7 Cara Mengatasi Google Play Terhenti dengan Mudah

Diposting pada

7 Cara Mengatasi Google Play Terhenti dengan Mudah – Anda yang merupakan pengguna Android pastinya sudah tidak asing dengan Google Play yang sering dipakai dalam mengunduh berbagai macam aplikasi penting. Tetapi bagaimana bila layanan Google Play di Android anda mengalami masalah, terhenti dan tidak bisa beroperasi seperti biasanya. Tentunya anda harus tahu bagaimana cara mengatasi Google Play terhenti agar bisa mengunduh aplikasi yang anda butuhkan.

Cara Mengatasi Google Play Terhenti

Cara Mengatasi Google Play Terhenti

Tidak bisa dipungkiri bahwa layanan Google Play memang jadi salah satu layanan Google yang paling banyak dikunjungi. Entah itu untuk melihat aplikasi atau mungkin juga mengunduhnya. Bahkan sekarang berbagai perusahaan sosial media pemasaran aplikasi mereka juga tidak lepas dari Google Play. Sehingga cara mengatasi Google Play terhenti harus anda ketahui agar saat terjadi masalah bisa mengatasinya sendiri.

Bila layanan Google Play terhenti, itu artinya semua update aplikasi juga tidak bisa dilakukan. Hal ini tentu menjadi hal yang sangat menyebalkan. Masalah ini terjadi karena beberapa hal, tergantung dari perangkat apa yang anda gunakan. Bisa jadi karena koneksi internet sedang bermasalah.

Terjadi crash di layanan Google Play atau pengaturan tanggal dan waktu yang tidak sesuai. Sehingga anda harus mengatur waktu pada perangkat anda menjadi pengaturan otomatis. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan bila tiba-tiba layanan Google Play anda terhenti:

1. Menghapus Cache yang Ada di Google Play

Menghapus Cache yang Ada di Google Play

Cache adalah data-data yang bersifat sementara yang bisa membantu anda masuk kembali ke halaman sebelumnya tanpa reload. Tetapi ternyata kadang cache bisa jadi penyebab masalah Google Play terhenti. Jadi anda harus menghapusnya. Cara menghapus cache sangat mudah.

Anda tinggal masuk ke menu Setting, kemudian pilih Apps dan pilih Google Play Store. Lalu pilih dan klik clear cache. Anda bisa membuka kembali aplikasi Google Play yang ada di smartphone anda. Biasanya cara ini berhasil digunakan untuk membuat aplikasi Google Play kembali normal.

Baca Juga: Cara Mudah Mematikan Update Otomatis Aplikasi di Google Play Store

2. Menghapus Update Aplikasi

Menghapus Update Aplikasi 1

Umumnya update versi baru dari Playstore akan tidak seimbang dengan versi Android yang anda miliki. Sehingga aplikasinya tidak stabil dan menyebabkan Google Play berhenti. Cara untuk mengatasi layanan Google Play yang terhenti bisa dilakukan dengan cara pergi ke menu Setting. Kemudian memilih menu Apps dan pilih Applications. Jika anda sudah berada di Apps, pilih menu Show System, atau pilihan All Apps.

Selanjutnya, anda bisa cari Google Play Service dan tab di bagian pojok kanan atas. Kemudian anda bisa tap Uninstall Update. Klik OK agar bisa mengembalikan Playstore anda kembali pada versi sebelumnya.

Menghapus Update Aplikasi 2

3. Memakai Aplikasi Cleaner

Memakai Aplikasi Cleaner

Salah satu cara cara mengatasi Google Play terhenti adalah dengan memakai aplikasi pembersih atau aplikasi Cleaner. Tujuannya agar bisa meminimalisir penumpukan cache yang ada di hp anda. Ada banyak aplikasi pembersih yang telah direkomendasikan dan memiliki rating banyak di Google Play Store. Seperti Clean Master dan lainnya. Aplikasi ini bisa membersihkan virus yang terdapat di hp Android dan juga menjaga kesehatan hp Android anda. Anda dapat menemukannya di Google Play Store dan mengunduhnya dengan gratis.

4. Matikan Ulang Perangkat

Matikan Ulang Perangkat

Untuk mengatasi Google Play Store yang terhenti, anda bisa mencoba mematikan hp, kemudian menghidupkan kembali. Proses ini bertujuan untuk mengembalikan performa ponsel anda seperti semula. Selain itu, supaya proses aplikasi bisa berjalan dari awal dan normal kembali.

5. Memakai Aplikasi Pengganti Play Store

Memakai Aplikasi Pengganti Play Store

Ternyata ada aplikasi yang bisa digunakan sebagai pengganti Playstore. Namanya adalah 9Apps APK. Aplikasi ini memiliki banyak kelebihan. Sebab anda tidak perlu login, tersedia banyak pilihan dan bisa download berbagai macam aplikasi gratis dengan mudah. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki ukuran yang ringan hanya 3 MB saja.

6. Force Stop Google Play

Force Stop Google Play

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan Force Stop Google Play. Akan tetapi cara yang satu ini dinilai rawan bila anda lakukan. Saat anda memilih cara ini anda artinya menutup paksa layanan Google Play. Apapun yang saat itu dikerjakan Google Play dihentikan secara paksa. Selain itu, Force Stop akan berada di halaman aplikasi Google Play sama seperti ketika anda menghapus cache.

7. Mematikan VPN

Mematikan VPN

Ketika Google Play anda mengalami masalah, bisa jadi penyebabnya berasal dari penggunaan VPN. Hal ini bisa membuat aplikasi Google Play berjalan dengan versi luar negeri. Memang VPN bisa dipakai untuk menginstal aplikasi yang di Indonesia tidak tersedia. Misalnya game yang lebih dulu keluar di luar negeri. Akan tetapi, saat anda menggunakan VPN, itu artinya kemungkinan error dan layanan Google Play berhenti bekerja akan terjadi.

Tentu saja cara mengatasi Google Play terhenti yang bisa dilakukan yaitu mematikan aplikasi VPN. Baik aplikasi VPN yang menjadi bawaan hp anda atau lewat aplikasi VPN lain.

Artikel Menarik Lainnya :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *