4 Cara Mengatasi Hp Masuk Air Untuk Baterai Tanam dengan Mudah

Diposting pada

4 Cara Mengatasi Hp Masuk Air Untuk Baterai Tanam dengan Mudah – Kemajuan teknologi menawarkan inovasi fitur yang mempermudah kebutuhan manusia. Salah satunya adalah kehadiran smartphone dengan baterai non-removable atau baterai tanam yang tidak bisa dilepas dari bodi ponsel. Kelebihan baterai jenis ini adalah kapasitasnya besar dan lebih cepat pengisiannya sehingga lebih efektif. Tetapi, ada satu permasalahan yang nampaknya cukup serius, yaitu ketikan Hp dengan baterai tana mini tercebur kedalam air.

Seperti yang kita tahu, air merupakan media penghantar listrik yang dapat mengakibatkan hubungan arus pendek pada dua kutub yang berlawanan. Sementara itu, baterai tidak bisa langsung dilepas karena ada baut yang menancap yang menyatukan baterai dengan bodi ponsel.

4 Cara Mengatasi Hp Masuk Air Untuk Baterai Tanam dengan Mudah

4 Cara Mengatasi Hp Masuk Air Untuk Baterai Tanam

Lalu, apa yang harus kalian lakukan jika mengalami kejadian seperti ini. Berikut akan kami berikan penjelasan mengenai cara mengatasi Hp Masuk Air Untuk Baterai Tanam:

1. Segera Matikan Ponselsegera matikan ponsel

Cara mengatasi Hp masuk air untuk baterai tanam yang pertama adalah matikan ponsel sesegera mungkin. Ini merupakan langkah pengamanan pertama yang sebaiknya kalian lakukan daripada sibuk mengeringkan bagian yang basah. Setelah ponsel off, barulah coba untuk mengelap bagian luar yang terkena air. Perlu diketahui juga bahwa ponsel yang habis terkena air sebaiknya jangan di charge terlebih dahulu meskipun baterainya habis. Hal ini untuk menghindari konsleting listrik yang bisa menyebabkan ponsel rusak lebih parah

2. Buka Casing Belakang Ponsel

Langkah berikutnya yang harus kalian lakukan adalah membuka casing bagian belakang ponsel. Setelah itu, keringkan. Kalian bisa menggunakan hair dryer, kipas angina, ataupun cahaya matahari untuk menguapkan air yang masuk kedalam. Tetapi jika casing tidak bisa dibuka, kalian mencoba untuk membiarkan ponsel dalam posisi tegak untuk beberapa waktu.

Buka Casing Belakang Ponsel

Hal ini bertujuan agar air yang masuk mengalir dan mengumpul pada satu titik lalu kemudian perlahan keluar melalui celah yang terdapat pada bodi ponsel. Beberapa orang juga percaya jika menimbun ponsel yang terkena air dengan beras mampu menguapkan air. Jika kalian merasa air yang masuk terlalu banyak, kalian bisa memaksa untuk melepas baterai dengan membuka bautnya menggunakan obeng. Tetapi, jika kalian tidak bisa melakukannya sendiri, solusi tepat yang bisa kalian ambil adalah membawanya ke tempat service Hp.

3. Coba Hidupkan Ponselhidupkan ponsel

Selanjutnya, setelah semua komponen yang terkena air kering, kalian bisa mencoba untuk menyalakan ponsel kalian. Ini adalah paling mendebarkan karena bisa saja ponsel kalian tidak bisa dinyalakan lagi alias mati total. Jika memang hal itu terjadi, tidak ada pilihan lain lagi selain membawanya ke dokter ponsel.

4. Bersihkan Mesin Menggunakan ThinnerBersihkan Mesin dengan thinner

Air yang masuk kedalam ponsel kalian bisa saja menyebabkan korosi. Korosi pada mesin ponsel biasanya mempengaruhi performa ponsel. Jadi, meskipun ponsel bisa dihidupkan tetapi performanya menjadi lebih lamban bahkan bisa saja ada fitur yang tidak berfungsi lagi. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika kalian membersihkan mesin ponsel dengan menggunakan dengan tinner. Gunakan sikat gigi atau kuas untuk yang lembut untuk mengaplikasikannya lalu gosok pelan-pelan saja agar tidak menimbulkan kerusakan yang lebih parah.

Itulah 4 cara mengatasi Hp masuk air untuk baterai tanam yang bisa kalian lakukan. Hal yang perlu kalian ketahui adalah jika ponsel yang masuk air bisa menyebabkan ponsel mati total dan biaya perbaikannya tidak murah. Maka dari itu rawat dengan baik ponsel kesayangan kalian. Semoga berhasil!

Artikel Menarik Lainnya :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *