6 Cara Mengatasi Foto dan Video Tidak Muncul di Galeri Android

Diposting pada

6 Cara Mengatasi Foto dan Video Tidak Muncul di Galeri Android – Apakah anda pernah mengalami masalah foto atau video tidak bisa muncul di galeri? Apakah anda mengira smartphone anda rusak? Jangan buru-buru mengambil kesimpulan seperti itu bila anda belum tahu apa yang jadi penyebabnya. Oleh sebab itu, kali ini kita akan cari tahu bagaimana cara mengatasi foto dan video tidak muncul di galeri Android.

Begini Cara Mengatasi Foto dan Video Tidak Muncul di Galeri Android

Cara Mengatasi Foto dan Video Tidak Muncul di Galeri Android

Setiap galeri di Android tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Galeri tidak mungkin bisa membaca semua jenis video, gambar atau file foto. Namun bila foto berformat JPG atau PNG tidak bisa muncul, maka bisa jadi proses scanning sedang terhambat atau galeri sedang error. Lantas apa solusinya? Simak cara mengatasi foto dan video tidak muncul di galeri Android yang akan kita kupas tuntas di bawah ini.

1. Mematikan Smartphone Sementara

Mematikan Smartphone Sementara

Kemungkinan ponsel yang anda pakai mengalami masalah tertentu. Dengan demikian, tak ada salahnya bila anda mematikan Hp anda untuk beberapa saat, misalnya selama 5 menit. Anda bisa mengatasi video atau foto yang tidak bisa muncul di Android dengan cara mencabut memori eksternal yang ada. Dengan catatan file berupa foto atau video anda disimpan pada SD Card.

Selanjutnya anda matikan perangkat smartphone lalu caput beberapa komponen seperti SIM Card, SD Card, dan baterai lalu diamkan 2 sampai 5 menit. Nyalakan kembali Hp anda. Hal ini bisa membuat ponsel anda akan scan ulang semua file yang tersimpan di memori secara otomatis. Dengan menggunakan cara ini, kemungkinan file berupa video dan juga foto anda bisa muncul seperti biasanya.

2. Memanfaatkan Aplikasi Quickpic

Aplikasi Quickpic

Anda bisa juga menggunakan aplikasi yang bisa menampilkan foto atau video yang tidak bisa muncul di galeri dengan aplikasi Quickpic. Ini adalah aplikasi yang dapat menampilkan semua jenis gambar, foto dan video. Aplikasi ini mempunyai kemampuan untuk bisa membaca dan melakukan scanning di semua file media yang sudah tersimpan di dalam memori internal dan SD Card saat anda membuka dan mengaksesnya.

Aplikasi Quickpic ini disamping bisa berfungsi untuk menyembunyikan file untuk privasi, keamanan bisa juga untuk mengganti nama. Cara penggunaannya sangat mudah. Anda bisa download dan install aplikasi Quickpic kemudian jalankan aplikasinya. Langkah berikutnya, anda bisa cek galeri original yang terdapat di smartphone Android anda. Tunggu 1 sampai 2 menit, bila cara ini berhasil, maka file yang diinginkan akan muncul dan galeri bawaan Android bisa kembali seperti sedia kala.

3. Menghapus Cache Galeri

Menghapus Cache Galeri

Biasanya penumpukan cache dapat mengakibatkan proses scanning foto dan video menjadi terhambat. Oleh sebab itu, sebaiknya anda bersihkan tumpukan cache itu terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan aplikasi Clean Master supaya dapat menghapus cache dengan cepat dan mudah.

Buka saja menu Pengaturan kemudian pilih Setelan Tambahan, lalu Manajemen Aplikasi dan cari Galeri. Selanjutnya tinggal Tap Hapus Cache. Metode ini bisa dilakukan terhadap smartphone yang memiliki sistem operasi berupa Android Lollipop v5.1.1. Bila anda memakai smartphone dengan sistem yang berbeda, anda dapat menyesuaikan sendiri seperti apa metodenya.

Baca Juga: Aplikasi Pengunci Galeri HP Terbaik Untuk Android

4. Aplikasi File Manager

Aplikasi File Manager

Anda bisa menggunakan aplikasi file manager untuk memunculkan foto dan video di galeri Android anda. Langkah pertama download aplikasi file manager yang bernama ES File Explorer di Google Play. Selanjutnya jalankan aplikasi ES File Explorer tersebut. Kemudian anda buka saja folder yang berisi audio, gambar atau video, perhatikan apakah di sana ada file “Nomedia”. Jika ada, hapus file tersebut lalu reboot smartphone Android anda. Lihat hasilnya, bila berhasil maka file-file berupa gambar atau video bisa muncul kembali.

5. Menggunakan Aplikasi Rescan Media Root

Aplikasi Rescan Media Root

Langkah-langkah yang bisa anda lakukan untuk mengatasi foto dan video yang tidak dapat muncul di galeri Android adalah dengan mendownload aplikasi Rescan Media Root. Anda bisa mengunduhnya di Google Play Store. Selanjutnya install dan jalankan aplikasi tersebut. Buka bagian galeri kemudian tunggu beberapa menit.

Aplikasi Rescan Media Root akan segera bekerja. Jika berhasil, semua file audio, video dan juga foto akan segera muncul. Sebelum menggunakan aplikasi ini anda harus ingat, bahwa anda hanya bisa menggunakannya bila sudah melakukan root pada smartphone Android yang anda miliki.

6. Menggunakan Sistem Backup, dan Mengosongkan SD card

Menggunakan Sistem Backup, dan Mengosongkan SD card

Beberapa langkah yang harus anda lakukan saat ingin memunculkan kembali foto dan video yang tidak dapat dilihat di galeri Android anda adalah dengan menggunakan sistem backup dilanjutkan dengan mengosongkan SD Card. Pertama kopi atau backup seluruh file yang disimpan di dalam SD Card ke PC atau tempat lain. Format SD Card dengan format File System FAT32.

Pindahkan semua file yang sudah di backup atau di copy tadi ke dalam SD Card anda kembali. Tunggu beberapa menit lalu pergi dan lihat di dalam galeri anda. Bila berhasil, maka file tersebut akan muncul. Sampai disini cara mengatasi foto dan video tidak muncul di galeri Android dengan menggunakan sistem backup dan mengosongkan SD Card sudah selesai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *