mengalami seperti yang diatas, maka perlu dicurigai bahwa hp anda telah disadap karena aplikasi sadap/hacker sedang bekerja dalam menjalankan aksinya di Android anda.

Selain aplikasi, sadap Android juga dapat terserang masalah malware yang biasa bekerja dengan mengirimkan SMS premium ke nomor tertentu sehingga pulsa anda habis tersedot. Dengan ini pelaku dapat memperoleh keuntungan dengan persentase pulsa yang dibebankan kepada anda.

Malware juga beraksi dengan mencuri data penting misalnya informasi akun media sosial sampai akun perbankan anda. Dengan adanya malware, virus dan aplikasi sadap pada Android anda akan membuat kuota internet anda menjadi boros.

Aplikasi ini bekerja secara terus menerus sehingga membuat baterai lebih boros. Untuk malware/keylogger sulit untuk dilacak tetapi tetap meninggalkan jejak pada Android.

Cara mengecek penggunaan baterai dengan pilih settings > battery > power > battery use. Apabila penggunaan baterai terdapat aplikasi yang tidak dikenal serta pemakaian daya yang tidak wajar kemungkinan Android anda terdapat malware atau keylogger.

Mengecek Penggunaan Baterai

Dengan adanya penjelasan mengenai cara mengatasi malware, virus, dan penyadapan Android di atas, maka anda tidak perlu khawatir apabila Android anda mengalami masalah tersebut. Anda dapat mengikuti langkah dalam mengatasi masalah penyadapan pada hp anda sehingga dapat terhindar dari masalah-masalah penyadapan Android anda.

Artikel Menarik Lainnya :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *