Cara Memperbaiki Baterai HP yang Kembung agar Kempes

Diposting pada

Cara Memperbaiki Baterai HP yang Kembung agar Kempes –  Baterai merupakan komponen yang cukup penting bagi ponsel Anda. Sebab keberadaannya sangat mempengaruhi kinerja dari ponsel yang dimiliki. Ketika performa baterai menurun karena kembung, Anda pun akan merasa kerepotan. Dikarenakan HP akan sering mengalami drop karena kehabisan daya. Padahal, Anda baru saja melakukan pengecasan terhadap baterai tersebut.

Kebanyakan pengguna menyikapi kendala ini dengan cara instan yaitu membeli baterai HP yang baru. Padahal apabila mereka sedikit kreatif dan mau berusaha, penerapan cara memperbaiki baterai HP yang kembung bisa dilakukan. Akan tetapi, sebelum masuk ke pembahasan itu sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu faktor penyebab kembungnya baterai ponsel.

Penyebab Kembungnya Baterai Ponsel

Penyebab Kembungnya Baterai Ponsel

Ternyata kebiasaan buruk dalam menggunakan HP itu dapat menyebabkan baterai menjadi kembung, nah coba ketahui terlebih dahulu apa saja yang menyebabkan kembungnya baterai pada ponsel Anda sebagai berikut dibawah ini.

1. Overcharging

Beberapa dari Anda mungkin terbiasa membiarkan HP terus dicas ketika tidur. Ternyata, tindakan overcharging yang dilakukan ini bisa berdampak buruk pada tingkat keawetan baterai ponsel. Ya, tindakan pengisian daya yang berlebihan ini dapat mengurangi umur pemakaian baterai. Jadi, apabila Anda sering melakukan kebiasaan ini maka segeralah diubah.

Lalu, berapa lamakah waktu ideal untuk mengisi daya baterai? Idealnya, proses pengisian baterai dari nol hingga penuh hanya memerlukan waktu sekitar 2-3 jam. Oleh sebab itu, ketika daya baterai sudah dirasa penuh maka Anda sebaiknya menghentikan pengisian. Dengan demikian, masalah kembungnya baterai akibat overcharging bisa diminimalisir.

2. Overused

Sebelum mengetahui bagaimana cara memperbaiki baterai HP yang kembung, perlu Anda pahami bahwa tindakan overused juga bisa berdampak buruk. Singkatnya, overused dapat diartikan sebagai penggunaan ponsel secara berlebihan. Biasanya, salah satu aktivitas pengguna yang berpotensi menghadirkan kondisi ini adalah bermain game hingga HP panas. Selain itu, ketika Anda bertelepon terlalu lama juga bisa berakibat pada melembung baterai ponsel.

Cara Memperbaiki Baterai HP yang Kembung

Cara Memperbaiki Baterai HP yang Kembung

Membeli baterai HP baru memang merupakan cara paling praktis dimana Anda tidak perlu repot. Tetapi, apabila Anda tipikal orang dengan keinginan belajar tinggi maka cara memperbaiki baterai ponsel yang kembung tentu menarik untuk dipelajari. Pertama, ambil baterai HP yang kembung itu kemudian perhatikan seberapa tinggi tingkat keparahannya. Agar lebih mudah, sebaiknya ditaruh di lantai dan diputar. Logikanya, apabila baterai berputar cepat maka tingkat kembungnya sudah parah.

Bungkus dengan plastik kedap suara

Tahapan selanjutnya yaitu ambil plastik kedap udara. Jenis plastik ini biasa Anda temukan sebagai pembungkus obat dari apotek maupun dokter. Masukkan baterai yang kembung tersebut ke dalam plastik dan taruh di freezer lemari es. Pastikan saat proses penyimpanan di lemari es Anda tidak menaruh baterai di bagian lain. Adapun waktu yang direkomendasikan untuk proses penyimpanan adalah sekitar 24 jam.

Setelah selesai, ambil baterai tersebut dari dalam lemari es dan bersihkan jika terdapat tetesan air. Cara memperbaiki baterai HP yang kembung berikutnya adalah memastikan bagian kuningnya dalam kondisi cukup kering. Sebab apabila basah atau terdapat air sedikit saja maka akan berbahaya. Ini dikarenakan dapat memicu terjadinya adanya arus pendek. Langkah berikutnya adalah mengetes baterai dengan cara menaruh dan memutarnya di lantai.

Jika baterai tidak berputar, itu artinya proses perbaikan yang Anda lakukan berhasil. Selanjutnya, coba lakukan proses pengisian baterai dalam waktu 2-3 jam usahakan sampai penuh. Sesudah penuh, pasangkan baterai tersebut pada ponsel Anda. Kini, Anda bisa menggunakannya kembali untuk berbagai macam aktivitas. Jadi, Anda bisa menghemat uang untuk keperluan lainnya.

3 komentar.

    1. Pastikan sudah mengikuti tutorialnya dengan baik ka, memang kita tidak dapat menjamin 100% berhasil, namun banyak kok orang-orang yang menggunakan cara ini tapi berhasil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *