4 Cara Mengatasi Jaringan Internet Indosat Yang Sering Hilang

Diposting pada

4 Cara mengatasi jaringan internet Indosat yang sering hilang – Masalah pada jaringan internet yang hilang bisa dialami oleh semua pengguna smartphone baik itu dengan spesifikasi tinggi maupun spesifikasi standar. Hilangnya jaringan tersebut bisa disebabkan oleh banyak faktor  misalnya operator yang memang sedang ada gangguan jaringan, ponsel yang bermasalah, dan lain sebagainya.

Tentunya Anda juga sering mengalami masalah internet putus-putus atau kadang timbul tenggelam yang akan membuat Anda tidak nyaman saat menonton film, buffering YouTube, atau hanya sekadar bermain game.  Gangguan tersebut bisa terjadi pada semua provider yang ada di Indonesia baik itu Telkomsel, XL, Axis, Tri, Smartfren, bahkan Indosat.

4 Cara Mengatasi Jaringan Internet Indosat Yang Sering Hilang

mengatasi jaringan indosat sering hilang

Berikut cara mengatasi jaringan internet Indosat yang sering hilang. Simak caranya seperti ini:

1. Aktifkan Data Internet

menyalakan data internet

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengaktifkan data internet terlebih dahulu. Untuk mengaktifkan data internet ini sangat mudah, Anda bisa melihatnya di notification bar yang ada di smartphone Anda, kemudian pilih data selular. Jika Anda tidak menemukannya, Anda bisa masuk ke dalam pengaturan, kemudian pilih jaringan, silahkan aktifkan data selular melalui pengaturan tersebut. Anda bisa lakukan ON – OFF secara berulang-ulang agar jaringan Anda bisa segera muncul.

2. Mode Pesawat

mode pesawat

Jika cara pertama tidak berhasil, Anda bisa menggunakan mode pesawat. Yang dimaksud dengan mode pesawat adalah mode dimana smartphone Anda tidak akan terhubung dengan jaringan atau apapun. Sehingga smartphone Anda meski dalam kondisi hidup seperti mati. Cara ini juga cocok bagi Anda yang tidak ingin mendapatkan panggilan, sms, atau WA di saat-saat tertentu seperti di saat quality time dengan keluarga dan lain sebagainya. Selain itu juga efektif digunakan untuk mengatasi jaringan internet yang sering hilang.

Cobalah untuk mengaktifkan mode pesawat dengan data seluler yang masih aktif, kemudian tunggu sampai jaringan internet beserta dengan jaringan selular hilang. Setelah itu matikan mode pesawat sampai semua jaringan muncul kembali. Cobalah untuk melakukan browsing dengan memperhatikan jaringan internet yang Anda miliki, jika masih timbul tenggelam lakukan cara ini berulang-ulang.

3. Mengubah Jaringan

mengubah jaringan

Cara mengatasi jaringan internet Indosat yang sering hilang bisa dengan mengubah jaringan. Setiap smartphone dibekali dengan kemampuan jaringannya masing-masing, namun untuk saat ini kecepatan jaringan tertinggi adalah 4G+. Jika jaringan tersebut sering hilang cobalah untuk mengganti tipe jaringan. Alasannya adalah belum semua daerah terjangkau dengan jaringan 4G+ tersebut, selain itu pada kondisi tertentu seperti hujan dan mendung akan berpengaruh terhadap jaringan provider.

Cara mengubah jaringan paling mudah adalah melalui menu pengaturan, kemudian pilih jaringan seluler, pilih SIM 1 atau SIM 2 yang digunakan untuk internetan, kemudian pilih mode jaringan. Di sana Anda akan menemukan tipe jaringan prioritas, ubahlah dengan 3G. Anda bisa mengubah jaringan ini menjadi 4G+ kembali di saat waktunya memungkinkan misalnya sudah di tempat yang strategis dan terjangkau dengan sinyal 4G dan cuaca sudah mendukung.

4. Ganti APN

APN adalah Access Pint Name yang mana akan memungkinkan smartphone Anda terhubung dengan jaringan internet. Setiap operator seluler ini memiliki APN jaringannya sendiri-sendiri termasuk Indosat ini. Anda bisa mengganti APN dengan cara berikut ini:

  •  Cara 1

Anda bisa mengubah namanya dengan Indosat dan APN inodosatooredoo.com. Proxy dan portnya bisa Anda lewati, kemudian nama pengguna Indosat dan kata sandinya adalah Indosatgprs.

  • Cara 2

Untuk cara 2 Anda bisa mengisi APN dengan Indosatgprs, Proxy isikan dengan 204.11.56.37, dan portnya 8080. Kata sandi ubah Indosat.

Demikianlah beberapa cara mengatasi jaringan internet Indosat yang sering hilang yang bisa Anda lakukan, jika cara tersebut belum berhasil besar kemungkinan ada kerusakan pada smartphone Anda, cobalah untuk mengeceknya ke smartphone yang lainnya apakah jaringan masih sama atau tidak. Semoga informasi diatas bermanfaat.

Artikel Menarik Lainnya :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *