Mengetahui Penyebab dan Cara Mengatasi Baterai Laptop yang Drop

Diposting pada

Mengetahui Penyebab dan Cara Mengatasi Baterai Laptop yang Drop – Cara mengatasi baterai laptop yang drop bisa dilakukan sendiri. Laptop merupakan komputer yang dapat dibawa kemana-mana karena ukurannya kecil. Cara kerja laptop cukup mudah, yang penting Anda menggunakannya dengan benar. Karena fungsinya yang banyak membuat sebagian besar orang memilih menggunakan laptop dibanding komputer. Kinerja laptop juga bisa dipengaruhi karena adanya baterai.

Baterai merupakan sumber energi yang mampu menghidupkan laptop. Namun, sering terjadi jika baterai laptop mengalami drop. Pasti Anda akan merasa kesal dan jengkel. Baterai laptop ngedrop bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Oleh karena itu, anda perlu mengetahui bagaimana mengatasinya. Cara mengatasi baterai laptop yang drop dapat membantu Anda di saat hal ini terjadi.

Mengetahui Penyebab dan Cara Mengatasi Baterai Laptop yang Drop

Mengetahui Penyebab dan Cara Mengatasi Baterai Laptop yang Drop

Laptop adalah salah satu alat kerja yang banyak memiliki manfaat. Saat ini banyak profesi yang mewajibkan untuk menggunakan laptop dalam pekerjaannya. Laptop yang baru pasti memiliki daya baterai yang bagus. Sedangkan jika laptop yang sudah dipakai lama performa baterainya semakin menurun. Anda tidak perlu khawatir jika baterai laptop yang sedang digunakan mengalami drop.

Ada beberapa cara mudah untuk mengatasinya. Hal ini sering terjadi saat Anda melakukan kegiatan dengan laptop dan mengalami drop meski sudah memiliki kapasitas baterai yang penuh. Apalagi saat mengerjakan tugas kemudian baterai tiba-tiba drop pasti laptop akan mati. Jika terjadi drop pada laptop Anda ketahui penyebab dan cara mengatasinya. Atasi segera agar tugas yang anda kerjakan tidak hilang begitu saja.

Sebelum mengatasi baterai laptop yang drop, sebaiknya ketahui penyebabnya dulu. Jika hal ini sudah Anda ketahui, maka mengatasinya cukup mudah dan tepat. Baterai laptop memiliki jenis dan tipe masing-masing. Oleh karena itu, penanganannya juga berbeda dan tidak boleh sembarangan.

1. Penyebab Baterai Laptop Cepat Drop

Penyebab Baterai Laptop Cepat Drop

Ada banyak alasan mengapa baterai laptop cepat drop. Pertama, baterai laptop tersebut drop karena penggunaan laptop yang digunakan secara berlebihan. Sebenarnya laptop hanya digunakan untuk kegiatan yang ringan. Bukan untuk bermain game yang berat atau software dengan grafis yang tinggi. Namun bukan untuk laptop gaming.

Penyebab Baterai Laptop Cepat Drop2

Kedua, baterai laptop yang drop juga bisa dikarenakan menggunakannya saat posisi dicharger. Mengoperasikan saat pengecasan memiliki resiko baterai cepat rusak. Selain itu, pengecasan yang terlalu lama juga dapat berakibat baterai mudah drop. Ketiga, biasanya laptop dibiarkan mati dalam kondisi baterai kosong. Jika posisi laptop mati, usahakan baterainya dalam keadaan isi sehingga baterai laptop tidak mudah rusak.

Keempat, karena meletakkan laptop di tempat yang kurang tepat. Laptop yang diaktifkan akan menimbulkan hawa panas. Oleh karena itu, jangan letak kan laptop di tempat yang lunak seperti bantal dan kasur. Hal ini berakibat aliran panas yang dihasilkan akan terganggu. Dari beberapa penyebab baterai laptop mudah drop, baru Anda bisa ketahui bagaimana cara mengatasinya.

Baca Juga: Aplikasi Pelacak CCTV Terbaik dan Paling Canggih di Android

2. Cara Mengatasi dengan Kalibrasi

Cara Mengatasi dengan Kalibrasi

Ada banyak cara mengatasi baterai laptop yang mudah drop. Salah satunya dengan cara kalibrasi. Ada langkah-langkah yang perlu Anda lakukan. Pertama, sebaiknya gunakan laptop sewajarnya saja dengan akses yang ringan. Jika diketahui daya baterainya tinggal 5-10%, maka matikan semua aplikasi yang sedang berjalan. Cara pertama yang bisa Anda lakukan yaitu klik kanan pada ikon baterai di system tray.

Cara Mengatasi dengan Kalibrasi2

Selanjutnya, pilih opsi Power Options dan Create a Power Plan. Anda beri nama sendiri dan bisa atur gambar dengan tingkat kecerahan lalu Create. Aktifkan Power Plan dengan klik ikon baterai dan pilih nama yang anda gunakan tadi. Langkah selanjutnya diamkan laptop hingga mati dengan sendirinya. Dalam keadaan laptop mati, segeralah charger hingga baterainya terisi full kemudian cabut. Itulah cara mengatasi baterai laptop dengan kalibrasi.

3. Cara Mengatasi dengan Freezer

Cara Mengatasi dengan Freezer

Selain dengan cara kalibrasi, Anda juga bisa mengatasi baterai laptop drop dengan freezer. Sama seperti cara sebelumnya ada beberapa langkah yang perlu dilakukan. Sebelum mengatasinya, cek dulu kondisi baterai, pastikan dalam keadaan dingin. Bungkus baterai dengan plastik yang rapat sehingga air tidak dapat masuk. Masukan baterai tersebut ke dalam freezer 1-3 hari dalam suhu medium.

Namun, lama penyimpanannya bisa tergantung dari besar dayanya. Selanjutnya keluarkan baterai, lap hingga bersih. Diamkan sampai suhunya normal dan pasang kembali pada laptop charger hingga penuh. Lakukan pengisian baterai 3 kali untuk memastikan baterai tersebut dalam kondisi normal kembali.

Mengetahui penyebab baterai laptop mudah drop tentunya bisa menjadi langkah awal untuk mengatasinya. Jika baterai laptop Anda mudah drop, sebaiknya gunakan langkah yang tepat. Cara mengatasi baterai laptop yang drop sebenarnya banyak. Semua tergantung dari penyebab yang ditimbulkan. Oleh karena itu, atasi baterai laptop yang mudah drop dengan tepat dan benar.

Demikian informasi diatas, semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian, Terimakasih 🙂

Artikel Menarik Lainnya :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *