Cara Mengatasi Hp Android Mati Total Karena Gagal Flashing Mudah dan Cepat

Diposting pada

Cara Mengatasi Hp Android Mati Total Karena Gagal Flashing Mudah dan Cepat – Kabel data, laptop, dan firmware merupakan peralatan penunjang yang dibutuhkan saat melakukan flashing. Tentu saja perlengkapan tersebut harus disesuaikan dengan tipe gadget. Proses ini dilakukan untuk memperbaiki gadget yang rusak pada softwarenya. Meskipun kerusakan yang terjadi beda-beda, akan tetapi proses flashing tersebut akan mengembalikan software ponsel seperti semula. Kami akan mengulas mengenai cara mengatasi hp Android mati total karena gagal flashing.

Proses flashing cukup beresiko. Jika flashing mengalami kegagalan, maka ponsel akan rusak lebih parah. Kesalahan yang sering timbul pada saat flashing diantaranya adalah reset ke pengaturan pabrik dari menu setting atau recovery gagal. Selain itu, dapat disebabkan karena perangkat lemot saat booting.

Penyebab dan Cara Mengatasi Hp Android Mati Total Karena Gagal FlashingCara Mengatasi Hp Android Mati Total Karena Gagal Flashing Mudah dan Cepat

Saat hp Android mati total, maka sebaiknya anda mencari tahu penyebabnya. Hal pertama yang dapat dilakukan adalah memastikan ponsel masih terhubung dengan PC atau tidak. Bila masih terhubung, lepaskan dan pasang lagi. PC kemungkinan akan mampu mendeteksi device yang terhubung.

Setelah proses flashing, ada beberapa kemungkinan yang akan terjadi. Salah satunya adalah ponsel menjadi mati total. Anda tidak perlu resah karena hal tersebut dapat diatasi. Cobalah untuk memakai versi software yang sesuai dengan ponsel yang anda gunakan. Pilih software dengan tingkatan tertinggi. Bila gagal, bisa dicoba versi rendah. Atau bisa juga dengan menggunakan versi lainnya satu persatu, silahkan anda mencoba!

Saat proses flashing sudah mencapai 80% atau bahkan 100%, kadang ponsel tetap tidak mau menyala. Hal ini kemungkinan disebabkan karena IC memori mengalami kerusakan. Maka, untuk mengatasinya anda perlu mengganti IC dengan eMMC.

CPU pada ponsel yang tidak mampu lagi bekerja juga dapat menjadi penyebab gagal flashing. PC tidak dapat mendeteksi device posisi ponsel yang terhubung. Cara sederhana untuk mengatasinya adalah dengan mengukur kerja dari CPU. Bila telah melakukan pengukuran tapi ponsel tetap mati, maka CPU kemungkinan mengalami kerusakan atau harus diganti.

Trik Cara Mengatasi Hp Android Mati Total Karena Gagal Flashing

Mati total atau brick merupakan masalah yang terjadi pada Boot Manager Android. Dalam hal ini, hp Android tidak dapat menyala atau mati total, tidak bisa masuk pada Recovery Mode Android, dan Download Mode Android.

Proses brick kebanyakan terjadi karena kesalahan pada system yang terdapat pada Android. Misalnya saja, kesalahan saat Edit Vold.fsta dan luput saat menginstall ROOM Android. Selain itu, kesalahan yang sering terjadi karena temporary file atau dalvik chace yang terlalu menumpuk. Dalvik chace adalah file sampah yang terdapat pada masing-masing aplikasi Android yang sudah diinstall.

Pengguna hp Android banyak yang merasa bingung saat perangkat ponselnya mengalami bootloop atau bahkan mati total. Diantara mereka banyak yang langsung membawanya ke counter atau tukang service. Namun, jika anda telah paham mengenai OS Android, tentu tidak akan merasa bingung.

Solusi mengenai cara mengatasi hp Android mati total karena gagal flashing tentu dapat anda ketahui dengan mudah. Berikut kami sampaikan cara mengatasi hp Android yang mati total dalam keadaan soft brick dan hard brick.

Cara Memperbaiki Hp Android Soft BrickCara Memperbaiki Hp Android Soft Brick

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah menghubungkan Android dengan PC. Dalam hal ini, anda dapat menggunakan kabel data. Kemudian masuk menu Download Mode atau bisa juga dengan cara menekan power dan volume bawah. Tunggulah sampai keluar logo Android.

Jika sudah, bukalah aplikasi ODIN pada PC. Pastikan Android terdeteksi oleh aplikasi ODIN. Lakukan flashing dengan software ODIN tersebut. Hal yang harus anda perhatikan adalah jangan menggunakan PIT dan cecklist repartition pada saat flash.

Baca Juga: Cara Mudah Mengecek Kapasitas Harddisk Komputer atau Laptop

Cara Memperbaiki Hp Android Hard BrickCara Memperbaiki Hp Android Hard Brick

Cara memperbaiki hp Android hard brick bisa dimulai dengan melepas semua komponen pada ponsel, seperti microSD, SIM card dan baterai. Kemudian tunggulah sekitar setengah jam. Setelah itu, pasang kembali semua komponen yang telah anda lepas. Selanjutnya, masuk ke menu Download Mode dan lakukan proses flashing.

Jika penanganan di atas masih gagal, maka copot SIM card dan memory card. Lalu hubungkan ke PC melalui kabel USB tanpa menggunakan baterai. Kemudian tekan yang lama pada tombol power, volume up dan volume down sampai anda mendengar bunyi beep di komputer. Tekan terus selama 1 sampai 3 menit. Selanjutnya pasang kembali baterai, masuk ke Download Mode dan lakukan flasing.

Mengatasi hard brick dapat juga dilakukan dengan menggunakan aplikasi One Click Unbrick. Anda tinggal mendownload dan mengekstrak aplikasi tersebut. Jalankan dan ikuti langkah-langkah yang telah ada.

Cara mengatasi hp Android mati total karena gagal flashing tentu saja harus dilakukan secara profesional. Supaya tak salah langkah, ketahui dulu penyebab kegagalan flashing. Baru setelah itu, anda dapat melakukannya sendiri dengan mengikuti beberapa trik di atas. Namun bila mengalami kesulitan, sebaiknya bawa hp Android ke counter terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *