Cara Memformat SD Card yang Tidak Bisa Diformat di Android Dengan PC

Cara Memformat SD Card yang Tidak Bisa Diformat di Android Dengan PC – Cara memformat SD card yang tidak bisa diformat di Android dapat Anda lakukan sendiri. Setiap smartphone didukung dengan microSD sebagai bentuk penyimpanan. MicroSD memiliki peranan yang penting dalam penyimpanan berbagai file pada hp. Oleh sebab itu, tidak heran saat ini banyak orang yang membutuhkan microSD untuk file penting dengan mudah.

Terkadang mikroSD mengalami eror dan tidak dapat diformat di Android. Anda tidak perlu bingung jika hal itu terjadi pada microSD yang Anda miliki. Saat ini ada beberapa cara yang dapat membantu anda menangani masalah tersebut.

Cara Memformat SD Card yang Tidak Bisa Diformat di Android Dengan PC

Cara Memformat SD Card yang Tidak Bisa Diformat di Android Dengan PC

Melakukan format pada SD card berarti sama saja menghapus seluruh data pada SD card dan mengosongkan isinya. Hal ini dibutuhkan saat pemilik SD card sudah tidak memerlukan lagi data yang ada atau karena alasan yang lainnya. Oleh sebab itu, pada hp Android banyak pilihan untuk memformat dengan cepat.

Banyak faktor yang dapat mempengaruhi SD card tidak dapat diformat di Android. Entah itu karena kerusakan, seperti terserang virus, terkena debu, gangguan magnet, maupun yang lainnya. Berikut ini ada cara memformat SD card yang tidak bisa diformat di Android.

1. Format Melalui PC atau Laptop

Format Melalui PC atau Laptop

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah pada SD card yaitu format melalui PC atau Laptop. Gunakan card reader atau adapter, lalu colokan di PC atau laptop. Cara ini adalah cara yang paling mudah dilakukan. Akan tetapi hal ini hanya dapat dilakukan jika SD card terdeteksi di PC. Jika tidak, maka Anda tidak dapat melakukannya.

Caranya yaitu siapkan kartu memori yang akan diformat di PC dan jangan lupa siapkan juga card reader/adapter yang digunakan sebagai konektor. Tancapkan kartu memori ke PC tunggu hingga terdeteksi. Setelah itu, masuk ke file explor dan klik my computer, pilih drive kartu SD anda, klik kanan pilih format. Tunggu format selesai. Setelah itu, pasang kartu memori di hp Android dan selesai.

2. Gunakan Aplikasi SD Formatter

Gunakan Aplikasi SD Formatter

Bagi Anda yang tidak ingin ribet memperbaiki microSD yang tidak bisa diformat, Anda dapat gunakan software. Gunakan aplikasi Formatter pada komputer atau HP. Cara ini dapat Anda lakukan dengan mudah dan cepat. Aplikasi ini dapat Anda download dengan gratis.

Cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan instal software SD Formatter di PC. Hubungkan microSD ke PC dengan bantuan card reader, buka aplikasi SD Formatter pada opsi drive. Jika cara itu sudah anda lakukan tinggal klik format dan tunggu hingga proses selesai.

3. Format Melalui CMD (Windows Command Prompt)

Format Melalui CMD (Windows Command Prompt)

Selain cara diatas, Anda juga dapat melakukan format melalui CMD. Cara yang dapat Anda lakukan yaitu dengan klik tombol icon windows + R secara bersamaan pada menu Run-CMD dan OK atau Enter. Setelah itu akan muncul kotak CMD di desktop. Kemudian line command. Ketik perintah format letak drive microSD Anda, lalu enter.

4. Format Melalui Properties

Format Melalui Properties

Cara yang dapat Anda lakukan untuk memformat SD card yang bermasalah yaitu dengan format melalui properties. Cara ini dapat Anda lakukan hanya dengan klik kanan kartu memori, lalu pilih properties. Setelah itu, klik tools pilih check now. Jika sudah muncul dua opsi, maka anda centang keduanya dengan klik start. Tunggu proses perbaikannya hingga selesai, lalu anda dapat langsung mengecek kartu microSD dari komputer.

Baca Juga: Membuat Catatan yang Menarik dengan 7 Aplikasi Note dan Memo Android

5. Ubah Ekstensi SD Card ke Fat32

Cara yang dapat Anda lakukan yaitu dengan mengubah ekstensi SD Card ke Fat32. Caranya hampir sama dengan format SD card melalui PC atau laptop. Setelah anda siapkan kartu dan alat konektor, masuk ke file explore. Kemudian pilih my computer. Setelah anda melakukan cara diatas, klik format. Lalu pada file system, ubah menjadi fat32. Klik start, tunggu proses format selesai. Jika sudah, pasang kembali kartu memori di hp Android Anda.

6. Gunakan Aplikasi USB OTG

Gunakan Aplikasi USB OTG

Jika anda mengalami masalah saat menggunakan SD card, Anda dapat menggunakan USB OTG sebagai alternatif tempat penyimpanan. Caranya mudah untuk anda lakukan sendiri. Cari SD card reader, lalu sambungkan ke OTG smartphone untuk mengecek apakah masalahnya ada pada card slot atau justru pada SD cardnya. Jika sudah diketahui masalahnya, Anda dapat melakukan format menggunakan PC atau laptop.

Ada cara memformat SD card yang tidak bisa diformat di Android dengan beberapa langkah di atas. Gunakan langkah yang tepat agar SD card Anda dapat menyimpan file penting yang Anda miliki. Beberapa cara di atas sudah terbukti ampuh. Akan tetapi jika sudah menggunakan beberapa cara tersebut tidak bisa, maka Anda harus cek SD cardnya. Apakah kondisinya masih bagus atau sudah rusak.

Demikian informasi diatas, semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian, Terimakasih 🙂

Artikel Menarik Lainnya :

Tentang Penulis

AnonyTun Team

AnonyTun Team

Tinggalkan Komentar