6 Cara Mengatasi Gmail Telah Berhenti di Android

Diposting pada

6 Cara Mengatasi Gmail Telah Berhenti di Android – Cara mengatasi Gmail telah berhenti di Android adalah hal yang tidak mudah. Gmail merupakan sebuah layanan email yang difungsikan untuk mengirim pesan bagi yang telah memiliki email. Gmail termasuk salah satu produk yang diterbitkan oleh teknologi Google Inc. Gmail banyak digunakan dibanding dengan Yahoo.

Tersedianya fitur yang bagus membuat Gmail menjadi salah satu layanan paling populer. Menggunakannya juga mudah. Hanya dengan satu akun saja, semua layanan Google dapat anda nikmati. Layanan Google tidak berbayar, namun terkadang ada kendala yang timbul. Anda pasti terganggu jika penggunaan aplikasi Gmail mengalami masalah di hp Android.

Biasanya terjadi error bahkan tidak bisa dibuka. Jika terjadi, anda dapat melakukan cara mengatasi Gmail telah berhenti di Android. Saat ini ada cara mengatasinya dan dapat anda lakukan sendiri. Mengatasi Gmail yang bermasalah di Android dapat anda lakukan segera saat aplikasi tersebut bermasalah.

Cara Mengatasi Gmail Telah Berhenti di Android

6 Cara Mengatasi Gmail Telah Berhenti di Android

Saat ini layanan aplikasi dari Google semakin berkembang dan banyak diminati. Google memiliki aplikasi yang banyak dan gratis. Hal ini mempermudah para pengguna gadget menggunakan aplikasi yang tersedia di Google. Salah satu aplikasinya yang banyak digunakan adalah layanan Gmail.

Gmail mendominasi sejak kehadiran sistem operasi Android. Hal ini dikarenakan layanan Google sudah banyak terintegrasi di Android, termasuk Gmail. Para pengguna gadget Android diharuskan mendaftar Gmail saat akan menggunakan smartphone Androidnya.

Tapi, aplikasi Gmail tidak selamanya mulus dijalankan di Android. Bisa terjadi aplikasi ini tidak bisa sinkron, tidak bisa dibuka, bahkan tidak bisa masuk pada akun Gmail yang dimiliki. Permasalahan ini dapat teratasi asalkan anda sabar dalam memperbaikinya.

Beberapa Cara Mengatasi Gmail Telah Berhenti di Android

Jika aplikasi Gmail di hp Android mengalami error atau permasalahan lainnya dapat diatasi dengan mudah. Coba gunakan beberapa cara di bawah ini. Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Diantaranya:

1. Restart Smartphone

Restart Smartphone

Cara pertama yang dapat mengatasi Gmail error yaitu dengan restart smartphone anda. Cara ini merupakan cara paling sederhana yang dapat anda lakukan. Meski sederhana, namun cara ini menjadi cara yang ampuh dilakukan ketika beberapa aplikasi error di Android. Saat Gmail di Android error langsung restart hp anda kemudian gunakan aplikasi Gmail seperti biasanya.

2. Log Out dari Gmail

Log Out dari Gmail

Jika cara pertama tidak berhasil, anda juga dapat lakukan log out dari aplikasi Gmail. Lakukan hal tersebut dan tunggu beberapa saat. Jika sudah, anda dapat lakukan log in kembali. Jalankan aplikasi Gmail seperti biasanya.

3. Paksa Berhenti Aplikasi Gmail

Paksa Berhenti Aplikasi Gmail

Aplikasi Gmail mengalami error bisa dikarenakan aplikasi ini terlalu lama berjalan di latar belakang. Anda dapat mengatasinya dengan memberhentikan aplikasi Gmail secara paksa. Menghapus data aplikasi ini biasanya Gmail berada di posisi default.

Kemudian semua data sementara yang ada di aplikasi tersebut akan hilang secara permanen. Diantaranya basis data, login, setelan, cache, history dan yang lainnya. Ada cara yang dapat anda lakukan yaitu, buka setelan > aplikasi > Gmail > paksa berhenti. Jika sudah, anda lakukan tunggu hingga beberapa saat. Kemudian buka aplikasi Gmail anda seperti biasanya.

4. Hapus Cache Aplikasi Gmail

Hapus Cache Aplikasi Gmail

Cara mengatasi Gmail telah berhenti di Android selanjutnya dengan menghapus cache. Cache merupakan salah satu dari nama sistem di Android. Cache memiliki fungsi menyimpan file-file sementara agar dapat berjalan lebih cepat. Namun jika dibiarkan menumpuk sistem ini dapat membuat aplikasi menjadi error dan tidak bisa digunakan. Oleh karena itu, anda perlu menghapus cache aplikasi secara berkala. Termasuk cache pada aplikasi Gmail.

Ada cara yang dapat dilakukan untuk menghapus cache di aplikasi Gmail. Anda tinggal buka setelan > aplikasi > Gmail > hapus cache. Cara ini adalah cara yang aman sehingga anda masih dapat menggunakan Gmail seperti biasanya.

Baca Juga: Cara Mengatasi Kartu SIM Card Tidak Ada Layanan di Android

5. Hapus Data Aplikasi Gmail

Hapus Data Aplikasi Gmail

Aplikasi di Android selain menyimpan file berupa cache juga menyimpan data-data lain. Diantaranya data akun, informasi login, dan data yang lain. Karena Gmail merupakan aplikasi yang penting, maka tidak aneh jika data tersebut menumpuk di Android.

Agar dapat mengatasi masalah Gmail error, anda perlu menghapus data di aplikasi Gmail. Cara yang dapat anda lakukan adalah buka setelan > aplikasi > Gmail > hapus data. Melakukan cara ini berarti Gmail yang anda miliki terhapus. Oleh karena itu, anda harus log in kembali.

6. Update Gmail dengan Google Play Store

Update Gmail dengan Google Play Store

Google selalu memberikan pembaruan aplikasi-aplikasi, termasuk Gmail. Pembaruan yang disediakan memiliki perbaikan dan performanya meningkat. Lakukan update Gmail anda melalui Google Play jika Gmail anda sedang error. Update aplikasi tersebut biasanya error akan hilang.

Beberapa cara mengatasi Gmail telah berhenti di Android dapat anda lakukan dengan mudah bukan. Anda dapat mencoba salah satu cara tersebut untuk mengatasi Gmail error di Android.

Artikel Menarik Lainnya :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *