Cara Memperbaiki Kartu Memori yang Rusak Tanpa Memformat di Android dengan Cepat

Diposting pada

Cara Memperbaiki Kartu Memori yang Rusak Tanpa Memformat di Android dengan Cepat – Kartu memori merupakan komponen penting yang ada dalam sebuah smartphone. Adanya kartu memori dapat dilakukan penambahan kapasitas penyimpanan pada hp anda. Agar dapat terus dapat digunakan, kartu memori harus selalu dalam keadaan prima. Namun kerusakan dapat juga terjadi pada kartu memori. Timbulnya kerusakan pada kartu memori mengharuskan Anda untuk memformatnya. Ada cara memperbaiki kartu memori yang rusak tanpa memformat di Android.

Cara Memperbaiki Kartu Memori yang Rusak Tanpa Memformat di Android

Cara Memperbaiki Kartu Memori yang Rusak Tanpa Memformat di Android dengan Cepat

Selain pada handphone, kartu memori juga salah satu komponen penting yang ada di beberapa perangkat. Seperti kamera digital, mikrokontroler, dan kamera DSLR. Kartu memori dapat menyimpan berbagai file, seperti foto, video, dokumen, maupun file yang berukuran besar. Meski saat ini smartphone sudah banyak yang memiliki kapasitas internal yang cukup besar, namun kartu memori masih banyak digunakan.

Anda akan merasa panik jika kartu memori yang anda miliki mengalami gangguan atau rusak. Padahal di dalamnya terdapat banyak file penting yang anda miliki. Kartu memori pada Android memiliki peranan yang penting. Meski hp yang anda miliki sudah canggih dan memiliki kapasitas internal penyimpanan yang cukup besar, namun dapat terjadi kerusakan yang tidak diinginkan.

Sebagian besar orang pasti melakukan cara untuk menggantinya yang baru jika kartu memori rusak. Akan tetapi jika kartu memori menyimpan file penting yang anda butuhkan beda lagi. Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk menghadapi kartu memori yang sedang rusak. Beberapa cara dapat Anda lakukan agar kartu memori yang rusak tanpa memformatnya.

1. Bersihkan Kartu Memori

Bersihkan Kartu Memori

Membersihkan kartu memori yang anda miliki secara manual dapat Anda lakukan. Pertama keluarkan kartu memori dari hp. Lihat pada bagian lempengan tembaga yang berwarna kuning keemasan pada bagian bawah kartu memori. Biasanya jika bagian tersebut kotor dan berwarna hitam akan timbul kesulitan kartu terdeteksi oleh smartphone.

Cara membersihkan kartu memori cukup dengan penghapus pensil. Penghapus tersebut harus berwarna putih atau yang memiliki warna terang. Gosokkan di lempengan tersebut secara perlahan sampai bersih dan mengkilap. Setelah itu, masukkan kembali kartu memori ke slot dan coba nyalakan. Periksa apa sudah dapat terbaca atau belum oleh hp Android Anda.

2. Bersihkan Bad Sector Kartu Memori

Bersihkan Bad Sector Kartu Memori

Membersihkan bad sector di kartu memori juga dapat Anda lakukan untuk memperbaiki kartu memori yang rusak. Hal ini dapat Anda lakukan dengan bantuan PC atau laptop. Cara yang dapat dilakukan hubungkan dulu kartu memori ke PC melalui card reader. Sebelumnya cek layar hp apa sudah terhubung melalui mass storage mode atau belum.

Langkah selanjutnya, klik kanan nama kartu memori yang dibaca oleh Windows Explorer. Pilih Properties, Tools dan Check Now. Tandai dengan centang pada Automatically fix file system errors dan Scan for and attempt recovery of bad sector. Selanjutnya klik start untuk memulai membersihkan bad sector. Selain dapat memperbaiki kartu memori, cara ini juga dapat digunakan untuk memperbaiki USB flashdisk rusak.

3. Scan dengan Antivirus

Scan dengan Antivirus

Cara memperbaiki kartu memori yang rusak tanpa memformat di Android yang lain dengan scanning. Sama seperti mengecek kartu memori melalui PC, Anda dapat melakukan scanning virus yang mungkin ada pada kartu memori. Gunakan antivirus untuk membantu memperbaiki kartu memori yang rusak. Kartu yang rusak dapat ditimbulkan karena pengaruh dari beberapa jenis virus Android yang berbahaya.

Virus dapat menyerang kartu memori sehingga memblokir akses kartu agar tidak dapat dibaca oleh hp Android. Caranya mudah dapat anda lakukan dengan jenis antivirus yang terinstal di PC. Bisa berupa Avira, Smadav, AVG, maupun yang lainnya. Jika scanning yang dilakukan selesai dan kartu memori terdeteksi terkena virus segera bersihkan. Setelah bersih baru coba kembali pasang pada hp Android.

Baca Juga: Cara Mudah Mematikan Notifikasi Chat Grup Whatsapp Yang Mengganggu

4. Gunakan Command Prompt

Gunakan Command Prompt

Fitur yang tersedia secara default pada Windows yaitu command prompt. Bagi Anda yang menggunakan OS Windows 7 ke atas dapat membukanya. Cara yang dapat dilakukan yaitu klik start menu, ketik cmd pada bar pencarian. Sedangkan bagi anda yang menggunakan OS Windows XP dapat lakukan dengan cara klik start dan pilih run.

Selanjutnya, ketik cmd, tekan enter pada keyboard. Jika sudah Anda lakukan, jendela command prompt akan terbuka. Jika langkah di atas sudah dilakukan, ketik chkdsk (partisi kartu memori anda), tekan enter. Tunggu hingga terdeteksi masalah yang ada di kartu memori Anda. Jika pada layar PC muncul tulisan windows has made corrections to the file system, berarti kartu memori yang rusak berhasil diperbaiki.

Cara memperbaiki kartu memori yang rusak tanpa memformat di Android ada banyak. Anda dapat mencobanya jika terjadi masalah pada kartu memori yang rusak. Hal ini dapat membantu anda tidak kehilangan file penting yang dimiliki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *