Cara Mengatasi Kode Error pada Kamera Nikon Dengan Mudah

Diposting pada

Cara Mengatasi Kode Error pada Kamera Nikon Dengan Mudah – Tentunya akan terasa sangat menyebalkan memang, jika anda menjumpai sejumlah masalah pada saat sedang asyik memotret berbagai momen indah yang berada di hadapan anda. Terutama jika yang muncul adalah beberapa kode error yang bahkan anda sendiri pun tidak dapat mengerti apa yang diinginkan.

Maka dari itu tentunya , anda perlu untuk untuk mengetahui beberapa arti kode error pada kamera nikon dan juga serta cara mengatasinya.

Cara Mengatasi Kode Eror Pada Kamera Nikon

Cara Mengatasi Kode Eror Pada Kamera Nikon

Bagi anda yang merasa kebingungan dengan kode eror pada kamera Nikon yang tentunya menggangu anda, anda wajib mengetahui beberapa kode eror dibawah ini agar anda dapat menyelesaikannya dengan mudah.

Arti Kode Err

Arti Kode Err

Berbeda halnya dengankamera DSLR Canon, DSLR Nikon justru mendesain kameranya dengan tidak menjelaskan secara detail permasalahan error yang terjadi pada kamera DSLR miliknya. Akan tetapi sebagai gantinya, Nikon sendiri telah memberi saran yang baik ketika anda menemukan kode ‘Err’ yang muncul pada layar LCD mini yang terletak pada bagian atas badan kamera.

Berikut merupakan hal yang perlu anda lakukan ketika menemukan kode Err pada kamera milik anda. Anda perlu melepaskan beberapa aksesori yang ada pada kamera anda selain itu anda harus menggunakan baterry yang full charged, serta membersihkan kontak elektrik yang terdapat pada lensa badan kamera.

Apabila hal-hal ini masih berlanjut, anda harus segera membawa kamera milik anda menuju ke tempat servis terdekat yang tentunya akan membantu mengatasi masalah kerusakan pada kamera milik anda.

Arti Kode F-−

Hampir sama dengan arti kode Err yang sebelumnya, kode error yang satu ini mengartikan bahwa terdapat missed komunikasi antara lensa serta kamera milik anda. Entah karenaanda menggunakan jenis lensa yang salah atau memang anda hanya kurang tepat memasangkannya pada kameramilik anda.

Namun, bila kode error ini masih tetap berlanjut setelah anda merasa sudah mencoba memasangkannya dengan benar, coba ganti lensa yang anda  gunakan dengan lensa yang lainnya. Jika kode error masih tetap muncul, mungkin anda perlu mencurigai permasalahannya berasal dari kamera yang anda miliki.

Arti Kode FEE

Untuk kode yang satu ini, muncul pada saat anda memilih nilai aperture yang tidak tepat sehingga kamera anda menolak untuk menggunakannya. Umumnya, hal ini terjadi saat anda secara tidak sengaja memutarnya ke angka yang jauh lebih kecil.

Untuk memperbaiki kode error berikut ini, anda hanya perlu mengatur aperture anda ke angka yang lebih besar, kemudian jika anda ingin menguncinya agar anda tidak mengulang ketidak  memutar nilai aperture yang salah, anda dapat saja menggunakan aperture ring lock.

Arti Kode -E-

Mungkin jika anda  menemukan kode error yang satu ini, anda tidak perlu terlalu panik karena kode -E- hanya menandakan bahwa kamera milik anda tidak dapat  membaca adanya kartu memori di dalam slot memory card kamera anda. Akan tetapi jika anda merasa begitu yakin sudah memasukkan kartu memori ke dalam kamera  dan kode error ini tetap muncul, cobalah untuk melakukan format kartu memori anda.

Apabila kode error masih muncul setelah anda melakukan format kartu memori anda, maka sumber masalahnya bisa jadi berasal dari slot kartu memori anda yang berarti telah  rusak. anda

Arti Kode F0

Untuk kode error yang satu ini, anda dapat mengartikannya sebagai salah satu pertanda bahwa lensa kamera anda belum terpasang secara sempurna pada badan kamera. Mungkin untuk beberapa tipe lensa ‘G’ saat ini, akan terus mendapatkan kode berikut hingga  dapat mendengar bunyi ‘klik’ yang menandakan lensa telah terpasang dengan baik pada badan kamera.

Sementara itu untuk tipe lensa ‘F’, kamu bisa melihat kala anda memutar lensa anda pada proses pemasangan lensa, angka yang berada di dekat kode F ini perlahan akan bergerak naik hingga nantinya berhasil memasangkan lensa anda dengan tepat dan mendengar bunyi ‘klik’.

Arti Kode CHA/CHR

Arti Kode CHA - CHR

Hampir sama dengan kode -E- yang muncul karena permasalahan kartu memori. Karena kode yang satu ini juga akan muncul saat kartu memori kamu kena masalah.

Untuk mengatasinya sendiri kamu juga perlu melakukan formatting langsung pada kamera kamu, dan lakukan lepas-pasang kartu memori pada slot-nya. Dan bila permasalahan ini masih berlanjut, permasalahan mungkin datang pada slot kamera kamu sendiri.

Artikel Menarik Lainnya :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *