Cara Mengaktifkan Fitur Screen Record di Android

Diposting pada

Cara Mengaktifkan Fitur Screen Record di Android – Setiap tahun, kemampuan hardware pada smartphone selalu diperbarui. Hal tersebut membuat banyak judul game di smartphone yang disukai para gamer dengan tampilan grafis yang semakin meningkat. Para gamer juga sering menunjukkan keterampilan bermain game ke layanan berbagai video, seperti Twitch dan YouTube. Banyak gamer yang mengandalkan aplikasi Screen Record dari pihak ketiga. Lantas, bagaimanakah cara mengaktifkan fitur Screen Record di Android?

Mengambil screenshot pada ponsel sangat mudah. Namun untuk dapat melakukan screen record mungkin masih sulit atau membingungkan bagi orang yang sama sekali belum pernah mencobanya. Misalnya saja, ketika anda ingin membuat video profesional atau memberikan instruksi tentang suatu hal. Bahkan kemampuan bermain game dapat anda tunjukkan.

Merekam layar pada ponsel Android tidak harus dengan mengunduh aplikasi pihak ketiga. Karena ada beberapa ponsel tertentu yang telah menyediakan fitur perekaman layar tersebut.

Cara Mengaktifkan Fitur Screen Record di Android Tanpa Aplikasi Pihak Ketiga

Cara Mengaktifkan Fitur Screen Record di Android

Game di Android sekarang ini semakin banyak, kualitas grafisnya pun sangat mumpuni. Banyak para kreator yang membagikan pengalaman bermain game. Platform streaming seperti YouTube sangat mudah digunakan untuk berbagi pengalaman tersebut.

Selain itu, para gamer juga dapat memamerkan keterampilan bermain game melalui layanan berbagi video. Misalnya saja, Twicth dan YouTube. Google telah menyediakan fitur Screen Recorder pada Play Games. Akan tetapi, banyak gamer yang lebih mengandalkan aplikasi Screen Recorder dari pihak ketiga.

Cara mengaktifkan fitur Screen Record di Android sebenarnya sangatlah mudah. Berikut akan kami sampaikan ulasan mengenai caranya, simak baik-baik!

Langkah pertama, pastikan terlebih dahulu anda mempunyai aplikasi Google Play Games dan YouTube. Hal penting yang perlu anda ketahui, jika aplikasi ini bukan Play Store. Setelah masuk aplikasi Play Games, pilihlah game yang ingin anda rekam. Kemudian klik icon pad game tersebut, bukan pada Play. Selanjutnya anda akan memasuki laman game. Tekan icon kamera di bagian atas layar pada perangkat Android yang anda miliki.

Cara Mengaktifkan Fitur Screen Record di Android Tanpa Aplikasi Pihak Ketiga 1

Jika sudah, maka ada tampilan opsi untuk memilih kualitas video yang akan anda rekam. Opsi tersebut adalah 720p HD dan 480p SD. Dilengkapi dengan estimasi waktu perekaman sesuai dengan kapasitas penyimpanan yang dimiliki perangkat anda.

Cara Mengaktifkan Fitur Screen Record di Android Tanpa Aplikasi Pihak Ketiga 2

Ketika perekaman dimulai, akan ada bubble yang menunjukkan kamera depan anda aktif. Tujuannya adalah untuk menunjukkan ekspresi anda saat bermain sebuah game. Selain itu, secara otomatis microphone juga akan aktif. Cara mengaktifkan fitur Screen Record di Android selanjutnya dapat menekan icon pada microphone dan kamera bila ingin mematikan fitur tersebut.

Cara Mengaktifkan Fitur Screen Record di Android Tanpa Aplikasi Pihak Ketiga 3

Tekanlah tombol record bila ingin memulai rekaman. Pada tampilan akan ada hitungan mundur selama 3 detik. Meskipun anda keluar dari game, proses perekaman tersebut tidak akan terhenti. Untuk dapat mematikannya, anda perlu mengklik tombol rekam.

Bila perekaman sudah selesai, video tersebut akan tersimpan di memory internal smartphone anda. Untuk dapat menyunting video tersebut, anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga. Bisa juga dengan langsung menyunting pada aplikasi YouTube. Cara mengaktifkan fitur Screen Record di Android sangat mudah.

Baca juga : Aplikasi Google Family Link, Monitoring Penggunaan Gadget Sang Anak

Cara Menggunakan Screen Record di Android Q

Kebanyakan pengguna Android mencari aplikasi perekam layar tanpa root. Terutama pada pengguna smartphone yang menggunakan sistem operasi Android 5.0 Lollipop ke bawah. Karena, sistem operasi tersebut tidak mendukung aplikasi perekam layar. Jadi, perangkat harus diroot dahulu.

Sementara melakukan root pada Android perlu banyak pertimbangan. Karena, proses rooting tersebut akan membuat perangkat kehilangan garansinya. Selain itu, root juga mempunyai resiko.

Anda tidak perlu khawatir karena cara mengaktifkan fitur Screen Record di Android dengan mudah dapat dilakukan. Bahkan tanpa harus mendownload aplikasi Screen Recorder.

Android Q versi Beta mempunyai banyak fitur baru, salah satunya adalah Screen Recording. Screen Record bawaan dari Android Q memungkinkan untuk merekam di dalam layar handphone. Jadi, anda tidak perlu repot-repot untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga. Penyimpanan pada memory internal ponsel akan lebih hemat.

Untuk masuk ke fitur ini, buka menu Settings, kemudian System dan klik Akvanced. Lalu klik Developer Options dan Feature Flags. Jika sudah, maka aktifkan settings_screenrecord_long_press. Bila sudah masuk ke opsi, cara untuk menggunakan Screen Record bisa diakses dengan cara menekan lama pada tombol power atau screenshot.

Selanjutnya pada kotak dialog akan ada tampilan yang meminta anda untuk menyetujui record voice over. Pilih saja setuju. Perekaman video akan dimulai melalui fitur yang bernama Voila.

Fitur aplikasi Play Game dari Google dapat anda gunakan untuk merekam layar ponsel. Karena fitur yang ada dalam Play Game tersebut bisa merekam layar tanpa root. Cara mengaktifkan fitur Screen Record di Android terbilang sangat mudah. Siapapun dapat melakukannya, apalagi jika telah menyimak artikel dari kami. Anda akan menemukan caranya dan dapat mempraktekkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *