6 Cara Mengatasi Bluestack yang Lag Agar Lancar Kembali

Diposting pada

6 Cara Mengatasi Bluestack yang Lag Agar Lancar Kembali – Bluestack merupakan salah satu aplikasi emulator Android yang sering digunakan di dalam sistem operasi Windows. Dapat dibilang ini merupakan emulator yang cukup populer di kalangan gamers. Walaupun sebenarnya Bluestack bukan hanya menyajikan fitur yang berguna untuk bermain game. Namun ada banyak fitur lain yang dapat dimanfaatkan lewat emulator ini. Mungkin anda pernah merasakan jengkel karena Bluestack yang lag. Oleh sebab itu, anda harus tahu bagaimana cara mengatasi Bluestack yang lag supaya bisa kembali lancar.

Cara Mengatasi Bluestack yang Lag

Cara Mengatasi Bluestack yang Lag

Cara mengatasi Bluestack yang lag adalah sebuah solusi yang bisa anda lakukan ketika mengalami lag, error atau berjalan lambat. Selain itu, Bluestack juga bukan satu-satunya emulator Android. Namun aplikasi ini adalah aplikasi yang paling populer. Terlebih lagi, anda bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis.

Kondisi Bluestack yang error atau berjalan lambat biasanya disebabkan oleh faktor spesifikasi dari komputer yang digunakan. Bila anda ingin menggunakan Bluestack agar lancar kembali, maka berikut ini ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasinya. Cara ini memang sangat sederhana dan tergolong mudah jika anda ingin melakukannya. Namun satu hal yang harus anda ingat cara ini memang tidak menjamin 100% berhasil.

1. Mengurangi Service Aktif di Latar Belakang

Mengurangi Service Aktif di Latar Belakang

Anda bisa mengurangi service aktif pada latar belakang yang berupa program service OS Windows. Biasanya service ini secara default sudah aktif dan kadang bisa bertambah seiring dengan banyaknya aplikasi yang sudah terinstal. Anda bisa melakukan disable pada berbagai service yang dianggap tidak penting dengan hati-hati. Bila anda menanyakan daftar service apa saja yang aman untuk dihentikan. Misalnya Connectify, Yahoo Messenger, IDM, Bluestack dan lain sebagainya.

2. Mengurangi Jumlah Aplikasi yang Aktif di latar Belakang

Mengurangi Jumlah Aplikasi yang Aktif di latar Belakang

Anda bisa segera menutup beberapa macam aplikasi yang dirasa tidak perlu digunakan. Misalnya browser, office, Photoshop dan lain sebagainya. Hal ini bertujuan supaya sumber daya hardware dapat dipakai oleh Bluestack secara maksimal. Terlebih lagi bila spesifikasi komputer anda pas-pasan. Hal ini wajib hukumnya dan anda harus melakukan cara tersebut.

Baca Juga: Cara Mudah Mengatur Kecerahan Layar Komputer atau Laptop di Windows 10

3. Mengubah Resolusi Bluestack

Mengubah Resolusi Bluestack

Cara yang satu ini tergolong cukup ampuh sebagai cara mengatasi Bluestack yang lag. Bluestack bisa kembali dipercepat dan OS Windows bisa lebih ringan. Caranya dengan mengubah resolusi default yang ada pada display aplikasi Bluestack. Bila anda memakai Bluestack versi 1, maka cara yang dilakukan cukup mudah. Anda tinggal menggunakan aplikasi dari pihak ketiga yang namanya Bluestack Toolkit. Dari sini anda dapat dengan mudah mengaturnya.

Sementara itu, bila anda menggunakan Bluestack dengan versi 2 dan juga 3 caranya memang lebih sulit. Anda harus mengutak-atik pada bagian regedit dengan cara manual. Hal ini karena sampai saat ini belum ditemukan aplikasi pihak ketiga yang kompatibel dan juga khusus untuk Bluestack versi terbaru.

4. Mengubah Memori RAM Bluestack

Mengubah Memori RAM Bluestack

Salah satu cara lain yang bisa meringankan Bluestack agar tidak lag dan bisa lancar adalah dengan mengubah pengaturan default yang ada di dalam penggunaan source pada aplikasi tersebut. Jika semakin sedikit, Virtual RAM yang diberikan di dalam Bluestack, tentu kinerja emulatornya juga akan semakin ringan saat di-running di dalam OS Windows.

Jangan mengatur terlalu kecil, sebab aplikasi Android yang terdapat di dalam Bluestack juga memerlukan storage RAM yang cukup supaya dapat berjalan secara normal. Paling tidak anda dapat memakai Virtual RAM 1GB. Jika masih terasa berat, anda bisa mengubahnya ke 768Mb. Virtual RAM di sini yang dimaksud adalah di OS Android yang berjalan pada emulator Bluestack jadi anda jangan sampai keliru mengaturnya.

5. Downgrade Bluestack Versi 1

Downgrade Bluestack Versi 1

Salah satu solusi alternatif supaya anda dapat menjalankan Bluestack dengan lebih cepat dan ringan, yakni dengan downgrade ke versi 1. Bila anda telah melakukan berbagai tips yang sudah disebutkan tadi, namun ternyata masih berat saat menjalankan Bluestack, maka anda dapat melakukan downgrade.

Umumnya error atau lag yang terjadi pada pengguna komputer biasanya adalah komputer dengan spesifikasi rendah. Selain itu, mereka menjalankan Bluestack dengan versi tinggi. Jadi anda dapat mencoba untuk melakukan downgrade supaya seimbang dan komputer tidak terlalu berat dalam menjalankan Bluestack.

6. Mengupgrade RAM, CPU, GPU dan Lainnya

Cara ini mungkin dapat menjadi solusi dalam mengatasi emulator Bluestack yang sangat berat saat dijalankan. Hal ini karena salah satu yang menjadi penyebab Bluestack lag adalah perangkat PC atau laptop yang digunakan terlalu usang. Selain itu, sudah tidak bisa ditoleransi kembali.

Salah satu cara menjadi pilihan terbaik adalah dengan melakukan upgrade pada RAM, GPU dan CPU. Ini menjadi solusi yang bisa dilakukan, tetapi solusi yang paling mudah anda mengganti komputer atau laptop baru. Khususnya bagi anda yang telah menggunakan berbagai macam cara mengatasi Bluestack yang lag namun tidak bisa berhasil. Mau tidak mau anda harus mengganti perangkat komputer atau laptop dengan perangkat yang baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *