6 Cara Mempercepat Booting PC di Windows 10 dengan Mudah

6 Cara Mempercepat Booting PC di Windows 10 dengan Mudah – Windows 10 adalah PC yang dirancang untuk memberikan pengalaman yang berbeda dari seri Windows sebelumnya. Hadirnya sistem operasi bernuansa baru tersebut memberikan nilai positif untuk seluruh pengguna yang menggunakannya. Tak heran jika sistem operasi ini khususnya di Indonesia sangat laris manis dan populer kehadirannya.

Tapi, tak semua orang yang menggunakan PC berbasis Windows 10 dapat menikmatinya dengan sempurna, sebab masih ada beberapa orang yang mengalami kendala seperti salah satu contoh yang sering dialami adalah ketika booting, yakni lamban. Sebenarnya kendala ini cukup sepele, tetapi untuk era saat ini orang-orang membutuhkan proses yang nyaman dan cepat untuk memenuhi apa yang dibutuhkan.

Tak jarang juga beberapa orang yang menggunakan PC dibawah sistem yang dibutuhkan Windows 10 memaksakan untuk menggunakannya agar mendapatkan fasilitas yang lebih optimal. Namun alhasil harapan tidak sesuai dengan ekspektasi. Untuk itu, disini Admin akan membantu kamu agar dapat mengurangi lambannya performa khususnya pada saat booting.

6 Cara Mempercepat Booting PC di Windows 10 dengan Mudah

Cara Mempercepat Booting PC di Windows 10

Berikut 6 cara yang dapat kalian lakukan untuk mempercepat booting pc di windows 10 diantaranya sebagai berikut dibawah ini.

1. Bersihkan File Sampah Dari Local Disk (C:)Bersihkan File Sampah

File sampah yang menumpuk dalam Recylcle Bin sebenarnya ia masuk ke dalam penyimpanan Disk (C:). Karena lokasi Recycle Bin itu sendiri berada tepat disana sebagai pra-install sistem dari Windows 10. Untuk itu segera kosongkan keranjang sampah tersebut dari file menumpuk. Kemudian kamu bisa bersihkan file sampah dari Disk (C:) lebih mendalam dengan membuka pengaturan pada Disk (C:) itu sendiri, untuk bagaimana caranya kamu bisa baca disini : Cara Membebaskan Ruang Pada Local Disk (C:) dengan Tools Bawaan Windows

2. Kurangi Jumlah Ikon Pada DesktopIkon Desktop

Mengapa harus dikurangi? Tahukah kamu bahwa ketika booting khususnya pada saat login ke desktop maka sistem akan memuat semua tampilan yang ada pada layar utama, baik itu sekedar ikon shortcut dokumen, folder, aplikasi. Dan ternyata ikon tersebut memiliki nilai ukuran sehingga bila kamu memiliki 20 ikon saja, hitung saja bila ukuran ikon adalah 4KB, berapakah jumlahnya? Walau sebenarnya tidak seberapa, namun ia berpengaruh besar terhadap kecepatan booting.

Kamu bisa menghapus atau memindahkan ikon ke taskbar, menyatukan seluruh ikon pada satu folder dan menyembunyikan ikon-ikon tersebut pada desktop sehingga dengan cara inilah waktu booting kamu dapat lumayan dipersingkat.

3. Nonaktifkan Aplikasi yang Langsung Menyala Pada Saat BootingBuka Startup

Ini juga menjadi salah satu pengaruh yang besar pada booting Windows 10. Sebab bila program/aplikasi yang langsung berjalan pada saat booting, ia seperti “mengejutkan” sistem operasi itu sendiri sehingga sistem operasi harus menyesuaikan kembali dengan datangnya aplikasi yang langsung berjalan. Cara untuk melihat, mengatur dan menonaktifkan aplikasi yang langsung berjalan ikuti langkah ini.

  • Klik kanan pada taskbar atau kamu bisa gunakan tombol kombinasi CTRL + Shift + EscKlik Kanan Taskbar
  • Menu Task Manager sudah terbuka. Sekarang pilih tab menu Statup dan kamu akan melihat mana saja program yang langsung berjalan. Untuk menonaktifkannya Pilih Aplikasi > Disable.Buka StartupCatatan: Jika tampilan jendelanya seperti ini, klik saja More Details.More Details

4. Mematikan Aplikasi yang Berjalan Dibelakang LayarBackground Apps

Sama halnya seperti Android, jika terus-terusan berjalan dibelakang layar maka performa akan berkurang. Kemudian ia memakan resources RAM yang terus-menerus ditambah lagi jika tidak dimatikan mana saja program yang tidak penting yang berjalan dibelakang layar maka ia bisa memakan kuota internet kamu walaupun penggunaannya tidak besar.

Cara mematikan aplikasi yang berjalan dibelakang layar: Buka Windows Settings > Privacy > Background Apps.Catatan: Bila kesulitan mencari menu tersebut, ketik saja dipencariannya Backround Apps.

5. Matikan Efek Visual

Memiliki efek visual yang bagus memang menjadi momok yang menarik untuk dilihat. Tetapi agar efek visual tersebut dapat diterapkan pastinya membutuhkan beberapa performa sistem PC agar dapat berjalan dan berfungsi dengan baik dan pastinya tak sedikit kebutuhan sistem yang terkuras. Ikuti langkah berikut untuk mematikannya.

  • Gunakan Tombol Kombinasi WinKey + R dan masukan perintah SystemPropertiesAdvanced.
  • Pada menu Performance, pilih Settings.
  • Selanjutnya kamu bisa memilih opsi visual yang diinginkan, diantaranya adalah:
    • Let Windows Choose What’s Best For My Vomputer : Menentukan efek visual berdasarkan rekomendasi sistem.
    • Adjust For Best Apperance : Mengaktifkan semua efek visual yang ada, tentunya hal ini bisa memperlambat kinerja PC jika spesifikasi tergolong rendah.
    • Adjust For Best Perfomance : Mematikan semua visual efek, hal ini tentunya bisa membuat performa PC lebih cepat karena tidak harus meload efek visual.
    • Custom : Menentukan sendiri efek visual yang diinginkan.

6. Cukup Gunakan Windows Defender Sebagai Antivirus

Ternyata dengan menggunakan antivirus pihak ketiga dapat membuat booting dan performa PC kamu berat. Sebab ia harus memuat seluruh basis data pada saat booting kemudian untuk memuat kembali apabila booting sudah selesai untuk menyesuaikan jalannya PC tersebut. Beralihlah menggunakan Windows Defender karena antivirus yang sudah disediakan oleh Windows 10 ini memiliki sumber kebutuhan yang ringan disamping itu ia juga cukup sebagai pelindung PC kamu dari malware.

Demikian 6 Cara Mempercepat Booting PC di Windows 10 dengan Mudah ini, semoga dengan hadirnya informasi yang Admin berikan dapat bermanfaat untuk kamu. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Artikel Menarik Lainnya :

Leave A Reply

Your email address will not be published.